Bahasa:

Search

Rekomendasi 5 Channel Youtube untuk Belajar American English Secara Otodidak

  • Share this:
Rekomendasi 5 Channel Youtube untuk Belajar American English  Secara Otodidak

Haloo Risers! Apa kamu masih bingung mau mulai belajar Bahasa Inggris dari mana? Belum punya cukup biaya untuk ikut kursus dan malas pergi ke tempat kursus? 

Sekarang gak usah bingung Risers! Kamu bisa belajar Bahasa Inggris dari youtube yang sudah banyak sekali dibuat oleh content creator yang profesional di bidang ini. Kamu hanya perlu kuota internet, perangkat mobile atau laptop dan duduk santai di rumah tanpa harus keluar biaya yang banyak untuk belajar. 

Belajar Bahasa Inggris secara otodidak memang banyak tantangannya, tak sedikit orang yang kehilangan motivasi atau tidak konsisten. 

4 Tips agar kamu tetap konsisten belajar Bahasa Inggris secara otodidak:      
 

  1. Tentukan jadwal dan waktu belajar.

    Waktu belajar dalam sehari tidak perlu terlalu lama, cukup 2-3 jam agar kamu tidak cepat bosan dan tetap konsisten.

    Jadwal belajar bisa dibuat 3-4 kali dalam seminggu agar kamu bisa memberikan otakmu jeda untuk memproses materi sebelumnya. Namun, ketika hari dimana tidak ada jadwal belajar, kamu tetap merefresh materi di hari sebelumnya.
     
  2. Buat target belajar

    Kamu bisa membuat target belajar dalam seminggu, misalkan kamu sudah harus menyelesaikan video atau materi tertentu dalam seminggu.
     
  3. Evaluasi hasil belajar untuk mengukur kemampuan

    Agar kamu tau apakah belajarmu sudah efektif, maka jadwalkan waktu untuk kamu mengukur hasil belajar dengan latihan conversation, membuat kalimat Bahasa Inggris ataupun mengerjakan soal. Dari sana kamu bisa mengevaluasi hasil belajarmu.
     
  4. Mulai dari yang paling mudah

    Mulailah belajar dari materi yang paling mudah agar dirimu selalu tertantang untuk belajar lagi. Namun, pastikan kamu harus terus upgrade level hingga materi tersulit ya, jangan stuck hanya pada materi yang mudah saja.

5 rekomendasi channel youtube untuk belajar American English     


Jika tadi sudah membaca bagaimana belajar Bahasa Inggris agar tetap konsisten, sekarang ada 5 rekomendasi channel youtube untuk belajar Bahasa Inggris khususnya American English yang umumnya dipakai di Indonesia dan negara Amerika Serikat.

  1. Linguamarina

    gambar-1-2.jpg

    Rekomendasi channel youtube yang pertama yaitu Linguamarina, dikelola oleh Marina yang berasal dari Rusia dan pindah ke Amerika. Ia mempelajari Bahasa Inggris sampai layaknya native speaker. Melalui channel youtubenya, ia mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari basic english, grammar, speaking, vocabulary, slang, dan masih banyak lagi mengenai tips dan fakta tentang Bahasa Inggris. Ia juga membuat konten mengenai motivation, planning dan productive.
     
  2. Speak English With Tiffani

    gambar-2-3.jpg

    Rekomendasi channel youtube yang kedua yaitu dari Speak English With Tiffani. Konten yang dibuat tidak jauh dari channel youtube lainnya seperti membahas mengenai grammar, pronunciation, expressions, dan masih banyak lagi. Namun yang unik dari channel ini lebih banyak membahas mengenai speaking. Untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan speaking, mungkin channel ini cocok untuk kamu. Ia juga membahas bagaimana tips untuk lulus tes speaking IELTS.
     
  3. Learn English with EnglishClass101.com

    gambar-3-3.jpg

    Rekomendasi channel youtube yang ketiga yaitu Learn English with EnglishClass101.com. Channel ini merupakan penyedia layanan kursus Bahasa Inggris online. Dengan memanfaat youtube sebagai media promosi dengan memberikan konten-konten pembelajaran Bahasa Inggris dari tingkat pemula hingga profesional. Channel ini juga terdapat playlist listening practice untuk pemula, jadi channel ini cocok untuk kamu sebagai pemula yang ingin belajar listening.
     
  4. Learn English With TV Series

    gambar-4-3.jpg

    Rekomendasi channel youtube yang keempat yaitu Learn English With TV Series. Channel ini berbeda dengan channel pembelajaran Bahasa Inggris lainnya dengan menggunakan cuplikan film sebagai sarana untuk belajar. Belajar sambil menonton film menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Pilihan filmnya pun juga beragam dan di channel ini bukan hanya untuk belajar American English, namun ada juga film yang menggunakan British English seperti Harry Potter, The Crown dan masih banyak lagi. Jadi jangan salah pilih yaa, Risers!
     
  5. Kampung Inggris LC 

    gambar-5-3.jpg

    Rekomendasi channel youtube yang terakhir yaitu Kampung Inggris LC. Channel youtube lokal yang gak kalah bagusnya dengan channel youtube internasional. Kampung Inggris LC ini merupakan penyedia layanan kursus Bahasa Inggris secara online maupun offline. Sudah banyak sekali konten-konten pembelajaran yang dibuat dan di channel ini penjelasannya menggunakan Bahasa Indonesia, jadi untuk kalian sebagai pemula mungkin channel ini cocok untuk kalian sehingga tidak perlu menggunakan subtitle lagi.


Nah itu dia, 5 rekomendasi channel youtube untuk kamu mulai belajar bahasa inggris secara otodidak. Kamu hanya perlu konsisten dan terus berlatih karena mempelajari bahasa itu harus dilatih dan digunakan setiap hari agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tetap semangat yaa Risers! Walaupun susah dan terkadang merasa capek tidak apa apa jika kamu istirahat sejenak, tapi harus tetap bangkit lagi yaa. Ada pepatah mengatakan “Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”

Jangan lupa untuk subscribe blog harisenin.com untuk dapat info menarik lainnya.
 

Kadek Indah

Kadek Indah

I'm an undergraduate student who passionate about SEO