Bahasa:

Search

Rekomendasi 5 Channel Youtube untuk Belajar British English Secara Otodidak

  • Share this:
Rekomendasi 5 Channel Youtube untuk Belajar British English Secara Otodidak

Halo Risers! Kamu tau gak sih kalau British English dengan American English itu punya perbedaan dari segi aksen, loh! Biasanya, pelajaran bahasa inggris di sekolah mulai TK, SD, SMP, SMA menggunakan aksen American English karena lebih mudah untuk didengarkan dan diucapkan dibandingkan dengan British English.

Namun, Jika kamu ingin pergi atau menuntut ilmu di negara Inggris, sebaiknya kamu mempelajari British English agar kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang orang disana.

Belajar bahasa inggris menggunakan platform youtube yang gratis bisa dijadikan referensi belajar yang bermanfaat. Di zaman sekarang, teknologi juga sudah sangat maju, bahkan content creator di youtube yang mengajarkan bahasa inggris sudah banyak tersedia.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Platform youtube bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa inggris secara otodidak. Walaupun belajar secara otodidak terkadang kehilangan arah karena tidak ada yang membimbing dalam proses belajar. Ada 3 hal yang perlu kamu tau sebelum memulai belajar bahasa inggris:

  1. Tentukan tujuanmu belajar bahasa inggris.

    Kamu bisa menulisnya di sticky note dan tempelkan di tempat kamu biasanya belajar atau tempat yang biasanya sering kamu lihat. Hal ini bertujuan jika kamu kehilangan motivasi untuk belajar, maka kamu akan selalu ingat tujuan awalmu untuk belajar bahasa inggris, entah itu untuk mendapatkan beasiswa ataupun pergi keluar negeri.
     
  2. Konsisten dan disiplin

    Agar kamu tetap konsisten dan disiplin belajar bahasa inggris, kamu perlu membuat jadwal rutin setiap minggunya. Pastikan juga kamu menentukan waktu rutin untuk kamu belajar bahasa inggris. Hal ini dilakukan agar kamu punya rasa terikat untuk belajar bahasa inggris.
     
  3. Tentukan target yang jelas dan terukur

    Selain membuat jadwal dan waktu rutin belajar bahasa inggris, maka kamu juga perlu membuat target belajar dan bagaimana kamu bisa mengukur target tersebut sudah tercapai atau gagal.

    Kamu bisa membuat target harian, mingguan., atau bulanan. untuk pengukuran target kamu bisa menentukan seperti dengan latihan soal tanpa melihat buku atau materi.

 

Di bawah ini ada 5 rekomendasi channel youtube yang bisa kamu tonton untuk belajar British English secara otodidak dan gratis, jadi simak baik-baik ya, Risers!

  1. English with Lucy

    gambar-1.jpg

    Channel youtube yang pertama ini merupakan channel milik Lucy Earl, seorang guru bahasa inggris yang mempunyai akun youtube dengan konten konten pembelajaran bahasa inggris khususnya British English. Konten pembelajaran yang dia buat mulai dari grammar, pronunciation, expressions, vocabulary, listening, speaking dan juga ada tips tips melakukan percakapan menggunakan bahasa inggris dalam kegiatan sehari hari.
     
  2. Learn English with Papa Teach Me

    gambar-2.jpg

    Channel youtube Learn English with Papa Teach Me punya pengemasan vidio yang unik dengan berbagai ekspresi yang dibawakan oleh seorang pria. Konten-konten pembelajarannya seperti writing, vocabulary, grammar, pronunciation dan masih banyak lagi. Di channel ini terdapat playlist yang dibagi menurut tingkatan bahasa inggris mulai dari elementary hingga advanced.
     
  3. Level Up English

    gambar-3.jpg

    Channel youtube yang ketiga ini juga sangat menarik loh! Kamu akan belajar bukan hanya mendengarkan, namun kamu juga sambil diajak melihat prakteknya langsung sehingga lebih mudah untuk dipahami. Ada juga beberapa video yang mengajakmu untuk melihat pemandangan London, wahh lumayan kan jalan jalan online gratis!
     
  4. Learn English with Gill

    gambar-4.jpg

    Channel youtube Learn English with Gill ini pastinya akan jarang kamu temukan. Pasalnya pengajar yang membuat konten-konten pembelajarannya sudah cukup tua umurnya tapi jangan salah Risers, gitu-gitu masih semangat loh ngajarin… masa kamu yang masih muda malas buat belajar sih! Materi pembelajarannya juga gak kalah keren dan suasana pembelajarannya mirip seperti sedang kelas online.
     
  5. BBC Learning English

    gambar-5.jpg

    Channel youtube yang terakhir ini adalah milik British Broadcasting Corporation (BBC) yang didukung oleh Pemerintah Inggris. Konten-konten pembelajaran dibuat oleh ahli profesional. Sudah banyak konten konten yang tersedia dan sangat beragam seperti playlist “English In A Minute”, “The Grammar Game Show” dan masih banyak lagi.

 

Nah, itu tadi Risers, 5 rekomendasi channel youtube yang punya ciri khas dari konten pembelajarannya. Semoga rekomendasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar British English. Ada kata kata bijak yang mengatakan “More Practice, Makes Perfect” Semangat terus belajarnya, Risers! Jangan lupa untuk subscribe blog harisenin.com untuk dapat info menarik lainnya.


Kadek Indah

Kadek Indah

I'm an undergraduate student who passionate about SEO