Bahasa:

Search

10 Situs Cek Grammar Bahasa Inggris Gratis, Wajib Dicoba!

  • Share this:
10 Situs Cek Grammar Bahasa Inggris Gratis, Wajib Dicoba!

Bagi sebagian orang, hal tersulit dari belajar bahasa Inggris adalah menyusun grammar. Meskipun masih menggunakan bantuan Google Translate, terkadang kita masih ragu apakah kalimat tersebut sudah benar atau belum. Untuk memastikan bahwa grammar sudah tepat, kamu bisa cek grammar bahasa Inggris di situs yang bisa kamu gunakan secara gratis berikut ini.

Apa itu grammar? Grammar dalam bahasa Indonesia adalah tata bahasa. Secara luas, grammar adalah struktur penyusun kalimat yang akan membuat kalimat menjadi sempurna. Dalam Bahasa Indonesia, kita lebih mengenalnya dengan SPOK (subjek, predikat, objek, keterangan). Nah, berikut ini adalah 10 situs cek grammar bahasa Inggris yang gratis dan wajib kamu coba

Baca juga: Apa Itu Technical Skill? Pengertian dan Cara Meningkatkanya

10 Situs Cek Grammar Bahasa Inggris    

Simak rekomendasi 10 situs cek grammar bahasa Inggris yang gratis dan mudah diakses berikut ini.

1. Grammarly    

Cek Grammar
source: grammarly.com

Kalau kamu sering nonton YouTube, pasti sering menonton iklan aplikasi yang satu ini. Yap, Grammarly merupakan situs cek grammar bahasa Inggris yang dapat diakses secara gratis dan aksesibel karena kamu dapat menyambungkannya sebagai extension di Chrome.

Tujuannya adalah agar kamu dapat memperbaiki tata bahasa, kalimat dan sintaksis dari tulisan kamu secara mudah. Grammarly akan mendeteksi kesalahan dalam tata bahasa dan ejaan yang kemudian membantu kamu untuk memperbaikinya. Kamu juga akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap jika berlangganan ke premium.

2. Ginger Grammar Check    

Situs kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengecek grammar adalah Ginger Grammar Check. Di situs ini kamu bisa memeriksa kesalahan dalam dokumen bahasa Inggris yang sedang dikerjakan.

Fitur yang tersedia di Ginger Grammar Check adalah Sentence Rephraser yang berfungsi mengubah kalimat secara lebih jelas dan rapi. Di sini kamu juga bisa menemukan fitur text to speech yang dapat membantu kamu mengucapkan kosa kata dalam bahasa Inggris dengan benar.

Ginger Grammar Check juga menyediakan banyak fitur lainnya yang dapat digunakan secara gratis dan berbayar. Kamu juga dapat menggunakan extension untuk memudahkan penggunaan untuk sehari-hari.

3. EasyBib    

Selanjutnya ada situs EasyBib yang memiliki tiga fitur dengan fitur utama yaitu grammar checker. EasyBib dapat kamu akses secara gratis. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyalin dan menempel hasil tulisan kamu di situs EasyBib, dan dengan hitungan detik kamu sudah mendapatkan hasilnya.

Kamu juga bisa mengunduh berkas tulisan yang sudah ada di Drive atau yang terdapat di perangkat kamu. Tidak hanya cek grammar bahasa Inggris, EasyBib juga menyediakan fitur expert check untuk bahasa Inggris tingkat lanjutan dan cek plagiarisme.

4. Hemingway Editor    

Hemingway Editor
source: hemingwayapp.com

Situs yang keempat ada Hemingway Editor. Untuk kalian pecinta sastra Inggris, pasti sudah tidak asing dengan nama Hemingway. Ernest Hemingway adalah seorang penulis yang telah menciptakan karya sastra terkenal.

Meskipun aplikasi ini bukan milik Hemingway sendiri, namun developer terinspirasi dari gaya menulisnya yang singkat dan efektif. Situs Hemingway Editor ini sama seperti situs cek grammar lainnya, yang membedakan adalah situs ini dapat membantu kita dalam menyalurkan ide ke dalam struktur kalimat yang singkat.

5. After the Deadline    

After the Deadline merupakan situs cek grammar yang dapat kamu gunakan sebagai plugin pada WordPress. Tools ini dapat mengecek grammar secara langsung dan memudahkan kamu untuk menyunting tulisan.

Fitur yang ditawarkan oleh tools ini adalah pengecekan ejaan, pengkoreksian tingkat lanjut, dan pengecekan tata bahasa. Situs ini bisa kamu akses secara gratis dan dipasang sebagai ekstensi pada Chrome.

6. NounPlus    

Cara kerja situs cek grammar bahasa Inggris NounPlus terbilang cukup mudah. Kamu cukup menyalin dan menempel tulisan yang sudah ditulis sebelumnya dan akan langsung terdeteksi kalimat apa saja yang harus diperbaiki.

Selain mudah, situs ini juga memberikan indikasi warna yang berbeda-beda pada setiap subjek, objek, kata sifat dan predikat. Selain itu NounPlus juga menyediakan fitur speech untuk memberikan contoh pengucapannya.

7. GramMark    

Selanjutnya ada tools cek grammar yang paling simpel, yaitu GramMark. Meskipun situs ini gratis, GramMark menyediakan fitur yang lengkap mulai dari suara aktif dan pasif, formasi kalimat, transisi, worldliness, dan mengoreksi kesalahan ejaan secara efektif.

8. White Smoke    

Situs cek grammar bahasa Inggris gratis selanjutnya adalah White Smoke. Situs ini dapat membantu kamu dalam memperbaiki tata bahasa, gaya bahasa, pengucapan sampai ke tanda baca.

White Smoke juga dilengkapi dengan fitur plagiarism checker, dan tata bahasa dalam Gmail. Untuk memaksimalkan penggunaan tools cek grammar bahasa Inggris ini, kamu juga dapat berlangganan perbulan.

9. WebSpellchecker    

Situs cek grammar selanjutnya ada Web Spellchecker yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan ejaan. Web Spellchecker juga berfungsi memberikan saran sinonim di beberapa kata dalam tulisan. Fitur utama dalam tools ini adalah grammar, ejaan dan tesaurus.

10. Online Correction    

Online Correction adalah salah satu situs cek grammar yang dapat mengetahui berapa banyak kesalahan pada sebuah tulisan. Tools ini juga dilengkapi dengan cara memperbaiki tulisan, dan memeriksa penggunaan space.

Tidak hanya itu, fitur di dalam Online Correction juga bisa mendeteksi pemeriksaan ejaan, tata bahasa/sintaksis, dan penggunaan diksi yang baik dan benar. Kesalahan penulisan akan ditandai warna merah dan saran untuk perbaikan ditandai dengan warna hijau.

Baca juga: Kupas Tuntas Career Development: Definisi, Metode, dan Fungsinya

Nah, teman-teman, itu tadi 10 situs untuk melakukan cek grammar bahasa Inggris yang dapat kamu akses secara gratis dengan pemakaian yang praktis tentunya! Yuk, ikuti terus artikel dari tips sukses Harisenin!