Bahasa:

Search

Perjuangan Fitrah Maulidina Terjun ke Dunia HR

  • Share this:
Perjuangan Fitrah Maulidina Terjun ke Dunia HR

Cukup berseberangan dengan latar pendidikan tekniknya, Fitrah Maulidina adalah seseorang dengan interest di bidang human resources (HR). Meski sempat merasa nano-nano dan bimbang, Fitrah akhirnya bisa mencapai impiannya. 

Fitrah menempuh pendidikan S1 dengan jurusan Teknik Lingkungan di salah satu universitas di Yogyakarta. Pilihan ini cukup banyak diambilnya karena keinginan orang tua, namun selama perjalanannya hal itu berjalan dengan lancar. Akan tetapi, Fitrah saat itu masih merasa ada potensi lain yang masih terkubur dalam dirinya.

Perempuan yang awalnya tertarik untuk mempelajari psikologi itu pun mencoba untuk back on track begitu ia lulus. Meskipun terbilang harus memulai dari nol, Fitrah tetap berusaha untuk mengeksplorasi diri dan pengalaman! 

Seperti misalnya pada bangku kuliah di mana ia memegang Divisi Membership and External, yang pekerjaaannya cukup mirip dengan HR. UU Ketenagakerjaan dan UU Cipta Kerja pun menjadi bahan bacaan untuk diikuti, bersama dengan suhu-suhu HR yang ada di LinkedIn.

Setelah itu pun Fitrah berkesempatan untuk menjadi HR Admin, dan saat ini tergabung di Divisi Training and Development dari PT Yakult Indonesia Persada.  

Baca Juga: 5 Tips Interview Dengan Direksi Beserta Contoh Pertanyaannya

Info tentang Harisenin.com.com sendiri pertama kali lewat pada halaman Home LinkedIn Fitrah. Dan karena saat itu ada trial (kelas Minischool) yang gratis, Fitrah memutuskan untuk ikut dengan pembicaranya yaitu Kak Wulan. 

Percobaan untuk ikut course ini pun dilakukan karena adanya dorongan dari tempat kerja. Saat menjadi HR Admin Fitrah banyak mendapat feedback positif dari karyawan-karyawan yang diurus. Menyadari bahwa ‘berpusing ria mengurus orang’ adalah passionnya, Fitrah pun mencoba beberapa trial course, dan dari semua yang diikuti course di Harisenin.com menjadi yang paling disukainya. 

Salah satu alasan Fitrah memilih Harisenin.com.com adalah silabus course-nya yang jelas. Terutama dalam kelas HR, silabus yang dimiliki pun sangat lengkap, mulai dari hal mendasar sampai pengaplikasiannya secara langsung (final project).

Mentor-mentornya pun menurut Fitrah sudah tepat. Mereka adalah para praktisi atau orang yang bekerja di industri fast-paced environment, sehingga materi yang diberikan adanya bermanfaat dan tentunya insightful. Selain dari materi, biaya di Harisenin.com.com juga termasuk terjangkau. Sangat worth it dengan apa yang didapat! 

Dari perspektif Fitrah sendiri, pengalaman di Harisenin.com adalah seru, insightful, dan profesional.

Kalau mencoba flashback dari awal menjalani trial course, Fitrah bisa dikatakan sangat menyukai saat regulasi-regulasi seperti TKWT, TKWTT, dan lain-lainnya dibahas oleh Kak Wulan. Jadi pembahasannya tidak hanya teori, namun memang ada juga bersentuhan dengan praktik di lapangan.

Setelah mengikuti kelas Harisenin.com pun, Fitrah menjadi tahu banyak hal. Misalnya seperti adanya faktor lain selain kecocokan dengan posisi yang harus juga ada dalam diri kandidat. Sebab, kandidat di sini juga perlu memiliki value yang sama dengan perusahaan untuk mencegah turnover yang tinggi. Bisnis, human management, dan sustainable development akan lebih mudah diselaraskan jika ini terjadi, baik secara internal maupun eksternal.

Baca Juga: Apa itu Karir? 5 Tahapan Persiapan Karir Masa Depan!

Ketika ditanya mengenai tips mendapat kerja, Fitrah berpendapat agar melihat dan memerhatikan semua kualifikasi dari suatu role. Meskipun merupakan anak teknik, ia cukup open dengan kesempatan-kesempatan yang ada selagi bisa memenuhi role dan kualifikasi.

Saat mengobservasi macam-macam job role, Fitrah akan melakukan brainstorming mengenai pekerjaan yang sekiranya cocok dan melakukan mapping. Hal ini juga dilakukan pada saat Fitrah memutuskan untuk career shift ke bidang pekerjaan HR!

Jika job role yang dilamar bermacam-macam, CV atau resume yang digunakan pun perlu disesuaikan. Misal untuk melamar posisi HR, MT, dan environmental engineer, Fitrah akan membedakan CV yang dipakai menjadi 3 jenis. Bersamaan dengan itu, detail pekerjaan yang akan dihadapi juga dipelajari agar lebih mematangkan diri dan mendapat pengakuan secara hitam di atas putih.

Contohnya saja seperti pengalaman ikut course di Harisenin.com. Dari ini Fitrah bisa mendapat sertifikat juga sebagai bukti pernah menjalani course HR dan memiliki pengetahuan akan hal itu.

Baca Juga: Tahapan Pengembangan Karir yang Wajib Diketahui

Bootcamp Human Resources - Harisenin.com

HR adalah aspek penting ketika ingin membangun suatu perusahaan. Hal ini bisa dikatakan menjadi salah satu tombak dari keberlangsungan dan berdirinya perusahaan. Apalagi di era teknologi saat ini, HR branding termasuk penting untuk menarik talent-talent tepat untuk mau bergabung. 

Kamu juga memiliki kesempatan untuk mewujudkan diri berkecimpung bidang HR seperti Fitrah! Bersama Harisenin.com, kamu bisa mengasah diri dan skill melalui kelas bootcamp Human Resource atau pun kelas ProClass HR Specialist


 


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi