Website

Search

Kenali Dulu! 7 Jenis Akuntansi yang sering dipakai

  • Share this:
Kenali Dulu! 7 Jenis Akuntansi yang sering dipakai

Jenis-jenis akuntansi - sistem akuntansi sangat dibutuhkan untuk mencatat aktivitas keuangan perusahaan pada di periode waktu yang dilakukan nya. Dalam dunia akuntansi, terdapat banyak jenis-jenis akuntansi yang memiliki tugas nya masing-masing. Apa saja jenis-jenis akuntansi dan tugas-tugas nya?  

 

Baca juga:  Wajib Tahu, Yuk Ikuti Cara-Cara Belajar Akuntansi Ini!  

 

Jenis-Jenis Akuntansi  

  1. Akuntansi Keuangan (General Accounting)  

a pile of money sitting on top of a wooden floor
source: unsplash

Akuntansi keuangan berfokus pada penyusunan transaksi finansial dan laporan keuangan perusahaan seperti laporan laba rugi, neraca keuangan, dan laporan arus kas. Jenis akuntansi keuangan ini paling umum digunakan oleh banyak organisasi. Baik itu perusahaan besar, UMKM, atau organisasi nirlaba. Jenis akuntansi ini sangat dibutuhkan karena mampu melacak dan melaporkan transaksi-transaksi finansial mereka yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan mereka.   

  1. Akuntansi Perbankan   

person holding white and red card
source: unsplash.com

Akuntansi perbankan adalah jenis akuntansi yang berfokus dengan pencatatan kegiatan, analisa, dan pelaporan keuangan yang terjadi pada sebuah bank. Jenis akuntansi ini banyak digunakan oleh institusi perbankan karena bank perlu melacak dan melaporkan semua transaksi keuangan mereka seperti pinjaman, deposito, dan investasi. Akuntansi perbankan membantu bank dalam memenuhi persyaratan regulasi dan standar   

  1. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)  

Akuntansi biaya atau bisa dibilang  Cost accounting adalah akuntansi yang berkaitan dengan perhitungan dan analisa biaya produk barang dan jasa. Akuntansi biaya sangat penting bagi perusahaan manufaktur atau perusahaan yang memiliki produksi kompleks untuk membantu dalam pengendalian biaya dan efisiensi operasional.   

 

Baca juga:  Paham Langsung Pengertian Cost Accounting  

  1. Akuntansi manajemen (Management Accounting)  

person holding pencil near laptop computer
source: unsplash.com

Akuntansi manajemen berfokus pada menyediakan informasi keuangan dan non-keuangan yang relevan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan internal. Jenis akuntansi ini sering digunakan untuk membuat keputusan strategi dan operasional. Informasi dari akuntansi manajemen dapat dibantu dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.  

  1. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)  

white printer papers
source: unsplash.com

Akuntansi pajak adalah jenis akuntansi yang berkaitan dengan penghitungan dan pelaporan pajak. Pajak yang dibayarkan oleh perusahaan atau individu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di UU. Hampir semua organisasi baik itu perusahaan (besar atau kecil) maupun individu memerlukan akuntansi pajak untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum pajak dan untuk merencanakan kewajiban pajak.   

  1. Akuntansi Audit (Auditing)  

Akuntansi audit adalah jenis akuntansi yang berfokus pada pemeriksaan laporan keuangan yang disusun oleh seorang akuntan. Auditor melakukan evaluasi yang independen terhadap laporan keuangan perusahaan atau individu untuk menentukan apakah laporan tersebut mencerminkan dengan akurat posisi keuangan yang sebenarnya. Perusahaan yang menggunakan jenis akunting ini untuk menerima audit tahunan laporan keuangan mereka seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Hasil audit laporan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja operasionalnya.   

  1. Sistem Informasi Akuntansi   

Sistem informasi akuntansi adalah jenis akuntansi yang berkaitan dengan standar akuntansi yang berlaku secara internasional. Sistem ini digunakan hampir semua organisasi untuk mencatat, melaporkan, dan menganalisa data keuangan. Sistem informasi akuntansi dapat membantu dalam efisiensi operasional dan kepatuhan terhadap standar akuntansi.  

Belajar Intensif Ilmu Akuntansi & Pajak  

Untuk kamu yang ingin mempelajari ilmu dan skill akuntansi dan perpajakan, kamu bisa mengikuti kursus staff akuntansi dan pajak selama 3 bulan di harisenin.com. Kamu akan belajar bersama tutor expert. Kalo tertarik kamu bisa konsul dulu dengan klik link ini atau  DM ke Instagram harisenin.com  

Ray Prasetya

Ray Prasetya