Bahasa:

Search

Inilah 5 Tes Psikologi Online untuk Proses Rekrutmen Karyawan

  • Share this:
Inilah 5 Tes Psikologi Online untuk Proses Rekrutmen Karyawan

Risers kalian pernah nggak sih baca info lowongan kerja yang mensyaratkan harus percaya diri, mudah beradaptasi, atau memiliki leadership yang baik? Nah kira-kira cara para HR untuk dapat menilai kepribadian tersebut bagaimana ya? Nah, salah satu caranya adalah dengan tes psikologi. Artikel ini akan membahas tentang tes psikologi online yang wajib banget kamu tahu, terutama bagi kamu yang ingin berkarir di bidang Human Resources. Simak artikelnya sampai akhir ya!
 

Fungsi Tes Psikologi Untuk Proses Rekrutmen

-jhrLqEf9N8X4IchfKUbx4qrQ07wFaJF5F2QtumC6GDl6PCOnTXokr-Ha-zdHRVJ65lvqGSrbE_5i-Xf1OAqykU1SVWgQadwVIZOs5cB0oceapD8mN9ZuVpq_MXkHB4wpXf8RkYQs_QQTCJHjyLbUBc

 Source: paxels.com

 

Selain proses screening CV dan wawancara, tes psikologi juga memiliki peran penting dalam pencarian karyawan baru. Tes psikologi akan menilai bagaimana kepribadian seorang kandidat, baik dari sikap, tindakan, minat, dan sebagainya. Selain itu, berikut adalah 3 fungsi tes psikologi lainnya dalam proses rekrutmen.


 

1. Memperoleh Data dan Bukti Kepribadian Kandidat

 

Dengan dilakukan tes psikologi, seorang HR dapat memperoleh data hasil kepribadian terbaru dari seorang kandidat. Dari data tersebut, HR dapat mengetahui kepribadian kandidat secara mendalam dan lebih akurat.


 

2. Menilai Kecocokan Kepribadian Kandidat Dengan Posisi yang Dipilih
 

Hasil yang keluar dari setiap tes psikologi akan menerjemahkan kepribadian dari sosok pribadi pelamar. Hal ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi seorang human resources untuk menilai apakah kandidat cocok dengan role/job yang dilamar.


 

3. Sebagai dasar keputusan penerimaan karyawan
 

Sesuai dengan dua fungsi sebelumnya, hasil dari tes psikologi dapat menjadi dasar apakah kandidat diterima atau tidak. Hasil dari tes psikologi akan menjadi bahan HR dalam berdiskusi dengan user dan pimpinan perusahaan. Tes psikologi juga membantu meyakinkan apakah kandidat benar-benar cocok dengan role dan lingkungan perusahaan.


 

5 Rekomendasi Tes Psikologi Online

Xemh4h1adNSPJet_Ta118bHHS8-4t8QJedjk0zyWHq2UFChAr-xEQykLtl3eg53n7NElbLQwMyL0dQ21jWSQkg54_A2HM1XWDt9prZgcVUnpzucwQRAUlNwXTytR-0_JbwIiA4MPoSw48WTYb-7VezU

Source: paxels.com


 

Apakah kamu sudah tau bahwa tes psikologi ada yang bisa dilakukan online? Sejak pandemi COVID-19, proses rekrutmen karyawan menjadi tantangan baru dan dinilai susah-susah gampang karena ada himbauan untuk melakukan kegiatan di rumah saja.

 

Tes psikologi online ini ternyata sudah dipakai oleh banyak recruiters loh. Dan jangan salah, walaupun dilakukan secara online tes ini tentunya dapat menilai kepribadian calon karyawan secara akurat. Selain itu, tes secara online dinilai lebih hemat waktu dan biaya dalam proses rekrutmen.
 

Terdapat ratusan tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses pencarian karyawan baru. Nah, berikut merupakan 5 rekomendasi tes psikologi online yang dapat menjadi referensi ketika melakukan rekrutmen.

 

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

 

MBTI adalah tes kepribadian tentang preferensi seseorang pada empat aspek yang berbeda, yaitu Introvert (I) – Ekstrovert (E), Sensing (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), Judging (J) – Perceiving (P). Dari empat aspek tersebut akan disimpulkan berdasarkan 16 tipe kepribadian menurut MTBI. Tes ini sering digunakan untuk mengetahui apakah kandidat cocok dengan budaya perusahaan dan rekan kerja dalam satu tim.


 

DISC

 

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan tes ini. DISC adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Hasil tes ini akan menentukan kepribadian kandidat sesuai dengan perilaku sehari-hari. 


 

Sokanu

 

Tes psikologi online yang dapat kamu coba adalah tes sokanu. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan tes ini loh. Sokanu dapat membantu HR dalam menilai calon karyawan sesuai kepribadian, latar belakang, minat dan juga keterampilan.


OCEAN (Big Five Personality Models)

 

OCEAN termasuk tes yang famous selain 3 tes sebelumnya. Tes psikologi online ini dapat mengukur prosentase dari lima personality terkuat seseorang yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Natural Reactions.

 

Keirsey Temperament Sorter

 

Last but not least, KTS merupakan tes yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri maupun orang lain. Melalui tes kepribadian ini, maka perusahaan dapat mengetahui cara kandidat berkomunikasi, respon tindakan yang diambil kandidat, serta bakat dan nilai dari kandidat.

 

Selain 5 tes yang sering digunakan diatas, masih banyak tes psikologi online lain yang bisa digunakan para HR dalam menyaring pelamar sehingga bisa mendapatkan karyawan baru sesuai dengan requirement.

 

Seorang recruiters juga dapat melakukan tes psikologi online dengan memberikan open ended questions atau pertanyaan terbuka. Dengan begitu, recruiters dapat menilai bagaimana cara berpikir seorang kandidat dari jawaban yang dilontarkan.

 

Kesimpulan

Wah menarik banget kan Risers, itu dia 5 tes psikologi online yang sering digunakan recruiters dalam membantu proses perekrutan karyawan. Dengan dilakukan tes tersebut, diharapkan seorang HR dapat memilih kandidat yang tepat sesuai dengan role pekerjaan dan value suatu perusahaan walaupun proses rekrutmen dilakukan secara online.


Untuk kamu yang tertarik untuk berkarir di dunia Human Resources, kamu tidak perlu bingung lagi mencari pelatihan khusus HR. Kamu bisa mengikuti Human Resources Bootcamp dari Harisenin.com. Bersama dengan mentor yang berpengalaman dan materi yang disusun berdasarkan kurikulum industri terbaru. Untuk informasi lebih lanjut, yuk kepoin website dan sosial media Harisenin.com ya


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi