Bahasa:

Search

Wajib Tahu, Yuk Ikuti Cara-Cara Belajar Akuntansi Ini!

  • Share this:
Wajib Tahu, Yuk Ikuti Cara-Cara Belajar Akuntansi Ini!

Hi Risers! Kamu ingin tidak sih mengetahui cara-cara belajar akuntansi yang mudah dan cepat? Pastinya cara-cara yang diberikan kali ini akan sangat ampuh untuk kamu yang langsung ingin cepat paham dengan akuntansi.

Sebelum kita cari tahu cara-caranya, sudah tahu belum nih arti dari akuntansi itu apa?

Dilansir dari Mas Software, Akuntansi adalah Sebuah seni pencatatan serta pengikhtisaran transaksi

keuangan dan juga penafsiran suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi. Akuntansi sendiri membutuhkan keahlian dan keterampilan yang khusus untuk kamu melakukannya. Jadi, bukan sembarang materi ya akuntansi ini. Kalau kamu ingin memahaminya, kamu juga harus pintar-pintar dan giat dalam mempelajarinya. 

Kamu dapat mempelajari sendiri dasar-dasar akuntansi, tetapi gelar akuntansi biasanya diperlukan untuk sertifikasi profesional. Jika mengikuti ujian CPA adalah tujuan, sebagian besar negara bagian akan membutuhkan gelar akuntansi. Tetapi jika tujuannya adalah untuk mempelajari dasar-dasarnya, otodidak adalah pilihan yang sangat baik.

Pastinya untuk kaum pemula dan seseorang yang ingin paham dengan cepat, minat sekali dengan cara cepat untuk mempelajarinya. Kali ini, kita akan membahas dan cari tahu nih cara-cara cepat belajar akuntansi. Jika kamu mengikutinya, mungkin langsung paham betul nih! Yuk kita simak bareng-bareng!

Baca Juga: Pengalaman Kak Nisa Mengajar Audit

Pahami Konsep Dasar Akuntansi 

Kalau kamu ingin paham betul akuntansi, kamu harus benar-benar paham dengan konsep dasarnya. Jika kamu paham mulai paham dari konsep dasar, pastinya kamu akan mudah untuk memahami dan belajar untuk materi akuntansi yang lebih dalam.

Ada baiknya semua hal yang akan dilakukan itu harus dipahami dan dipelajari terlebih dahulu, termasuk materi akuntansi ini!

Pahami Siklus Akuntansi Dasar

Siklus akuntansi adalah tahapan yang harus dilalui untuk bisa menghasilkan informasi berupa laporan keuangan yang benar dan sistematis. Siklus ini sendiri memiliki tiga tahapan, yaitu pencatatan, pembuatan ikhtisar laporan keuangan, lalu pembuatan dan penyajian laporan keuangan. Jangan lupa diingat ya tahapan-tahapan kelompoknya!

Sering-Sering Membaca Buku Akuntansi Dasar 

Dengan banyak membaca, pasti seseorang akan menambah ilmunya. Mungkin akan berbeda-beda berapa banyak ilmu yang akan didapat, tetapi pasti kita akan menambah ilmu.

Sama halnya dengan akuntansi dasar yang ingin dipelajari, kamu harus sering-sering membaca buku akuntansi dasar nih. Agar paham betul nantinya!

Baca Juga: 3 Komponen Penting dalam Dasar-dasar Akuntansi

Gunakan Software Akuntansi 

Selain membaca buku-buku dasar akuntansi, kamu juga bisa kok menggunakan software akuntansi! Kita tidak lagi harus belajar dari buku, tetapi bisa juga melewati media sosial, internet, dan masih banyak lagi!

Salah satunya ini adalah software akuntansi, yang dimana kamu Proses pengerjaan mulai dari pencatatan, melacak persediaan secara real time, rekonsiliasi bank praktis karena langsung terintegrasi serta perhitungan sampai laporan keuangan dapat di otomatisasi dengan software. 

Jadi, kamu sekarang punya opsi banyak nih untuk belajar akuntansi! Semoga langsung cepat paham ya dengan cara-cara yang ada.

Menyusun Laporan Keuangan

Semua hal yang ingin dikuasai itu harus dipelajari. Tetapi, belajar saja tidak cukup, tetapi kamu juga harus melakukannya agar dapat memahaminya. Sebagai contoh saat kita sedang berkuliah, yang dimana setelah kita belajar teori-teorinya di kelas, kita juga akan mengimplementasikannya di program magang.

Sama dengan akuntansi, kamu juga harus mencoba membuat atau menyusun laporan keuangan nih. Kalau kamu tidak coba, bagaimana mau tahu dan bisa nantinya bukan?

Baca Juga: Audit Sektor Publik: Pengertian, Karakteristik, dan Jenisnya

Belajar akuntansi membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Akan sangat sulit jika kamu tidak giat belajar dan membaca untuk memahami akuntansi nantinya. Dengan cara-cara yang telah diberikan di atas, kamu akan bisa memahami akuntansi dengan cepat. 

Harisenin Milenial School - Auditor & Financial Analyst

Cara belajar akuntansi ataupun profesi yang lainnya membutuhkan effort yang sangat besar. Namun dengan hal tersebut pastinya kamu bisa lebih mendalami beberapa soft skills dan hard skills untuk menunjang karir kamu yang lebih luas.

Harisenin.com merupakan solusi untuk kamu yang ingin belajar akuntansi ataupun menjadi profesi akuntan seperti auditor dan financial analyst. Karena saat ini kedua profesi tersebut banyak dicari dan dibutuhkan oleh berbagai macam industri.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut? Kamu bisa klik link disini!

Jadi tunggu apalagi? Yuk belajar akuntansi dengan cepat Risers!

Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi