Bahasa:

Search

Customer Relationship Management, Cara Menjadikan Audience Sebagai Pelanggan Setia

  • Share this:
Customer Relationship Management, Cara Menjadikan Audience Sebagai Pelanggan Setia

Bagi Risers yang memiliki bisnis mungkin akan terpikirkan bagaimana sih caranya supaya konsumen mau terus belanja atau memakai jasa kita? Bagaimana caranya supaya konsumen tetap betah dan tidak belanja ke tempat lain.             

Nah, hal-hal yang kamu pikirkan itu sebenarnya masuk ke dalam strategi bisnis yang sangat penting dan utama loh! Biasanya, strategi bisnis ini dilakukan setelah tahap Konversi, yaitu  Customer Relationship Management yang sering disingkat CRM.             

Nah, untuk lebih lengkapnya, Harisenin akan berbagi pengetahuan mengenai  Customer Relationship Management yang akan membantu kamu untuk membuat pelanggan milikmu menjadi setia.             

Apa itu Customer Relationship Management ?             

qmqT6DC1Y3Co5pzF_20kjlZwATXzKvua_KO74OuNUqLZDXevDSBYgqyVqAl_DpB5eHbzqpsxHSaqZrcf4obCpz9f3xaM_emQIlBCGYqEsIgcHXlXmDguzN7VqsRVCOGzshyBSMEb0UvehRhhB4r1gM2_EOepi5jYHHqSmHQUSSWr0ElLx91zEBzX7w
Ilustrasi Customer exeperience/unsplash.com             

Customer Relationship Management adalah salah satu strategi yang saat ini banyak dilakukan perusahaan untuk menjaga kesetiaan pelanggan mereka. Strategi ini dilakukan supaya pelanggan-pelanggan yang sebelumnya pernah melakukan transaksi akan terus melakukan transaksi selanjutnya agar pendapatan perusahaan terus meningkat.             

Mudahnya, Customer Relationship Management adalah suatu strategi dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan data yang diperoleh dari interaksi pelanggan. Hal ini untuk menjaga dan memperbaiki hubungan dengan pelanggan agar menciptakan konsumen yang loyal , sehingga dapat membantu pertumbuhan pendapatan.             

Seberapa penting Customer Relationship Management itu?             

LoqR22Zh6UwrfubZ6fYFTggsY79t23TfGO1HmVR8MDbVVaaGfFllVitYRcdMu-XLLle5g4Zv_AUhXPn7UemfHHN1HwTNXQZ1EaRbMvzS0rfAHszS9fGDUu7eizoBgnfRh-FsRVWoVxv78k2b57FUqHjo6RM3t8X5bouS90ZzLD-2SSp4nlYBiWgwnA
Ilustrasi CRM/unsplash.com             

Kunci dari Customer Relationship Management adalah menjaga kesetiaan pelanggan. Dengan menggunakan Customer Relationship Management , semua data-data penting mengenai interaksi pelanggan, siklus perjalanan pelanggan dapat kamu ketahui dengan mudah.             

Namun, apakah penting menggunakan Customer Relationship Management ? Melansir Technisians, ada beberapa alasan mengapa Customer Relationship Management itu sangat penting:             

  • Menciptakan hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada. Sehingga, kamu tidak perlu bekerja keras untuk mencari  traffic baru.             
  • Meningkatkan kesempatan agar pelanggan ingin terus membeli atau menggunakan jasa kamu.             
  • Pelanggan akan semakin mempercayai  brand kamu saat ingin membeli atau menggunakan jasa.             
  • Pelanggan akan merasa bahwa diri mereka sangat berharga dan diperhatikan.             
  • Word of Mouth , dengan pelaksanaan  Customer Relationship Management  jangka panjang, pelanggan kamu akan secara sukarela mempromosikan brand milikmu ke orang-orang terdekat.             

Nah , Customer Relationship Management adalah cara yang sangat tepat untuk perkembangan bisnis dalam jangka panjang. Apapun jenis bisnis kamu, penggunaan strategi ini tidak bisa dilupakan, lho!           

           

Cara kerja Customer Relationship Management           

Supaya Risers semakin memahami cara membuat pelanggan setia dengan Customer Relationship Management , kamu harus tau bagaimana sistem CRM dapat bekerja pada bisnis.             

