Bahasa:

Search

Pahami Cara Kerja SEO Sebelum Membuat Sebuah Konten!

  • Share this:
Pahami Cara Kerja SEO Sebelum Membuat Sebuah Konten!

SEO belakangan menjadi tren di dalam bidang content marketing.  SEO berbicara mengenai strategi untuk menaikkan konten dari website kita agar dapat muncul di halaman teratas mesin pencari, seperti Google dan semacamnya. Namun apakah kamu sudah mengetahui cara kerja SEO dalam menampilkan hasil pencarian? Kalau belum, berikut akan kami jelaskan mengenai cara kerja SEO beserta manfaat dan faktor-faktor yang memengaruhinya.        

Baca Juga:  Rekomendasi 5 SEO Tools Gratis Milik Google        

Cara Kerja SEO          

Umumnya,  cara kerja SEO terbagi menjadi tiga tahap dalam menampilkan hasil pencarian. Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari:          

1. Crawling          

Cara Kerja SEO
source: Freepik

Proses crawling merupakan proses di mana mesin pencari akan mengumpulkan semua halaman  yang baru dipublikasikan ataupun diperbaharui. Setelah halaman website dikumpulkan dan ditemukan, barulah mesin pencari akan mengunjungi satu per satu halaman untuk mengidentifikasi apa saja yang termuat di halaman-halaman tersebut. Pada proses identifikasi ini, mesin pencari akan mengandalkan bantuan sebuah web bot—juga dikenal web spider atau web crawler—untuk memudahkan proses pengindeksan.          

2. Indexing          

Cara Kerja SEO
source: Freepik

Pada proses ini, mesin pencari akan berusaha memahami dan mempelajari konten yang termuat dalam setiap halaman. Mesin pencari akan menganalisis konten secara struktural dan memerhatikan atribut konten seperti title, meta descriptionalt texttags, gambar ataupun video.        

Pada tahap ini, mesin pencari juga akan menilai apakah suatu halaman dapat ditampilkan atau tidak. Mesin pencari akan mendeteksi apakah suatu konten merupakan hasil duplikat atau plagiat dari konten lain. Halaman yang telah diindeks akan tersimpan dalam database mesin pencari.          

3. Serving and Ranking          

Cara Kerja SEO
source: Freepik

Anggaplah seseorang mencari suatu keyword pada mesin pencari, semisal “Sepatu Olahraga Terbaik”. Maka mesin pencari akan memproses permintaan tersebut dan kemudian mulai menelusuri halaman-halaman yang telah tersimpan di dalam indeks.        

Selanjutnya mesin pencari akan berusaha memilah konten mana yang sekiranya relevan terhadap apa yang dicari oleh pengguna. Seperti “Sepatu Olahraga Terbaik” tadi, maka mesin pencari akan mencari halaman yang memuat beberapa konten dengan topik yang paling relevan dengan keyword tersebut.        

Konten yang paling relevan akan ditampilkan pada halaman utama hasil pencarian (SERP/ Search Engine Result Page). Konten-konten tersebut akan diperingkatkan berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi SEO rangking.       

Faktor-Faktor yang Memengaruhi SEO Ranking          

Sebenarnya ada banyak faktor yang memengaruhi mesin pencari dalam melakukan rangking. Namun berikut akan dijelaskan mengenai  faktor-faktor yang memiliki pengaruh paling dominan.          

1. Backlink          

Backlink merupakan sebuah link yang ditautkan oleh suatu website yang mengarah pada halaman website kita. Semakin banyak website yang menautkan link website-mu, maka halaman website-mu akan berpotensi mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian.        

Backlink juga dapat menentukan kredibilitas dan popularitas website kita. Dengan website lain menjadikan konten yang ada di website kita menjadi bahan referensi, maka konten kita dianggap informatif dan kredibel.        

Namun perlu diingat, kita tidak boleh sembarangan mendapat backlink dari website lain. Pastikan backlink yang kita peroleh berasal dari website yang berkualitas dan relevan dengan segmen website kita!          

2. Kualitas Konten          

Kita harus menekankan kualitas konten mulai dari sisi relevansi, keunikan, dan orisinalitasnya. Konten yang kita buat harus menarik dan sesuai dengan apa yang ingin pengguna cari.        

Setelah itu, kita harus memerhatikan struktur pada konten. Kita harus mengoptimalkan atribut konten seperti title, meta description, alt text, gambar, maupun video. Kita juga harus memerhatikan panjang kata dan jumlah keyword yang disisipkan. Semakin baik kualitas konten kita, maka semakin banyak yang mengunjungi dan menjadikan website kita sebagai bahan rujukan.          

3. Mobile Friendly          

Mesin pencari kini lebih memprioritaskan konten versi mobile dalam melakukan pengindeksan dan pemeringkatan. Hal tersebut dikarenakan mayoritas pengguna sekarang melakukan pencarian melalui smartphone.        

Maka dari itu, kita harus memastikan konten yang kita buat  mobile-friendly  atau tidak. Kita harus membuat desain website yang responsif terhadap tampilan mobile . Untuk mengecek tingkat usability mobile website- mu, kamu bisa mengeceknya pada Mobile-Friendly Test milik Google.          

4. Kecepatan Website          

Kecepatan loading website juga menjadi faktor penting yang memengaruhi SEO rangking . Semakin cepat loading website-mu, maka makin berpotensi juga website-mu untuk mendapat peringkat tertinggi.        

Kecepatan website berkaitan dengan aspek user experience . Para pengguna akan merasa enggan jika kecepatan loading website-mu terlalu lama. Apabila loading website-mu terlalu lama, para pengguna akan meninggalkan website-mu dan menjadi malas untuk membuka website-mu lagi ke depannya. Untuk mengetahui performa suatu website, kamu bisa menggunakan tool PageSpeed Insight dari Google.          

Manfaat SEO          

Dengan memanfaatkan SEO kita bisa mendapat beberapa keuntungan tersendiri dalam banyak hal. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan melalui penerapan SEO.          

1. Meningkatkan Traffic        

Apabila website kita berada pada halaman utama hasil pencarian, maka website kita akan berpotensi dikunjungi oleh banyak orang. Hal itu tentu sangat menguntungkan, karena akan terjadi banyak interaksi yang dilakukan oleh pengunjung di dalam website kita.          

2. Meningkatkan Penjualan          

Kita sudah mengetahui bahwa traffic yang tinggi akan berpotensi menciptakan banyak interaksi pengunjung di dalam website . Maka apabila kamu menjual produk di website-mu, traffic yang tinggi dapat berpotensi meningkatkan penjualan produkmu. Sebab traffic yang tinggi membuat produkmu lebih banyak dilirik oleh para pengguna. Pastinya ada sebagian dari mereka yang tertarik pada produkmu apabila sesuai dengan ekspektasi mereka.          

3. Membangun Kredibilitas dan Popularitas          

Apabila website-mu mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian, maka banyak orang yang akan melihat nilai produk yang kamu jual. Jika nilai produk yang kamu tawarkan sangat baik di mata para pelanggan, maka produkmu akan direkomendasikan oleh mereka ke orang-orang lain yang belum mengenal produkmu. Dengan demikian terciptalah  word of mouth yang dapat membangun kredibilitas dan popularitas dari produkmu.        

Baca juga:  Apa itu White Hat SEO? Definisi, Manfaat, dan Tekniknya        

Dan itulah tadi penjelasan mengenai cara kerja SEO dalam menampilan hasil pencarian. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar dan mempraktikkan SEO secara langsung, Harisenin.com mengadakan  kelas digital marketing yang salah satu materinya akan mengupas tuntas seputar SEO.          


Ghulam Mannani

Ghulam Mannani