Bahasa:

Search

Masih Ragu? Begini Keuntungan Menggunakan Website!

  • Share this:
Masih Ragu? Begini Keuntungan Menggunakan Website!

Halo Risers! Pada masa kini website telah familiar dikenal dengan beragam fungsinya. Terdapat juga beberapa keuntungan dari menggunakan website ini, Risers. Tentunya juga bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang masih ragu untuk menggunakannya!

Website sendiri menurut Merriam Webster merupakan sekumpulan halaman web yang dibuat oleh suatu pihak untuk dapat diakses secara online.

Meskipun dulu mungkin lebih terbatas untuk pihak tertentu, website saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Mulai untuk keperluan individu, organisasi, institusi pendidikan, perusahaan, hingga badan pemerintah.  

Adapun secara umum, website memiliki fungsi untuk menyediakan informasi. Seorang pebisnis atau perusahaan bisa memiliki sebuah platform menyediakan informasi-informasi yang sekiranya ingin atau penting untuk diketahui banyak orang. Terutama bagi target audiens, website ini tentunya akan sangat bermanfaat.

Layanan pemerintah saat ini juga sudah tidak sedikit yang menggunakan website. Website berjenis blog pun banyak dimanfaatkan pada bisnis maupun individu. Tidak hanya itu, beberapa orang bahkan memanfaatkan website sebagai wadah menyajikan karya, atau yang umum dikenal dengan istilah portfolio.

Baca Juga: 10 Panduan Membuat Portfolio Digital Marketing Versi Harisenin.com

Nah, mengetahui keuntungan website ini rasanya bisa menjadi poin pertimbangan yang baik untuk Risers. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut!

Sarana Terhubung dengan Audiens

Website Membuat Terhubung dengan Audiens
Sumber: Pixabay

Dengan kondisi yang kini sudah serba digital, hampir menjadi kewajaran untuk menemukan seseorang yang mengharapkan akses online selama sehari penuh. Hal ini utamanya banyak ditemukan pada audiens terhadap pihak-pihak yang menawarkan barang dan layanannya.

Dan ya, website kurang lebih bisa memenuhi tuntutan terhubung dengan konsumen (atau calon konsumen) ini.

Seperti yang dikatakan di awal, kamu bisa mencantumkan informasi-informasi penting pada website. Nah, informasi seperti FAQ, contact person, dan info lokasi (jika ada) bisa menjadi salah satu hal yang tergolong dibutuhkan. Hal ini utamanya juga bagi para audiens baru.

Fitur live chat website saat ini juga telah tersedia. Fitur yang sudah mulai banyak ditemukan di berbagai website ini membuat audiens dapat semakin terhubung. Dengan dilakukan secara real time, audiens dapat berkomunikasi dengan kita tanpa harus meninggalkan website.

Baca Juga: Jadi Profesi yang ‘Panas’, Kenali Full Stack Developer Lebih Dalam

Menambah Kredibilitas (+ Potensi Pendapatan)

Keuntungan Website: Menambah Kredibilitas dan Pendapatan
Sumber: Pixabay


Berdasarkan data yang dikumpulkan Hubspot, terdapat beberapa komponen yang paling diharapkan tersedia untuk dilihat pada website. Informasi kontak, laman Tentang Kami, informasi media sosial, live chat, serta visual produk menjadi lima di antaranya.

Tersedianya elemen-elemen tersebut membuat kredibilitas website kamu menjadi semakin terjamin, Risers. Dan setelahnya, hal ini bisa kian meningkatkan kepercayaan audiens terhadap sesuatu yang kamu tawarkan.

Menjadi lebih bagus lagi jika kamu mampu mempertahankan performa website dengan baik. Hal ini nantinya berpengaruh baik. Sebab, website yang kamu miliki akan punya kemungkinan lebih besar untuk muncul di halaman awal search engine.

Jika berhasil memiliki ranking yang bagus pada pencarian search engine, kamu juga bisa memanfaatkan website ke tahap yang lebih jauh! Misalnya saja seperti membuka penawaran untuk kolom iklan pada halaman website. 

Potensi yang tentunya menguntungkan, bukan?

Faktor Biaya yang Relatif Murah

Pembuatan Website Relatif Murah
Sumber: Pixabay


Untuk membangun website ini memang diperlukan biaya. Namun demikian, biaya untuk membuat website milik sendiri ini berdasarkan Hostinger paling minimal berkisar ratusan ribu rupiah.

Webiste sendiri punya dua fitur utama, yaitu hosting dan domain. Domain adalah alamat webiste, sedangkan hosting merupakan tempat webiste itu sendiri. 

Jika dalam kasusnya kamu hendak berbisnis, angka ini termasuk sudah cukup murah dan menguntungkan. Ditambah pada era digital saat ini, membangun satu bangunan khusus untuk tempat bisnis tidak menjadi hal krusial lagi.

Tapi apabila memiliki budget dan kebutuhan yang lebih kompleks, kamu bisa mengambil paket web hosting yang lebih mahal. Dengan harga yang lebih mahal, kamu juga dapat mengharapkan kualitas dan kuantitas yang lebih baik! Entah dari segi bandwidth, web design, dan fungsi-fungsi tambahan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Marketing Campaign yang Outstanding

Insight tentang Audiens

Audience Insight, Salah Satu Keuntungan dari Website
Sumber: Pixabay

Dalam bisnis, informasi mengenai audiens adalah amunisi penting. Dan hal ini salah satunya bisa diperoleh dengan memiliki website, Risers! 

Dengan menyambungkan website yang kamu miliki pada analytic tool, kamu bisa mendapat data pengunjung selama berada di website. Data-data ini bisa berupa aktivitas dan perilaku audiens. Misalnya seperti halaman yang paling sering dibuka, lama mereka menghabiskan waktu di website, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakan insight yang didapat dari analytic untuk menentukan langkah bisnismu. Misalkan, dalam analytic, ditunjukan bahwa pengunjung lebih menyukai konten A daripada konten B. Maka kamu bisa berinvestasi lebih dengan membuat konten-konten yang sejenis dengan konten A. 

Baca Juga: Mengenal SEO Specialist sebagai Pekerjaan yang Menjanjikan

Nah itulah tadi beberapa keuntungan menggunakan website untuk bisnis. Kamu bisa menggunakan website untuk menunjang bisnismu. Semoga membantu yah.


Celine Anastasya

Celine Anastasya