Pada dasarnya, Customer Relationship Management adalah sistem yang sudah berhubungan dengan teknologi dan AI. Sehingga, semua hal yang kamu perlukan untuk pelaksanaan Customer Relationship Management sudah otomatis disediakan oleh sistem tanpa perlu bersusah payah.             

Dilansir dari Technisians, berikut bagaimana sistem Customer Relationship Management bekerja:             

  1. Data-data di kumpulkan             
  2. Data tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa segmen dan disimpan di sistem             
  3. Data tersebut dapat di akses oleh orang tertentu yang diizinkan             
  4. Data yang disediakan akan membantu menganalisis customer behaviors             
  5. Sistem CRM akan membantu kamu untuk menciptakan solusi paling efisien untuk kepentingan Digital Marketing sesuai dengan data yang disediakan             
  6. Sistem CRM juga akan memberikan saran untuk mengembangkan customer experience agar bisnis kamu lebih berkembang             

Cara kerja tersebut wajib kamu ketahui sebagai pemula yang ingin memahami lebih lanjut bagaimana sistem CRM itu bekerja.             

Manfaat Customer Relationship Management bagi bisnis             

 

_rwltrbTJ7FvVmzyGKiX6eMvllmtkkdOxrR0Hs1_5aAxFBDjWJLJwUcvBmEDlcrWsBhTj_ClTFCTKAz-T1nfGbs4VKgesixEi6fkkTfHaoNvAHzsjhw9mA48B0saMAQGU-Lsk05_Fb9IVR8RcNesUc0VAe0S-x5E7-uDRfrru8xGPOej6KaB1TYBGw
Ilustrasi manfaat CRM bagi bisnis/unsplash.com             

Dalam menjalankan Customer Relationship Management yang baik, kamu sebagai pemilik bisnis akan mendapatkan manfaat yang yang sangat banyak. Mulai dari meningkatkan efisiensi perusahaan, melakukan targeting yang lebih baik agar marketing dapat tepat sasaran dan masih banyak lagi.             

Secara detail, Harisenin akan membagikan manfaat Customer Relationship Management untuk bisnis kamu:             

1. Pelanggan jadi setia            

Customer Relationship Management tidak hanya berlaku pada marketing. Pemanfaatan data yang diberikan sistem CRM dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan produk baru atau bahkan pengalaman Customer Service yang lebih baik lagi loh!             

Dengan begini, jika kamu dapat konsisten menggunakan data-data yang diberikan oleh sistem CRM dan memanfaatkannya dengan baik. Bukan tidak mungkin jika pelanggan akan terus betah dengan pelayanan kamu dan kualitas produk yang kamu berikan.             

2. Irit biaya             

Maksud dari irit biaya dalam penggunaan Customer Relationship Management adalah bahwa, jika kamu menganalisis dengan baik data-data yang diberikan CRM padamu. Kamu akan tahu apa saja yang harus ditingkatkan dan dihilangkan.              

Dengan begini, kamu dapat mengalihkan budget kamu ke program marketing atau development yang lebih penting dan dibutuhkan. Sehingga, budget yang kamu keluarkan tidak akan sia-sia dan akan langsung tertuju pada target yang spesifik di saat yang tepat.             

3. Efisiensi Operasional             

Sistem CRM yang menggunakan teknologi memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan dalam menciptakan efisiensi. Contoh kecilnya adalah penggunaan teknologi Call Center pada aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan melakukan pengaduan secara gratis.             

Selain itu, banyak sekali hal yang dapat di efisiensi lewat CRM karena hanya menggunakan satu website saja tanpa perlu kemana-mana, yaitu:             

  • Analisis               
  • Email Marketing             
  • Messaging untuk meningkatkan kemudahan customer service              
  • Sistem live chat             
  • Data perilaku konsumen yang super lengkap             

Dengan memanfaatkan hal tersebut, kamu dapat menghemat budget dan mempercepat segala proses operasional bisnis kamu.             

4. Mempercepat kita melihat peluang             

Manfaat Customer Relationship Management selanjutnya adalah mempercepat kita untuk melihat peluang bisnis. Dengan menggunakan data yang telah diberikan sistem CRM, kamu dapat melihat trend terkini apa yang paling disukai oleh pelanggan.             

Selain itu, jika kamu menjual sebuah produk, kamu juga akan mengetahui produk apa saja yang mungkin paling sering dibeli oleh pelanggan kamu.             

Dengan begini, kamu dapat mempercepat proses kamu melihat peluang bisnis dan langsung melakukan penetrasi pasar dengan mudah. Tentunya, dengan marketing yang tepat dan branding perusahaan yang baik akan memudahkan hal tersebut.             

5. Meningkatkan pendapatan             

Informasi yang kamu dapatkan dari sistem CRM akan membantu kamu meningkatkan pendapatan. Dengan memanfaatkan data yang sudah ada dan detail, kamu dapat mengembangkan bisnis seperti melakukan penjualan secara global atau membidik target market yang baru.             

Dengan begini, tentu pendapatan perusahaan akan meningkat lewat penjualan atau pelayanan jasa yang sangat baik.             

Datangkan pelanggan setia dengan Customer Relationship Management             

TZsISSrmfQS-0FD_qscc2tBHfKkbqiroCnuX3n0xP27lup9Ty7kKqMY3inzuoT6NicvDNYGp31yHXyxWSlUHzXztJ5BCYn3gotO0qvTLzYyAt_06CH_ZqJKe1zjMX4lZGVyXDuA_F7FYIA6N-eN5PsZsw6FnoWOmMGTKS3YLg3LyXOHcSjoNKSOijQ
Ilustrasi pelanggan setia/unsplash.com             

1. Pelanggan Nomor Satu

Risers wajib ingat ini, bisnis tidak hanya tentang menjual dan menjual. Kamu juga perlu memperhatikan aspek lain seperti kenyamanan belanja, kualitas produk dan pelayanan yang baik akan menjadi poin tambahan yang dapat meningkat loyalitas pelanggan.             

Hal paling sulit dalam Customer Relationship Management adalah masalah mempertahankan pelanggan. Kamu akan dipaksa melihat dari sudut pandang pelanggan sampai ke hal terkecil sekalipun.             

Mulai dari apa yang pelanggan mau jika menggunakan jasa/produk kamu, apa yang ingin pelanggan rasakan saat menggunakan produk kamu, apa yang menjadi keluhan pelanggan dan sejenisnya.             

2. Investasi masa depan             

Dengan memanfaatkan data-data dari sistem CRM kamu dapat menciptakan hubungan baik dengan pelanggan. Data-data yang kamu analisis serta feedback dari pelanggan dapat kamu gunakan untuk menjalin hubungan baik dengan mereka.             

Kamu wajib setidaknya meluangkan waktu melihat apa saja sih keluhan pelanggan selama memakai produk/jasa milikmu. Lakukan evaluasi dan dengarkan saran pelanggan. Sehingga mereka akan sangat puas jika memiliki kendala dalam memakai produk/jasa milikmu.             

Dengan melakukan Customer Relationship Management yang baik, kamu akan merasakan manfaatnya dalam jangka panjang. Pelanggan-pelanggan akan semakin setia dengan bisnismu. Mereka akan rela membeli produk milikmu meskipun ada pesaing yang lain.             

3. Jaga keberadaan mereka             

Setelah berhasil menggaet pelanggan potensial dengan Customer Relationship Management , kamu juga wajib untuk menjaga kepuasan mereka. Pelanggan yang semakin setia dan mempercayai brand secara langsung akan meningkatkan penjualan milikmu dan citra brand kamu di mata masyarakat.              

Dengan begini kamu dapat dengan mudah membuat sebuah produk baru, strategi yang baik dan spesifik, menghemat budget dan sejenisnya agar perusahaan atau bisnis kamu semakin maju dan berkembang.             

Customer Relationship Management adalah seni dari pelanggan dan untuk pelanggan. Pelanggan adalah raja, kalau kita tidak mau mendengarkan mereka, produk/jasa kamu mungkin saja tidak akan ada yang mau membelinya.             

Sudah banyak contoh Customer Relationship Management yang buruk sehingga membuat beberapa perusahaan yang bahkan baru berdiri sudah tidak kuat karena citra mereka yang menjadi buruk dimata orang-orang. Kebanyakan adalah pelayanan mereka yang tidak baik dan ketidakpedulian mereka dengan feedback pelanggan.             

Untuk itu, jika kamu memiliki bisnis, wajib sekali untuk menggunakan Customer Relationship Management agar bisnis kamu memiliki pelanggan setia yang akan terus menggunakan produk/jasa milikmu.             

Nah , apakah bisnis milikmu sudah memiliki Customer Relationship Management yang baik?             


Baca juga:  Pradipta Eva Trudiyanti : Pentingnya Customer Experience Untuk User                


Rizki Ali Akbar

Rizki Ali Akbar