Bahasa:

Search

Apa itu White Hat SEO? Definisi, Manfaat, dan Tekniknya

  • Share this:
Apa itu White Hat SEO? Definisi, Manfaat, dan Tekniknya

Apabila Anda ingin membangun merek atau brand untuk perusahaan Anda secara online, maka white hat SEO adalah jawaban dari apa yang Anda butuhkan dalam membangun suatu merek atau brand bagi perusahaan anda.

Dengan menggunakan strategi white hat SEO adalah, situs web anda menjadi terlihat untuk kata kunci yang tepat untuk waktu yang lama, dan mendapatkan peringkat lebih tinggi pada halaman pencarian google. Itu sebabnya teknik white hat SEO penting untuk situs web anda.

Apa itu White Hat SEO ?

White hat SEO adalah strategi bermain aman untuk mendapatkan peringkat halaman yang lebih tinggi di mesin pencari. White hat SEO juga berfungsi agar konten yang kita buat lebih “dilirik” oleh mesin pencari. Maka dari itu white hat SEO berfokus pada konten. Ada istilah mengatakan bahwa “Content is King”

Pada dasarnya seberapa ramah konten tersebut untuk pengguna bergantung pada relevansinya. Apakah tersebut relevan dengan yang dicari user? Maka dari itu, ketika membuat konten harusah berisi informasi yang relevan dan lengkap, juga  memiliki manfaat untuk pengguna.

Dengan melakukan strategi white hat SEO, maka anda wajib membuat konten yang berkualitas sehingga orang-orang mau membaca, berinteraksi, dan membagikannya. 

Manfaat White Hat SEO

NqcnkUOEvafGGPozraUWeBJQq469DU3fo2jWg2N4Ky3vawJSiqGsDTeU5IsB5TlsT8Cu488EPTsreDUPuKxGu-fvvH8goAK0T-DGmpsVVY_T-EQEs5sSC4foiNcoka5DCNiPXowq

Manfaat dari penggunaan strategi white hat SEO bisa dirasakan baik dari yang punya website, maupun pembacanya. Bagi pemilik web, white hat SEO bisa menjadi jalan untuk naik di posisi atas dalam Search Engine Result Page (SERP). Untuk pengguna, mereka bisa menemukan konten yang berkualitas dan relevan dengan apa yang merka cari

Karena, ketika konten Anda bagus, banyak pengguna akan membagikan konten anda di berbagai platform media sosial yang berbeda dan itu akan memberikan peningkatan traffic yang sangat besar untuk situs web anda.

 Baca Juga :  Mengenal SEO Specialist sebagai Pekerjaan yang Menjanjikan

Teknik White Hat SEO

TOzgADy8iALyhZXTicnjnKAXJXKIQvb9pMZgSZFPvK1dB74zmG1tKOyTz_w1CLq057nR8fRsGvELjqc7iJn3HhB4MFlTrbkrX0CMIBgmTw-EONE6DTnQnoGs-AGkUe-ZhpsjVSho

1.Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas tinggi dapat menarik banyak pengunjung situs web untuk membaca konten di situs web Anda. Hal Ini juga akan memudahkan Anda untuk mengoptimalkan SEO dan meningkatkan skor situs Anda di mesin pencari.

Ada 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat konten berkualitas tinggi:

  • Tentukan topik konten.
  • Gunakan kata kunci yang tepat Buat judul konten yang menarik.
  • Buat konten yang menarik (memberikan perspektif baru, pengetahuan, konten yang bermanfaat dan menginspirasi).
  • Sertakan tautan yang relevan dan relevan dengan konten.

2. Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat untuk website Anda, pertama-tama Anda perlu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Dengan riset kata kunci, Anda juga dapat mengetahui kata atau frasa yang sering dicari pengunjung situs web Anda.

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan berbagai alat seperti  Ubersuggest, KWFinder, Wordtracker, Moz, atau Google Suggest.

3. Hati-Hati Dengan Meta Tag

Meta tag adalah strategi SEO yang membantu situs web muncul di halaman hasil pencarian. Meta tag memberitahu mesin pencari (Google) apa yang ada di situs Anda.

Ada beberapa jenis meta tag yang perlu Anda ketahui, antara lain judul meta (meta title), deskripsi meta (meta description), dan kata kunci atau meta keyword.

Apakah itu meta title? Met description? dan kata kunci atau keyword meta?

Baca juga : Ridhol Ikhwani : Dari Human Resources Menjadi SEO Specialist

4. Buat Backlink Berkualitas Tinggi

Halaman situs web dengan backlink berkualitas tinggi memiliki dampak besar pada peringkat di SERP. Karena Google akan menganggap situs Anda dapat dipercaya.

Mengomentari situs lain dengan meninggalkan alamat situs web Anda tidak lagi disarankan. Oleh karena itu, Anda dapat meminta situs web berkualitas untuk ditautkan ke situs Anda.

itu lebih baik dari melakukan spam link di dalam kolom komentar.

5. Kembangkan Situs web versi Seluler

Saat ini pengguna internet kebanyakan menggunakan smartphone untuk mengakses berbagai konten. Maka dari itu penting untuk membangun website yang mempunyai desiain yang responsif dan menu navigasi yang mudah untuk pembaca

Penting untuk diingat bahwa website yang baik adalah yang menyediakan konten berkualitas, dan juga menu yang responsif bagi pembaca. 

6. Perhatikan Kecepatan situs web

Agar website Anda berada pada posisi yang baik, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan (speed) website Anda. Kecepatan situs web biasanya ditunjukkan dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat situs web saat dikunjungi.

Ketika seseorang mengunjungi website Anda dengan waktu buka yang lama, pengunjung tersebut akan merasa tidak nyaman dan tidak akan betah berlama-lama di website Anda.

Google mengatakan bahwa 53% pengunjung situs meninggalkan situs yang memuat lebih dari tiga detik. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat situs web Anda? Periksa kecepatan situs web dengan 3 alat atau tools ini (Google PageSpeed. Insights, GTMetrix, atau Pingdom).

Setelah memeriksa kecepatan situs web Anda, alat ini akan memberitahu Anda beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda.

Nah itulah tadi definisi tentang SEO, beserta manfaat, dan teknik optimasinya. Semoga membantu yah.


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi