Bahasa:

Search

6 Strategi Promosi Perusahaan Ternama

  • Share this:
6 Strategi Promosi Perusahaan Ternama

Merencanakan strategi promosi rasanya sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis ya, Risers. Bahkan sudah jadi makanan sehari-hari para pelaku bisnis sebab dapat menghantarkan mereka menuju tujuan utama perusahaan.

Kegiatan promosi wajib dilakukan oleh perusahaan baik yang baru maupun yang sudah lama. Tujuannya pun beragam, dimulai dari memperkenalkan merek kepada publik sampai mempertahankan merek agar tetap dikenal oleh publik di tengah persaingan bisnis yang semakin berat.

Gimana kalau kita belajar mengenai strategi promosi yang sekarang ini banyak digunakan oleh perusahaan ternama? Yuk kita simak informasinya!

Baca Juga: Kenali Dasar Pemasaran melalui Strategi 4P Marketing

Strategi Promosi yang Digunakan Perusahaan  

promosi sukses
Sumber: Unsplash

 

Ada banyak faktor yang membuat suatu perusahaan dikenal baik oleh publik, salah satunya adalah dengan menggunakan strategi promosi yang sesuai. Lantas, strategi promosi apa saja yang digunakan oleh perusahaan ternama? Yuk kita intip dan pelajari!

Ikuti Tren sebagai Strategi Promosi  

strategi promosi tren
Sumber: Suara Merdeka   


Tidak hanya berlaku untuk seorang promotor, mengenal tren juga menjadi indikator utama untuk menjadi seorang pebisnis. Karena untuk memperkenalkan suatu produk, akan lebih mudah jika kita bisa menggunakan pendekatan yang sudah familiar di mata publik. Salah satunya adalah menyesuaikan produk dengan tren.

Dalam perusahaan, biasanya orang yang paling melek dengan tren adalah orang yang bekerja di bagian kreatif atau marketing. Cara mudah yang paling banyak digunakan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan foto lucu atau meme yang tengah hits sebagai ‘kail pancing’ untuk mengunggah rasa penasaran publik.

Selain itu, menggunakan bahasa gaul juga dapat menjadi cara Risers untuk mempromosikan merekmu, lho! Bahasa gaul yang banyak digunakan oleh masyarakat akan membuat merek terasa lebih dekat dan akrab dengan konsumen maupun calon konsumen, pastinya akan membuat merek dilirik juga.

Berikan Keuntungan untuk Konsumen  

promo sebagai strategi promosi
Sumber: Gojek


Mempromosikan produk dengan cara memberikan banyak keuntungan pada publik mungkin akan terdengar sedikit merugikan. Tapi jangan salah, Risers! Hal tersebut justru akan membuat publik akan merasa senang dan kemungkinan untuk terus menggunakan produk kamu juga semakin besar, lho!

Mari kita bercermin pada perusahaan Gojek. Risers pastinya sudah tidak asing dengan perusahaan besar satu ini, bukan? Ada banyak strategi yang dilakukannya, salah satunya adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon setiap bulannya dengan menggunakan kode tertentu yang bisa diakses oleh pengguna aplikasi Gojek.

Coba Risers perhatikan, dengan memberikan keuntungan pada publik sama seperti Gojek. Publik akan tergiur untuk menggunakan kesempatan tersebut dan mungkin bisa menggunakan secara terus menerus. Kamu bisa gunakan cara yang sama seperti cashback.

Brand Ambassador sebagai Strategi Promosi  

Brand ambassador sebagai strategi promosi
Sumber: Nacific


 Menggunakan brand ambassador atau duta merek sebenarnya sudah ada cukup lama. Tapi nyatanya, strategi ini masih digunakan oleh banyak perusahaan besar, lho! Salah satunya adalah Nacific yang merupakan produk skincare dan kosmetik dari Korea Selatan yang berhasil memperkenalkan Dita Karang dari Secret Number sebagai brand ambassador-nya.

Sesuai dengan namanya, brand ambassador memiliki peran sebagai ‘wajah’ dari brand yang dapat mengkomunikasikan brand tersebut kepada publik atau konsumen maupun calon konsumen dengan cara yang unik. Biasanya, brand ambassador diseleksi sesuai dengan image yang dimilikinya.

Coba deh, brand ambassador mana yang paling membuat Risers penasaran dan brand mana yang memperkenalkan mereka sebagai brand ambassador? Apa yang membuat kamu penasaran dengannya? Komen di bawah, ya!

Beriklan dengan Cara yang Unik  

strategi promosi netflix
Sumber: 247newsbulletin

Risers pastinya sudah tidak asing dengan Netflix, bukan? Platform yang satu ini tidak hanya dikenal dengan film dan serinya yang menyenangkan, tetapi juga cara mereka mempromosikan produknya. Salah satu contohnya adalah aksi Netflix mempromosikan series All of Us Are Dead yang berhasil menjadi trending di berbagai media sosial.

Bagaimana tidak, caranya mempromosikan series-nya memang unik dan mencerminkan produknya hanya dalam sekali lihat saja. Saat itu, Netflix sengaja menghias sebuah truck hingga terlihat seperti School Bus yang didominasi warna kuning dan warna merah sebagai bercak darah.

Selain itu, pada kaca truk diperlihatkan para zombie yang menjadi fokus dalam series adaptasi dari Webtoon Korea tersebut. Lebih kerennya lagi, para penduduk yang melihat kejadian tersebut dikejutkan oleh isi di dalam bus tersebut, yaitu para siswa yang berubah jadi zombie tiba-tiba keluar dan menakuti para penduduk.

Ide tersebut sangatlah brilian dan dapat menciptakan pengalaman yang akan terus dikenang. Pastinya cara tersebut bisa Risers coba. Jangan takut untuk out of the box, justru ide yang hebat akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan juga.

Gunakan SEO dan Copywriting  

SEO sebagai strategi promosi
Sumber: Unsplash


Teknologi yang semakin berkembang menghasilkan inovasi tertentu dalam beraktivitas, salah satunya aktivitas promosi dengan menggunakan teknologi digital. Search Engine Optimization (SEO) menjadi bentuk implementasi digital promotion yang tengah panas saat ini.

Coba deh, Risers. Jika Risers tengah mencari suatu informasi di mesin pencarian seperti Google, situs mana yang akan otomatis Risers lihat terlebih dahulu? Pastinya di halaman pertama, bukan? Nah, SEO berfungsi untuk menyajikan konten atau informasi mengenai brand di halaman satu pencaharian.

Dengan berada di halaman satu, kemungkinan besar website-mu dilihat akan semakin besar, pastinya akan membuat traffic semakin padat. 

Tidak hanya SEO, memaksimalkan copywriting juga jadi hal yang penting, Risers! Copywriting sendiri merupakan seni tulisan yang bersifat persuasif dengan tujuan untuk mengajak publik untuk mengenal, atau mengikuti apa yang menjadi arahan dari tulisan tersebut. Teknik ini banyak digunakan oleh perusahaan besar juga, biasanya copywriting memiliki tulisan yang sedikit, tetapi kuat.

Manfaatkan Fitur Media Sosial  

instagram sebagai strategi promosi
Sumber: Unsplash


 Media sosial memiliki kekuatan yang besar untuk mempromosikan sesuatu, salah satunya bisnismu. Tidak hanya algoritmanya yang unik, sekarang ini media sosial terus berkembang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Salah satu contohnya adalah fitur ‘Reels’ yang dimiliki Instagram yang begitu populer.

Fitur yang satu ini juga bisa Risers gunakan untuk memperkenalkan produkmu juga. Di sini, kamu perlu memamerkan kreativitas entah melalui video atau foto yang bisa di upload. ‘Reels’ juga memiliki fitur lagu yang pastinya akan membuat video atau foto tidak terlihat membosankan.

Tapi tidak sampai di situ, Risers. Jika kamu telusuri lebih jauh, fitur ‘song’ yang ada pada ‘Reels’ bisa kamu klik dan Instagram akan mengantarkan kamu pada siapa saja orang-orang yang menggunakan lagu tersebut. Pastinya itu akan menjadi suatu keuntungan, karena kemungkinan ‘Reels’ mu di lihat pun akan semakin besar.

Baca Juga: 7 Most Asked Questions Tentang Digital Marketing!

Anisa Fitri

Anisa Fitri