Bahasa:

Search

Apa Itu Financial Analyst? Profesi yang Menjajikan di 2022

  • Share this:
Apa Itu Financial Analyst? Profesi yang Menjajikan di 2022

Apa Itu Financial Analyst? Financial Analyst saat ini menjadi primadona pekerjaan di divisi keuangan. Sebuah lembaga keuangan baik yang negeri maupun swasta pastinya membutuhkan profesi tersebut. Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian saat ini menjadi pusat perhatian dari bidang akuntansi maupun keuangan.

Seorang financial analyst memprediksi kinerja investasi organisasi dengan mengumpulkan dan menilai data fiskal ekonomi dan industri. Karir ini menawarkan kemampuan untuk bekerja di berbagai industri yang berbeda dan memiliki potensi penghasilan yang tinggi. Mempelajari berbagai jenis analis keuangan adalah langkah pertama yang bagus dalam mengevaluasi apakah karier ini cocok untuk kamu. 

Financial Analyst pastinya punya unsur internal dan eksternal sendiri sehingga bisa menjadi hal yang patut bisa dipelajari. Namun, sebelum kamu mempelajari hal yang menganalisis keuangan. Berikut ini adalah serba - serbi mengenai financial analyst yang perlu kamu ketahui.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu analis keuangan, mempelajari apa yang mereka lakukan, dan mengeksplorasi berbagai jenis analis keuangan.

Apa Itu Financial Analyst (Analisis Keuangan)?

 

Apa Itu Financial Analyst
Source By : Unsplash

Lalu Apa Itu Financial Analyst? secara garis besar financial analyst atau analisis keuangan adalah seseorang yang berprofesi untuk memonitori dan mempelajari secara keseluruhan keuangan perusahaan dari awal hingga saat ini terjadi.

Dilansir oleh Wayup, analisis keuangan adalah seseorang yang membuat rekomendasi keputusan bisnis untuk sebuah organisasi.

Hal itu pastinya berdasarkan analisis terhadap beberapa faktor yang imbasnya besar terhadap perkembangan bisnis.

Aspek penting seperti tren pasar, status keuangan suatu perusahaan, dan hasil yang diperkirakan dari jenis transaksi tertentu adalah kudapan mereka setiap harinya.

Selain itu, analis keuangan harus menindak lanjuti kondisi ekonomi makro dan mikro untuk membuat prediksi mengenai perubahan pada tren bisnis, kekuatan finansial sebuah sektor, dan industri.

Pastinya Financial Analyst sangat diidamkan oleh banyak akuntan. Karena dengan mendapatkan profesi seperti ini. Kamu lebih leluasa dalam bekerja dan pastinya mendapatkan benefit yang menggiurkan.

Masih berkesinambungan dengan apa itu financial analyst. Profesi ini juga sangat berorientasi pada tujuan, dengan tujuan yang ingin dicapai adalah membantu bisnis, perusahaan dan individu mencapai tujuan tertentu.

Di satu sisi, analis keuangan juga memiliki peran sebagai akuntan, sebagian inspeksi, sebagian penasihat, dan juga sebagian lagi menjadi pengamat.

Seorang analis keuangan membuat rekomendasi bisnis untuk sebuah perusahaan sesuai dengan analisis mereka terhadap faktor-faktor seperti status keuangan perusahaan, tren pasar, dan hasil yang diprediksi dari jenis kesepakatan tertentu. Analis keuangan sering mahir menggunakan berbagai software untuk menganalisis informasi keuangan. 

Mereka juga membuat perkiraan, mengenali tren, dan membangun portofolio untuk klien. Analis keuangan biasanya memiliki gelar sarjana atau magister di bidang keuangan, bisnis, akuntansi, atau bidang terkait.

Baca Juga : Audit Sektor Publik: Pengertian, Karakteristik, dan Jenisnya

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Financial Analyst

Apa Itu Financial Analyst
Source By : Google Pictures

Pada saat ini skill yang pastinya dibutuhkan financial analyst bisa dikatakan beragam. Namun, Parkerlynch salah satu consultant di inggris mengenai financial merangkum 9 Skill yang dibutuhkan oleh seorang financial analyst.

  • Keahlian pemodelan analitis dan keuangan tingkat ahli
  • Mempunya Critical Thinking
  • Presentasi dan Public Speaking yang menarik
  • Kemampuan untuk bernegosiasi
  • Pengetahuan tentang sistem ERP dan teknologi terkait
  • Pemahaman yang kuat tentang Sarbanes-Oxley
  • Manajemen waktu dan kemampuan organisasi yang sangat baik
  • Multitasking
  • Bersedia bekerja berjam-jam, bila diperlukan

Tugas dan Tanggung Jawab Financial Analyst

Apa Itu Financial Analyst
Source By : Google Pictures

Analis keuangan memanfaatkan latar belakang akuntansi dan kepatuhan yang kuat untuk mengeksplorasi data keuangan historis, memprediksi hasil di masa depan, dan mendorong proses serta perbaikan kebijakan. Tanggung jawab sehari-hari untuk analis keuangan meliputi:

  • Menganalisis data dan kinerja keuangan saat ini dan masa lalu
  • Menyiapkan laporan dan proyeksi berdasarkan analisis ini
  • Mengevaluasi pengeluaran modal saat ini dan depresiasi
  • Menjajaki peluang investasi
  • Menetapkan dan mengevaluasi rencana laba
  • Mengidentifikasi tren kinerja keuangan dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan
  • Berkoordinasi dengan anggota tim keuangan lainnya untuk meninjau informasi dan perkiraan keuangan
  • Menyediakan model dan peramalan keuangan
  • Pekerjaan terkait: Analis keuangan senior, manajer analisis keuangan, manajer pelaporan keuangan, analisis investasi

Gaji yang didapatkan sebagai financial analyst

Source By : Google Pictures

Dilansir oleh indeed, Saat ini gaji yang diperoleh oleh seorang Financial analyst kisaran Rp 5,2 Juta - Rp 8 Juta untuk Fresh Graduate. Untuk jenjang karirnya sendiri pastinya akan terus berkembang dari pengalaman dan juga portofolio yang ada.

Pastinya untuk menjadi full timer financial analyst membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Sehingga kamu bisa lebih dalam menganalisis hasil laporan keuangan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Mengenal Analisis Rasio Keuangan: Definisi, Jenis, dan Manfaat

HMS Big 4 Firm Financial Analyst
Bagi kamu yang ingin menjadi seorang Financial Analyst yang pastinya berkompeten dan dapat bersaing tidak kalah dengan lulusan berkualitas lainnya. Kamu bisa mengeambil program kelas dari harisenin.com yaitu Harisenin Milenial School Big 4 Auditor Financial Analyst. Pada kelas ini kamu pastinya akan mempelajari prosedur yang dibangun untuk menjadi seorang financial analyst sampai kamu paham dan menguasai hal tersebut. Untuk lebih lengkapnya mengenai financial analyst kamu bisa cek di laman ini.


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi