Website

Search

Cerita Fasya: Jadi HR Meskipun Bukan Lulusan Psikologi

  • Share this:
Cerita Fasya: Jadi HR Meskipun Bukan Lulusan Psikologi

Berkarir di bidang Human Resource menjadi sebuah keputusan yang diambil oleh Fasya Farah Hernawan atau biasa dipanggil sebagai Fasya. Ketertarikannya pada bidang Human Resources membuatnya semakin giat dalam mempelajari bidang pekerjaan yang satu ini, meskipun sedikit terlambat dalam mendapat pekerjaan dibandingkan dengan orang disekitarnya. Ingin tahu kisah menariknya lebih lanjut? Yuk, kita intip lebih dalam perjalanan hidup Fasya dalam mencapai karir impiannya.

 

Sebelumnya, Yuk Kenalan Dengan Fasya

fasya farah-harisenin
 

Fasya Farah Hernawan, biasa dipanggil Fasya merupakan lulusan baru dari Universitas Indonesia, tepatnya dari Ilmu Kesejahteraan Sosial (Kesos), FISIP. Saat ini, Fasya sedang menjalankan magang di Hash Entertainment sebagai Human Resources.

 

Eits, kenalannya gak sampai sini aja loh, Risers. Yuk intip, keseruan perjalanan karir dari Fasya!

Lulusan Kesos Kok Jadi Human Resources?

Pada bingung kan, kenapa kok lulusan Kesos ingin berkarir sebagai Human Resource? Ternyata Fasya memiliki alasannya tersendiri loh, Risers. Pada saat kuliah di Kesos, terdapat beberapa mata kuliah terkait dengan HR. Selain itu, Fasya juga aktif bergabung dalam organisasi, khususnya dalam biro PSDM, juga role lainnya yang tentunya berhubungan dengan people. Saat menjalani praktikum wajib dari kampus, Fasya mengerjakan project terkait dengan pengembangan organisasi. Selama mengerjakan, Fasya sangat menikmati proses belajar tentang HR. Dari pengalaman tersebut, Fasya menyadari bahwa organisasi atau company yang baik didukung oleh internal yang baik pula. Maka dari itu, Fasya memiliki semangat untuk membangun karir di bidang HR.

Tantangan Yang Dihadapi Oleh Fasya

Awal mulanya Fasya menghadapi kesulitan karena tidak memiliki latar belakang yang relevan dengan posisi Human Resources dan merasa sulit dalam meyakinkan orang-orang disekitarnya. Tak hanya itu saja, Fasya juga tertinggal dari teman-temannya yang sudah mendapatkan pekerjaan. 

 

 “Tantangannya yaitu tidak memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan HR, jadi starting point aku dengan orang yang sudah memiliki latar belakang tersebut berbeda. Disaat teman-temanku sudah mendapatkan pekerjaan pasti, aku mengikuti bootcamp dan magang terlebih dahulu. Karena aku yakin bahwa setiap orang memiliki strugglenya masing-masing”

Hard Skill dan Soft Skill Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi HR?

Fasya memberikan informasi bahwa menjadi seorang HR kita harus memiliki beberapa skill utama yaitu hard skill utama yang dibutuhkan meliputi recruitment and selection, penggajian, juga labor law. Sementara itu, soft skill utama yang dibutuhkan meliputi komunikasi, active-listening, dan empati.

 

Baca Juga: Mengenal Human Resource Management Dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Cara Membangun Karir Di HR Versi Fasya

Untuk berkarir di bidang HR, tentunya ada beberapa langkah yang Fasya  ambil dan pelajari. Mulai dari mengetahui skill dasar hingga mengikuti bootcamp. 

 

“Pertama, mencari tahu terlebih dahulu apa saja knowledge dan skills yang dibutuhkan untuk membangun karir di bidang HR. Lalu, pelajari hal-hal tersebut dari setiap platform yang ada seperti dari media sosial, buku, juga mengikuti training atau bootcamp. Lebih jauh lagi, tentukan bidang spesifik HR yang ingin ditekuni secara dalam.”

Hingga pada akhirnya, Fasya mengikuti program Bootcamp Human Resource di Harisenin.com untuk menata karirnya di bidang Human Resources.

 

Baca juga: Panduan Mendalam Berkarir di Human Resource Tahun 2024

Peran Harisenin.com Dalam Karir Fasya 

Fasya merasa Harisenin.com memiliki peran yang sangat berarti dalam mencapai karirnya. Karena materinya yang spesifik dan mendalam memberikan Fasya pembelajaran baru yang belum diketahui sebelumnya. Fasya juga selalu mendapatkan informasi open recruitment melalui Harisenin.com.

 

Harisenin.com banyak memberikan aku pembelajaran yang belum aku ketahui sebelumnya. Banyak materi spesifik seperti Comben, HRIS, dan masih banyak lagi yang bahkan sebelumnya istilah tersebut belum pernah kudengar. Selain itu, career specialist juga kerap menginfokan ketika ada hiring partner yang sedang open recruitment.” 

Yang Disukai Fasya Dari Harisenin.com

Pada saat mengikuti bootcamp di Harisenin.com, Fasya sangat menyukai penanggung jawab tim dari Harisenin.com yaitu Ka Ayu yang sudah membantu dalam proses belajar Fasya.

 

“Hal yang paling membekas ketika mengingat kembali pengalaman bootcamp di Harsenin.com adalah Kak Ayu sebagai penanggung jawab tim-ku (aku lupa istilahnya apa) yang sangat helpful. Beliau kerap memantau weekly meeting tim kami dan memberikan informasi yang kami butuhkan dengan pembawaan yang asyik.”

Fasilitas Harisenin.com Dalam Mempersiapkan Karir

Bagi Fasya, Harisenin.com memiliki peran yang sangat berarti dalam membantunya untuk mempersiapkan karir. Fasilitas yang diberikan tidak main-main dan sangat bermanfaat bagi perjalanan karirnya. 

 

“ Fasilitas 1on1 session sangat membantu aku dalam mengevaluasi CV bersama career specialist. Aku menjadi lebih memahami do’s and don'ts ketika melamar pekerjaan, hingga ketika interview. “

?width=1200&image=https%3A%2F%2Fcdn.harisenin.com%2Fhms%2Fhms%2F(3x)%20Career%20Pursuit.png

Tips & Trik Dari Fasya, Buat Kalian Yang Mau Menjadi HR

Fasya membagikan tips dan trik buat kalian yang mau berkarir sebagai HR sehingga bisa mempelajarinya lebih awal dan terus berusaha. Seperti memanfaatkan banyak platform dan mengikuti program Bootcamp Human Resource di Harisenin.com.

 

Jika masih berada di bangku kuliah, perbanyak magang dan organisasi yang berkaitan dengan bidang HR. Selain itu, bangun juga networking sebelum lulus kuliah baik di dalam maupun luar kampus. Jika sudah bekerja dan ingin switch career, banyak platform gratis maupun berbayar yang saat ini bisa dimanfaatkan. Tidak perlu malu untuk belajar dari rekan yang sudah lebih dulu terjun di bidang HR. Bootcamp HR seperti di Harisenin.com merupakan salah satu jalan untuk mempelajari HR untuk teman-teman yang memiliki zero experience.”

Human Resources Bootcamp Harisenin.com

So Risers, tidak ada hal yang tidak bisa kamu pelajari selama kamu mau berusaha. Dalam mencapai karir impianmu, pasti akan selalu ada tantangan yang harus kamu hadapi. Namun teruslah berusaha dan tidak perlu merasa tertinggal dengan orang sekitarmu karena setiap orang memiliki waktu dan kesempatannya masing-masing. Apalagi berkarir sebagai seorang HR menjadi impian banyak orang dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Buat kamu yang tertarik untuk belajar mulai dari awal hingga mendapatkan pekerjaan seperti Fasya, kamu bisa ikut program Bootcamp Human Resources dari Harisenin. Atau jika kamu ingin bertanya-tanya dulu, kamu boleh tanya Minse di Career Support atau DM Minse di Instagram ya! 

Hani Subakti

Hani Subakti

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pembangunan Jaya. Saya memiliki minat yang besar di dunia pemasaran, saya menemukan kegembiraan dalam seni membuat konten persuasif dan efektif untuk mencapai audiens. Saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk membangun, mengubah, dan menyentuh hati pembaca.