Bahasa:

Search

Strategi Digital Marketing Paling Efektif Tahun 2023 Yang Wajib Kamu Ketahui

  • Share this:
Strategi Digital Marketing Paling Efektif Tahun 2023 Yang Wajib Kamu Ketahui

Dewasa ini, banyak perusahaan besar maupun UMKM yang mulai menggunakan Digital Marketing untuk melancarkan usaha dan strategi mereka.

Tidak heran, dunia yang serba teknologi saat ini memudahkan semua orang untuk mengakses sebuah produk/jasa lewat ujung jempol mereka.     

Nahkarena itu  Digital Marketing  menjadi tombak utama untuk memasarkan produk/jasa suatu bisnis di dunia digital.     

Namun, bagaimana agar strategi  Digital Marketing  itu dapat efektif? Caranya menggunakan sebuah strategi  yang memanfaatkan sumber daya yang ada.     

Kali ini Harisenin akan memberikan kamu deretan strategi  Digital Marketing terbaik yang wajib kamu tau untuk mengembangkan  skill kamu atau mengembangkan bisnis yang kamu miliki.     

Apa itu strategi Digital Marketing?     

Strategi  Digital Marketing  adalah sebuah gambaran rencana tentang bagaimana bisnis kamu akan mencapai target market lewat channel online seperti, target followers pada social media.     

Terdapat banyak sekali strategi Digital Marketing. Namun, kamu perlu tau strategi mana yang paling tepat untuk mencapai target yang kamu mau.      

Bagaimana membuat strategi Digital Marketing yang baik? 

DN74FlUEyK1ffnvWoAhy8t4Sw_DqkzkHs53i4YNMSfM17yHGK2SNzltU2dkAiexQvRyHgwRwhqvX23oLdbEdJRFbSZfPes8mOi-Xc5588JlT3Axn3RTZ26z3Fp8so0VsjxO9mcLSWihoP7li2kibYXQHaTu_ii1zdpWmlssGlQhqFB5qqy4e5HHhTQ

Melansir dari Webfx, terdapat beberapa langkah agar kamu dapat membuat strategi Digital Marketing yang baik:     

  • Ketahui brand kamu dengan baik, pikirkan tentang  Unique Selling Point (USP), Brand Voice  dan  Value Proposition.  Hal ini agar kamu dapat merancang dengan baik iklan atau konten yang kamu buat.     
  • Target market, tentukan siapa orang yang ingin kamu target, seperti apa dirinya, bagaimana pekerjaan atau statusnya, tinggal dimana, motivasi mereka dst.      
  • Buat target yang  SMART , maksud  SMART  adalah  Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-Bound  untuk membantu kamu membuat strategi jangka panjang atau pendek.     
  • Pilih strategi marketing terbaik, pilih strategi terbaik untuk bisnis kamu. Fokus pada apa sih yang membuat produk/jasa kamu bernilai sehingga orang mau membelinya.     
  • Budget , buat budget yang realistis melalui riset. Jangan sampai terlalu banyak  budget pada marketing sehingga melupakan hal yang lain.     
  • Brainstorming , pikirkan dengan baik dan kritis strategi apa yang akan membuat rencana marketing kamu berhasil. Jika kamu membuat konten, maka buat jadwal yang jelas.     
  • Eksekusi, ikut rencana yang telah kamu buat. Pastikan juga setiap iklan atau konten yang kamu buat mudah dilacak informasinya dan gunakan itu untuk evaluasi.     
  • Evaluasi, setelah melakukan monitor dan mengukur performa iklanmu. Evaluasi apa saja yang perlu diperbaiki, apakah iklan kamu memiliki performa bagus atau tidak. 

Dengan langkah yang telah dirangkum Harisenin, semoga kamu sudah bisa melakukan dan mengambil langkah awal dalam membuat strategi  Digital Marketing  yang baik.      

Seberapa penting menggunakan strategi Digital Marketing? 

eQJHywIb0nZaS3WS-teDECELS7GTl9-cCo8qUl99E2FGpL570D4-SsHvOg994BVAxtW3_B_ujUEzUGP79bE8sI0DPdJ9_FVrqqjABBm7LZflxYFbXvRCMWJOipylq5LJynIYrigDeYFn8hsv6cVX2SAPrfE6M8HCJqSbfET_rBPL9YbGfqoxjwPIaQ
ilustrasi membuat strategi Digital Marketing/unsplash.com     

Di zaman yang sudah mengandalkan teknologi ini, tentu sangat penting untuk menggunakan Digital Marketing sebagai cara melakukan pemasaran.      

Strategi  Digital Marketing  yang baik wajib untuk kamu tau agar dapat menang di antara banyak bisnis yang menggunakan ruang digital sebagai tempat pemasaran mereka.     

Karena itu, Risers wajib tau nih soal strategi  Digital Marketing  yang baik dan strategi mana aja yang cocok untuk kamu pakai di bisnis kamu. Sebagai contoh, jika kamu memiliki target anak muda yang energik, social media adalah strategi  Digital Marketing  terbaik karena memiliki audience anak muda.     

Bagaimana jika orang tua? Facebook dan WhatsApp adalah tempat terbaik karena memiliki audience yang kebanyakan bapak-bapak atau ibu-ibu.      

Karena itu, kamu wajib sekali untuk memahami brand kamu dahulu sebelum melakukan strategi  Digital Marketing. Dengan begini, kamu dapat langsung menerapkan strategi  Digital Marketing terbaik yang ada.     

Jika kamu sudah tau secara detail tentang brand kamu, modal kamu untuk  Digital Marketing , ide yang ingin kamu berikan dan seterusnya. Maka kamu dapat menggunakan strategi Digital Marketing  terbaik yang telah Harisenin rangkum berikut ini:     
 

SEO 

-1owsKYs7QJgny_Muu7ZO1aS0hBkwgq-6olhS94cRdtpF_o1opSpXRJNMHA3QO0-0cDq5sgc5q_KmnWnwFLkq2it7wZBTq9IOgd1ZTPlSvVb3GH3xPm3BdBKz0UoVSFID7TwRjNYWLOCL3BdoR2OlG4F1ReEm35AyTC-QWMGkLZ-cI1CtITPdqKWPQ
ilustrasi SEO/unsplash.com     

SEO atau  Search Engine Optimization  adalah sebuah strategi  Digital Marketing  yang sangat efektif saat ini. Bagaimana tidak, SEO memanfaatkan mesin pencari seperti Google untuk mendatangkan traffic ke website milikmu.     

Terdapat milyaran orang yang membuka mesin pencari dan mengetikan kata kunci untuk mencari sesuatu. Karena itu, kamu harus tau kata kunci apa yang mungkin target market kamu cari agar dapat langsung melihat produk/jasa milikmu.     

Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk menambah traffic dari website yang kamu miliki. Dengan memanfaatkan kata kunci sesuai target market kamu. Dengan SEO website kamu dapat menjadi peringkat pertama di mesin pencari.     

Strategi Digital Marketing SEO bersifat gratis. Sehingga, kamu tidak perlu melakukan budgeting pada strategi ini.      

Kamu hanya perlu fokus dalam membuat konten artikel ramah SEO, membuat website yang baik sehingga pengunjung betah, memberikan informasi atau edukasi yang dibutuhkan dan sejenisnya.      

Strategi  Digital Marketing  ini sangat efektif dalam jangka panjang. Bisa dibilang SEO adalah investasi di masa depan.     

Baca juga:  Rekomendasi 5 SEO Tools Gratis Milik Google        

SEM     

u5vT0954TnVehjb46RXeqKLUXJXIVUCTRXhR-fjHXCY9nTjZ5vFO6-lJntfaYPzc9sQJmnlR5-tM0G-wQIBJ2C_ALByJoA-HPLLOkcWwLN3o1wLhPVifiSQ3v_p8S1RlWu8D2iIRWAqkzE6xFHrtFwdiLMx6kHZ2WlYBB8LTq6HtY_mK6513oK-geA
ilustrasi SEM/unsplash.com     

SEM atau  Search Engine Marketing  merupakan strategi  Digital Marketing  yang mirip dengan SEO. Bedanya, jika SEO bersifat gratis. Maka SEM bersifat berbayar.  

SEM biasanya menggunakan Google Ads untuk mengiklankan website milik kamu di mesin pencari mereka. Hal yang perlu kamu tahu adalah SEM memiliki sistem PPC.     

PPC atau  Pay per Click  adalah sistem dimana kamu harus membayar biaya iklan apabila ada orang yang melakukan klik pada iklan yang kamu buat.  Nahsifat dari pembayaran ini adalah lelang. Sehingga, jika kamu memilih pembayaran yang besar untuk SEM maka semakin besar pula kesempatan kamu memiliki peringkat pertama di iklan pada mesin pencari.     

Contoh jika PPC yang kamu atur adalah Rp.1.000 per klik. Sedangkan, website lain hanya membayar Rp.500 per klik. Karena kamu membayar lebih besar pada setiap kliknya, maka website kamu akan muncul pada mesin pencari di halaman pertama.     

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kata kunci, persaingan pada kata kunci itu, berapa biaya beriklan, volume pencarian dan sejenisnya.      

SEM sangat cocok untuk Risers yang memiliki bisnis dengan  budget marketing  berlebih. Namun, jika memiliki budget terbatas strategi  Digital Marketing  ini sangat tidak disarankan.     

Email Marketing     

PEAFjKM6A2-hPh4VOXSMWtKpjmqccjqqKrZYkx8NalFBuBZe4uAKBuUL6QwvTFQ9rNPN55UnomJN8YSS02lMiyyj8COtryyGpxNpUiC0mmsudyngmOnikhuiKIgsjN81JWVPPqQim8lbgyuGS17xDVfWUSLwJioidNVTlJsPA4c9Uzq_V_nSjalRHA
Ilustrasi Email Marketig/unsplash.com

Email marketing  sendiri adalah strategi  Digital Marketing  yang berfokus dalam menjaga pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk/jasa milikmu. Strategi ini sangat baik untuk menciptakan brand awareness, membuat bisnis kamu semakin diingat dan menstimulasi konsumen untuk menggunakan lagi produk/jasa milikmu.      

Email marketing  tidak hanya berguna untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen, tapi juga untuk memberikan informasi terkait dengan bisnis yang kamu miliki seperti, promosi, produk baru, ada diskon menarik dan sebagainya. 

Meskipun orang-orang mungkin tidak butuh dengan jasa/produk kamu saat ini. Kegunaan email marketing adalah untuk mengingatkan konsumen tentang brand kamu jika ingin melakukan pembelian.     

Selain itu, kamu juga dapat melakukan segmentasi pada audiens kamu dan melakukan personalisasi email marketing milikmu. Jadi, kamu dapat secara spesifik melakukan email marketing pada konsumen/pelanggan mengenai apa yang mereka butuhkan.     

Tujuan utama dari  email marketing  adalah agar brand milikmu dapat terus diingat oleh orang-orang. Strategi  Digital Marketing  ini sangat baik karena akan menciptakan  awareness  yang besar bagi bisnis milikmu.     

Tentunya, kamu harus membuat email marketing dengan baik seperti memberikan informasi yang mereka butuhkan, kupon diskon, informasi yang terkait dengan bisnismu dan sejenisnya.     

Content Marketing

Content marketing  mungkin menjadi strategi Digital Marketing yang paling diperlukan di dunia digital. Nantinya, kamu akan mencari pelanggan/konsumen baru, berinteraksi dengan mereka dan menjaga hubungan dengan mereka lewat konten yang kamu buat.     

Jadi,  content marketing  di sini tidak hanya dibuat untuk menjual produk saja. Tapi juga berguna untuk menjaga hubungan yang bersifat personal dengan pelanggan/konsumen.     

Content marketing  bisa kamu buat dalam berbagai bentuk seperti, video, blog, infografis, carousel dan sejenisnya. Contohnya, Harisenin memiliki bisnis yang bergerak pada bidang pendidikan digital. Karena itu, Harisenin membuat konten yang berkaitan dengan pendidikan digital seperti, cara membuat content writing yang baik dan menarik.     

Karena content marketing bisa dalam bentuk apapun, kamu wajib untuk membuat konten tersebut relevan dan bermanfaat untuk audience. Setidaknya buat konten yang asli dan menarik sehingga akan dibagikan orang-orang.     

Dilansir dari webfx, tujuan utama dari content marketing adalah untuk memberikan informasi bermanfaat pada audience, meningkatkan traffic, dan membuat konversi. Dari sisi teknis, jika bicara SEO, maka  content marketing  berfokus pada optimasi konten yang kamu buat agar dapat bersaing di halaman pertama mesin pencari.     

Social Media Marketing     


Sesuai namanya,  social media marketing  adalah strategi  Digital Marketing  yang menggunakan sosial media sebagai medium utama dan berfokus untuk menciptakan  awareness  dan konversi.      

Karena menggunakan sosial media dalam strategi marketing, maka kamu wajib untuk memperhatikan social media mana yang kira-kira digunakan oleh target market kamu.     

Terdapat beberapa social media yang sering dipakai banyak orang seperti, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan masih banyak lagi.     

Tentunya, kamu juga harus membuat konten yang relevan dengan social media yang kamu pakai. Contohnya, buatlah iklan berupa video pendek di TikTok daripada potongan gambar, yang akan lebih cocok di Instagram.     

Tujuan utama dari penggunaan social media sebagai strategi Digital Marketing adalah untuk menciptakan  brand awareness customer service  dan menjaga reputasi bisnis milikmu.     

Selain itu, pada social media kamu juga dapat membuat konten-konten menarik untuk menjalin hubungan dengan audience seperti, membuat konten challenge, video yang  entertaining giveaway carousel  dan sebagainya.     

Perlu kamu tau, hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan social media dengan berbagai tujuan seperti, berhubungan dengan sahabat atau keluarga, melakukan riset sebelum membeli, menjadikan social media sebagai penghubung  customer service  suatu perusahaan.     

Karena itu, manfaatkan perilaku audience yang menggunakan social media agar strategi  Digital Marketing  menjadi sangat efektif.     

Influencer Marketing     

HVnZm_2_xcn2Mu7t1q4CI7RP6QgER_Lhcb3BMuWFySRjr85epitpELweeWWhBVQcVFIL5mfbLC-3bYdTf9nR3ekc1E0uBZMU15M5uv8mz54Lp9qneu5LVdQOo1aZGvmfGqKN7YnV6-U6-X2Z1K-xvY-lR8mRQG-ddoYzAHi-GgyAbdoxRMJoVN_Qrw
ilustrasi influencer marketing/unsplash.com     

Strategi Digital Marketing yang terakhir adalah  influencer marketing. Mungkin Risers lebih mengenalstrategi ini dengan sebutan KOL ( Key Opinion Leader).    

Pada dasarnya  influencer marketing  cukup mudah, kamu hanya perlu membayar seseorang yang memiliki pengaruh di dunia maya untuk mempromosikan produk/jasa yang kamu punya.     

Tujuan utama dari  Influencer marketing  adalah untuk menciptakan  brand awareness  dan yang paling utama adalah konversi. Penggunaan seorang influencer akan sangat efektif untuk menciptakan konversi karena pengikut mereka akan mengikuti apa yang influencer tersebut lakukan.     

Contoh,  Bytedance  saat mempromosikan TikTok membayar banyak influencer untuk mempromosikan aplikasi mereka. Terbukti, hingga hari ini TikTok terus tumbuh menjadi social media terbesar menyaingi Facebook dan Instagram.     

Sayangnya, jika kamu memiliki budget yang sedikit kamu tidak dapat membayar influencer yang memiliki pengaruh besar karena bayaran mereka yang sangat mahal. Namun, kamu dapat menggunakan influencer kecil dengan sedikit followers.     

Bayaran pada influencer kecil atau micro influencer biasanya sangat murah atau bahkan gratis. Meskipun begitu, pengikut mereka biasanya setia dan lebih spesifik dengan target market kamu.     

Hal inilah yang membuat banyak bisnis atau perusahaan besar menggunakan influencer dalam mempromosikan produk mereka. Meskipun mahal, influencer terbukti memberikan konversi yang sangat besar bagi sebuah bisnis.     

Strategi  Digital Marketing  bersifat fleksibel dan tidak kaku. Risers harus tahu strategi terbaik apa yang cocok digunakan pada bisnis atau pribadi. Lakukan  budgeting  yang tepat sehingga marketing dapat berjalan dengan efektif.     

Nah, mungkin kamu sudah dapat memahami strategi Digital Marketing terbaik yang akan kamu gunakan di bisnis milikmu. Coba lakukan  trial and error  serta bereksperimen pada setiap strategi.     

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui strategi mana yang paling efektif untuk bisnis yang kamu miliki.     

Semangat!!     

Baca juga:  5 Tempat Belajar Digital marketing Gratis Untuk Pemula        


Rizki Ali Akbar

Rizki Ali Akbar