Bahasa:

Search

5 Tempat Belajar Digital marketing Gratis Untuk Pemula

  • Share this:
5 Tempat Belajar Digital marketing Gratis Untuk Pemula

Apakah kamu tahu kalau kamu bisa belajar digital marketing secara gratis? Yap, belajar digital marketing tak harus melalui berbagai kursus yang mahal, kamu pun bisa mempelajarinya secara cuma-cuma.    

Seperti yang kita tahu, jika  digital marketing saat ini adalah pekerjaan yang banyak dibutuhkan tenaganya. Apalagi, dengan banyak bisnis yang mengubah atau menambah metode penjualannya dari  offline ke online .    

Perubahan ini membutuhkan pola marketing yang berbeda. Maka dari itu, peran digital marketer amatlah penting. Digital marketing mudahnya adalah kegiatan memasarkan produk lewat dunia digital. Itu bisa lewat internet, sosial media, email, hingga marketplace.    

Sayangnya, saat ini belum ada universitas yang membuka jurusan digital marketing secara langsung. Maka, umumnya orang mempelajari topik ini lewat jalur otodidak atau mengikuti kursus dan bootcamp.    

Jika kamu ingin mempelajari digital marketing, umumnya ada dua jalur yang bisa kamu tempuh. Pertama adalah belajar secara mandiri, atau mengikuti kelas berbayar.    

Untuk kamu yang ingin mempelajari digital marketing secara mandiri, ada beberapa kursus gratis, tanpa biaya yang bisa kamu ikuti. Beberapa diantaranya bahkan ada yang mendapat sertifikat, jika kamu berhasil menyelesaikan kelasnya.    

Di artikel kali ini Harisenin akan memberikan rekomendasi pada kamu 5 tempat belajar digital marketing gratis yang bisa kamu ikut. Yuk simak daftarnya.    

1. Fundamentals Digital Marketing    

9MSEOCZq8jNZWP2_stm8j-oJAY81yZ3EqcgVltBEcLP_0AbhDvWgWf7CU0ygkQ2qK38eOK4v9k7P5gq-ovHpBLqLPnQFfIe8sAduNQSLqgQVTxbAPz7ux7bcZxWqdLb7MYbq0_nxr0LsQsVV9ht7P90
Logo Google DIgital Garage

    

Tempat belajar digital marketing gratis pertama datang dari google yang pertama datang dari google, tepatnya lewat Google Digital Garage . Google Digital Garage merupakan paltform pembelajaran  online gratis yang disediakan langsung oleh google.    

Ada tiga topik utama yang bisa kamu pelajari disini, yaitLu  digital marketing , pengembangan karir dan juga data. Kursus-kursus ini ditujukan untuk beragam kalangan, dari jobseeker, owner bisnis, mahasiswa, sampai orang yang memang pengin belajar  digital marketing atau basic coding.    

Salah satu kursusnya adalah fundamentals  digital marketing. Dengan mengikuti kursus ini, kamu akan dapat ilmu dasar dari aktivitas pemasaran digital, meliputi keuntungan yang di dapat, beragam salurannya, hingga cara memaksimalkan penjualan lewat internet sampai sosial media.    

Ada 26 modul yang perlu kamu pelajari kursus ini. Setiap modul menghabiskan waktu sekitar 25-30 menit, dengan total 40 jam untuk menyelesaikan semua modul. Setelah semua modul selesai google akan menguji pengetahuan yang kamu dapat.    

Jika kamu berhasil melewati ambang batas, kamu akan mendapat sertifikat  digital marketing di akhir. Menarik, bukan?     

2. Hubspot Academy    

WEwIDIAoFFeQa8MNVn-RvwiLuPhtQ57NofTGLD5qifpgcdiSYS2yZ-7tFrr63NzlL4LQsAxvV2lHcm8VXOPyDBi_wrDBDRsOwZWFPmvw9kS4FyyIs2KM5SIfg2BnZIUwVm7R_j8jqdfp9Qs-UN246k4
Logo Hubspot Academy

Selain di google, kamu juga bisa belajar  digital marketing gratis di  Hubspot Academy. Di Hubspot Academy kamu akan banyak menemukan pelatihan  online gratis yang berhubungan dengan  marketing, seperti  inbound marketingsales, hingga customer service . Pembelajarannya pun beragam, dari mulai kelas singkat hingga yang lebih kompleks dan mendapat sertifikasi.    

Durasinya pun beragam, ada yang singkat, kurang dari 30 menit, hingga yang lebih dari 3 jam. Untuk topik marketing sendiri banyak bisa kamu pelajari di Hubspot Academy.    

Diantaranya ada inbound marketing, content marketing, sosial media marketing, hingga ke topik yang lebih umum seperti digital marketing . Beberapa pembelajaran bahkan ada yang mendapat sertifikat.    

Bila kamu menyelesaikan semua modul, dan berhasil melewati batas minimal dalam ujiannya, kamu akan mendapatkan sertifikat. Tentu, sertifikat ini bisa kamu taruh di linkedin, loh.    

Semua kursus di Hubspot Academy gratis, alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Untuk selengkapnya kamu bisa mengunjunginya langsung di  academy.hubspot.com     

Baca juga : Putri Aisha : Belajar  Digital marketing Online dengan Mudah Bersama Harisenin.com    

3. Semrush Academy    

AUEnBOwV_-UBsVoX8oAueosZfEBUmTCtTBdDiIqFF5ndSc-XLYhKjCpWcd3EbB49rKcP9PhSUHPJUv4XwCWWdocX8OrFdGzLNUswx3wca8fbsSa0QhpVRTpyCXTO0BZ3i30xieCSSF8pFx60yXml3Qk
Logo Semrush Academy

    

Yang ketiga adalah Semrush Academy . Semrush academy ini lebih khusus untuk belajar Search Engine Optimization (SEO) ya teman-teman. Jadi, digital marketing sendiri punya beberapa  channel untuk melakukan  campaign nya, dari mulai social media, marketplace, KOL, hingga lewat mesin pencari.    

Upaya untuk memaksimalkan website agar mendapat posisi atas di  search engine, google misalnya, disebut dengan SEO. Meski begitu, di Semrush Academy juga terdapat kursus-kursus lain seperti Sosial Media Marketing (SEM), dan juga content marketing.    

Semua kursus di Semrush Academy ini gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Durasi kursusnya pun beragam, dari mulai satu jam hingga 4 jam. Beberapa kursus bahkan ada yang mendapat sertifikat.    

4. Free Digital Marketing Basic Course    

z2lR2ko3bv1oxFrBof7oMtPcmNEkrf_FTXcR5nlTK39ct-9ShirRhBFvtWo5dDFy9YYAhYLZEW7kA_jfvBLBtVv_YZiRaxpnFKWYVzpqvy34Cf0W_HZq-0PjNm77K2uOS_k1UD0EqHYHpUyLadjDtn0
Logo Udem

    

Selain tiga kursus gratis sebelumnya, kamu juga bisa belajar digital marketing di Udemy . Udemy merupakan platform kursus online masif, yang memberikan pembelajaran, baik gratis maupun berbayar di beragam topik.    

Untuk kursus gratis digital marketing sendiri salah satunya disediakan oleh Digital Scholar, sebuah institut  digital marketing yang berasa dari Chennai, India.    

Ada 22 pelajaran dalam kursus ini, dengan total durasi 5 jam 45 menit. Topik yang dipelajari dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah pengenalan terhadap digital marketing, meliputi apa itu digital marketing, sertai skill yang harus dikuasai untuk menjadi digital marketer.    

Bagian kedua berisi saluran-saluran yang digunakan dalam digital marketing, seperti SEO, SEM, hingga email marketing.    

Bagian ketiga berisi praktik-praktik teknis dalam digital marketing, seperti cara menjalankan ads di google, bagaimana mendapatkan banyak follower di instagram dll.    

Baca juga :  7 Most Asked Questions Tentang Digital marketing !    

5. Harisenin Mini Course    

u1fMJCuLkIdPl8c-w8shvtxtDAOcyi-ExYxG3ptApCpGoZEzMA8wMb_beDKvVw8AbdK0IsReDOZ3ioiQItt28l5WCX8cyGuX9nJcQLIHQg-PsH8UQK7tSJ5wB_NXa-cr7b7om_pSSASpI9UPtItfP1E    

Kursus terakhir buat kamu yang ingin belajar  digital marketing adalah Harisenin Mini School. Selain kursus, di acara ini kamu juga bakal mendapat sertifikat, networking, live Q&A, career coaching, serta dapet project yang bisa kamu gunakan buat nambah portofoliomu.    

Dan juga, Harisenin Mini School diadaian tiap bulan lho. Jadi buat kamu yang memang tertarik buat belajar  digital marketing gratis, yuk langsung cuss aja daftar. Oh ya, buat kamu yang pengin tahu jadwalnya pantengin aja ig Harisenin yah.     

So, itulah tadi 5 kursus gratis buat kamu yang pengen belajar  digital marketing. Gak ada salahnya ikut kursus gratis, asalkan kamu dapat pengetahun yang nantinya berguna buat masa depanmu nanti. Semoga membantu yah.    

Baca juga : 5 Fungsi Email Marketing untuk Bisnis dan Brand    

 


 


Putra Pertama

Putra Pertama