Bahasa:

Search

5 Situs Online ini Cocok Buat Belajar UI UX Gratis

  • Share this:
5 Situs Online ini Cocok Buat Belajar UI UX Gratis

Dewasa ini belajar cukuplah mudah dan murah, jika kita mempunyai kemauan yang kuat pasti akan ada jalan untuk belajar. Termasuk belajar UI UX Design gratis pun banyak dan dijumpai di berbagai platform online.

So, buat kamu yang hendak belajar lebih mendalam atau bahkan masih pemula, bisa banget belajar secara online. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Kursus Online Buat Belajar UI UX Gratis

Kali ini kita akan membahas kursus online yang dapat dijadikan media belajar UI UX gratis. Setidaknya terdapat 7 kursus online gratis yang berhasil penulis rangkum, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Introduction to User Experience Design - Coursera

Picture by: coursera.org


 Kursus online pertama yang dapat kamu jadikan media belajar UI UX Design secara gratis adalah Introduction to User Experience Design by Coursera. Coursera sendiri merupakan platform kursus belajar online dari yang gratis sampai kelas yang berbayar.

Mengenai kursus ini, materi yang disajikan cenderung sebagai pembukaan bagi para pemula untuk memahami lebih spesifik mengenai UX Design. Materi yang disajikan cukup singkat, sehingga kamu bisa menyelesaikannya bahkan hanya dengan durasi belajar 1 hari saja.

Principles of UX Design - InVision

Picture by: learn.invisionapp.com

Bagi kamu yang masih pemula di UI/UX Designer, kursus online ini cocok buat kamu. Di sini, kamu bisa belajar UI UX gratis mengenai prinsip dasar dan hal-hal fundamental dan meminimalisir stigma desain yang subjektif.

Tidak hanya kursus gratis, InVision juga akan memberikan e-book gratis melalui akun email kamu setiap pekannya. Kelebihan dari kursus ini adalah metode belajarnya yang bertahap setiap pekannya akan memberikan efektifitas dalam memahami seluruh materi secara optimal.

UX Web Design Tutorials - Envato Tuts+

Picture by: webdesign.tutsplus.com

Kursus online untuk belajar UI UX gratis selanjutnya diselenggarakan Evanto Tuts. Evanto sendiri merupakan sebuah marketplace yang menyediakan kebutuhan grafis dengan tema WordPress dan aset kreatif lainnya.

Platform Tuts+ ini membahas tentang materi seputar desain website, coding, beserta fotografi. Materi-materi ini dikemas dengan durasi yang singkat sehingga termasuk ke dalam kursus pembelajaran mini. Meski begitu, platform ini menyediakan berbagai level UI/UX Designer.

Material Design Guidelines - Google

Picture by: material.io/design


Untuk terus berkarir di dunia UI Designer, maka jangan lewatkan kursus online yang satu ini, yakni kursus Material Design Guidelines yang diselenggarakan oleh Google.

Sebab, Google telah merilis pedoman tentang Material Design yang cukup menyenangkan karena visualnya yang cukup apik dan nyaman untuk dijadikan media memahami setiap materi.

Google menyediakan banyak materi yang dapat kamu akses. Materinya dikemas cukup ringkas, meskipun begitu tetap lengkap dan menyeluruh.

UI, UX, Bisnis Design - Insight

Picture by: medium.com/insightdesign

Kursus UI, UX, Bisnis Design - Insight ini merupakan kursus online yang berbahasa Indonesia. Jika kamu masih kesulitan belajar dengan menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa mencoba kursus online ini untuk media belajar UI UX gratis.

Dari segi materi, kursus ini memuat banyak fokus pembelajaran seperti UI Exploration, Case Study, Success Story, Design Process, dan masih banyak lagi.

Harisenin Millennium School UI/UX Designer

Jika kamu masih kebingungan bagaimana membuat portofolio untuk modal membangun karier sebagai UI/UX Designer. Jangan khawatir Risers, kamu bisa mengikuti kelas dan bimbingan di online course harisenin.com agar kamu lebih fokus membangun karirmu dan menjadi UI/UX Designer handal. Kamu bisa klik disini untuk keterangan lebih lanjut.

Baca juga: SEO Blogging Competition Harisenin


Sheyla Utari

Sheyla Utari