Bahasa:

Search

Apa itu Karir? 5 Tahapan Persiapan Karir Masa Depan!

  • Share this:
Apa itu Karir? 5 Tahapan Persiapan Karir Masa Depan!

Hai Risers, sebagai generasi penerus masa depan, karir merupakan kewajiban utama untuk meraih kesuksesan di masa depan. Karir menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan dan kesuksesan yang telah dicapai selama bertahun-tahun. Walaupun begitu, seringkali kita temukan kasus seseorang yang mengalami kegagalan dan kesulitan dalam mengembangkan karir mereka. Sehingga, karir perlu dipersiapkan dengan penuh perencanaan agar dapat tercapai sesuai harapan.

Lalu, Apa itu karir? Apa saja tahapan persiapan karir untuk masa depan? Ketahui disini!

Apa itu Karir?

Apa itu Karir
Source: Unsplash

Jadi, apa itu karir? Menurut Indeed, karir adalah semua hal yang kita lakukan selama hidup kita yang berlaku secara universal melalui berbagai tahapan pelatihan, edukasi, perencanaan, dan keinginan untuk belajar. Dengan kata lain, karir itu gabungan dari berbagai hal seperti pengalaman hingga pekerjaan yang selalu direncanakan dan dilewati untuk bertahan hidup. 

Mayoritas di antara kita, banyak yang menganggap bahwa karir hanya sebatas pekerjaan atau pengalaman yang sudah dialami. Namun, sebenarnya karir lebih dari hal tersebut. Mementingkan karir sangat dibutuhkan untuk mengarahkan hidup kita kearah yang lebih baik dan menentukan masa depan kita. Dan karir membutuhkan perencanaan yang matang dan dilakukan secara berhati-hati.

Karir memiliki 3 tipe dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ketiga tipe tersebut yaitu karir dari pekerjaan yang tidak terkait atau tidak saling berhubungan, karir linear atau karir yang berkembang dari satu pekerjaan, dan karir pekerjaan yang berbeda dalam satu bidang industri.

Mengapa Pengembangan Karir itu Penting?

Source: Pexels

Perlu kita ketahui, pengembangan karir itu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dan dimiliki oleh setiap orang.

1. Dapat mengenal diri sendiri dengan baik

Dengan mengetahui diri sendiri dengan baik, seseorang dapat menemukan potensi diri yang dapat dimaksimalkan. Ada berbagai manfaat positif saat kita mengenal diri sendiri seperti meningkatnya semangat dalam bekerja, terus bergerak maju untuk belajar, dan mampu mengeluarkan semua kemampuan terbaik saat bekerja.

2. Meningkatnya kepercayaan diri

Jika kita melihat kembali definisi apa itu karir, maka kita akan menyadari bahwa karir perlu perencanaan dan pelaksanaan yang tepat dan sesuai dengan rencana. Dengan melakukan pengembangan karir, seseorang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya di berbagai hal mulai dari percaya dengan keputusannya, percaya dengan jalan karirnya, percaya dengan kemampuan dirinya, dan percaya dengan berbagai orang di sekitarnya yang mampu menjadi support system.

3. Menambah jaringan relasi

Agar seseorang dapat meningkatkan kemampuannya dalam mencapai karir, tentu mereka membutuhkan proses belajar dan bersosialisasi dengan orang-orang yang punya kemampuan dalam meningkatkan karirnya. Orang-orang tersebut dapat menjadi mentor, teman, dan partner bersama dalam menghadapi permasalahan dan tantangan saat mengembangkan karir. Dengan relasi yang luas, kita dapat membangun fondasi yang kuat dalam membangun karir impian di masa depan.

4. Meningkatkan etos dan produktivitas kerja

Seseorang yang memiliki perencanaan karir, pastinya akan memiliki semangat kerja yang tinggi agar terhindar dari kegagalan dan berbagai resiko yang harus dihadapi. Seiring dengan peningkatan semangat kerja, etos dan produktivitas kerja juga pasti meningkat. Sehingga, dapat memberikan keuntungan bagi banyak orang dan diri sendiri.

Manfaat Pengembangan Karir

Manfaat Pengembangan Karir
Source: Pexels

Dengan melakukan pengembangan karir, kita akan mendapatkan berbagai manfaat yang dapat menguntungkan diri kita dalam menjalani hidup.

1. Mendukung jenjang karir dan cita-cita

Setiap orang pasti memiliki cita-cita yang diimpikan dan untuk mencapainya diperlukan perencanaan yang tepat. Dengan memiliki pengembangan karir, kita akan mendapatkan jaminan pendukung karir dan cita-cita yang sudah diimpikan.

2. Menghindari turnover

Fenomena ini sering dikenal sebagai kondisi labil. Bagi seseorang yang tidak memiliki pengembangan karir yang baik, seringkali merasa bosan dan galau dengan jalan karir yang telah dipilih. Untuk menghindarinya, perencanaan karir dapat menjadi solusi yang tepat untuk menumbuhkan keyakinan.

3. Dapat mengembangkan passion

Saat kita memahami passion yang dimiliki, kita akan merasa nyaman dan lebih bersemangat karena sedang mengerjakan hal yang disukai. Mengembangkan karir dapat meningkatkan passion yang dimiliki oleh seseorang.

Tahapan Pengembangan Karir

Tahapan pengembangan karir
Source: Unsplash

Berbagai manfaat pengembangan karir, akan dicapai setelah kita mengetahui tahapan apa saja yang perlu dilalui untuk pengembangan karir.

1. Melakukan riset tentang dunia industri

Riset dibutuhkan dalam pengembangan karir agar kita mengetahui kecocokan skill yang dimiliki dengan dunia industri yang semakin berkembang. Selain itu, riset juga dapat menjadi gambaran awal dunia industri sebelum kita menentukan jalan karir mana yang akan ditemukan. Sehingga, kita akan merasa lebih siap dengan segala tantangan pengembangan karir yang ada.

2. Menyusun rencana

Saat menyusun rencana, kita perlu mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh diri kita, hal yang penting untuk diri kita, tujuan dan minat yang dimiliki. Keseluruhannya disusun menjadi pola rencana yang memiliki tahapan yang jelas agar kita tidak kehilangan arah.

3. Menambah relasi dan belajar dari pengalaman

Memiliki relasi yang luas dapat memberikan pengalaman yang berharga seputar pengembangan karir agar kita mengetahui tantangan dan resiko yang akan dilewati. Setelah kita mengetahui tantangan tersebut, kita bisa belajar dari pengalaman yang ada.

4. Bersiap untuk segala kemungkinan

Setelah kita mempersiapkan semuanya, terkadang permasalahan dapat muncul seperti kemungkinan kegagalan atau penurunan tren industri. Maka kita perlu mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan dengan persiapan yang matang dan terukur dengan baik.

Baca Juga: Tahapan Pengembangan Karir yang Wajib Diketahui

 


Tags: