Bahasa:

Search

Intip seru Javascript disini yuk !

  • Share this:
Intip seru Javascript disini yuk !

Holla Risers ! Ada yang tau JavaScript itu apa ? dan apa aja sih informasi lain yang ada di dalamnya ? Kalau kamu penasaran dengan salah satu bahasa pemrograman ini, Yuk simak selengkapnya hanya disini !

Definisi JavaScript

 5y2DhVuHGYnY1xJ8GTrbKCRCLTWh24OA3J_tUu0HZIzEV3PUype4eXj8XlouWkn7XYBfBxx8ZfjqgbEIs7YkvGHk1dHTQMLd3CkL21EGHSKQyNetKUZGP3bUJ6zKthDwqA6taFHDoejFfCkAOOqiMw

Source : Freepnglogos.com
 

JavaScript merupakan salah satu dari tiga bahasa pemrograman dasar yang juga meliputi HTML serta CSS. Kegunaannya sangat banyak, diantaranya untuk pengembangan product developer, pembuatan website, aplikasi, software,  serta instruksi pada komputer, dan lain sebagainya. 

 

Namun, fokus utama pada JavaScript ini adalah penulisan kode melalui bahasa skrip yang memungkinkan kita untuk  membuat konten yang diperbarui secara dinamis, mengontrol multimedia, menganimasikan gambar, dan lain sebagainya. 


 

PAJbXsmIPx_yDy4ME2FfY2IabZDnQebs51SSCmj0nEKazCJ36ShGOVmIJyEV2c1nxn46VVgT9mTK8gbq8cq-OPpfYyLnDM-Hkd_C8YLUYZ2p0LC_xEBYRu-CmDfXUOX-IZFN8RoUgS3A-ClnkIC5cQ

Source : Unsplash.com

 

Mempelajari JavaScript sendiri cukup terbilang mudah, bahkan faktanya banyak developer menggunakan JS ini guna memaksimalkan website mereka untuk fungsi kehidupan juga memberikan elemen interaktif pada halaman website yang melibatkan pengguna didalamnya.

 

Untuk JavaScript ini mempunyai aturan serta sintaksis yang lebih mudah serta santai saat menggunakannya. Objek pada JS ini juga berupa prototipe serta fungsi yang serbaguna dan kompatibel. 

 

Baca Juga : Mengulik Fakta Menarik Front End Developer

Mengapa Harus Menggunakan JavaScript ? 

ec50sntA1TvQcFMp01CeDCp06APUrcfD_qiriZWloJYaWQKVHmsXIMEF_8LKd7dkACbsIynK4kIpO2srSC2eO2quVj7oHgNS5fd0kHG5z6-Mse2ExFzHZdnCX4uGCZZg2gWeiSe5nGjaYR7YaK2m4w

Source : Pexels.com
 

Dilansir melalui Hackreactor.comterdapatnya beberapa alasan mengapa harus menggunakan JavaScript daripada menggunakan bahasa pemrograman yang lainnya, diantaranya yaitu : 
 

  • JavaScript adalah satu-satunya bahasa pemrograman asli browser web
  • JavaScript adalah bahasa yang paling populer di kalangan pengguna atau developer
  • Terdapatnya ambang batas yang rendah untuk memulai
  • Bahasa pemrograman yang menyenangkan untuk dipelajari
  • Dapat mengurangi beban server yang ada pada hasil product developer
  • Cepat dan efisien dalam melakukan penulisan skrip tanpa harus menghubungkan server atau memakai compiler lain.
     

Baca Juga : 5 Tips Belajar CSS Yang Wajib Kamu Ketahui!

Kekurangan JavaScript 

8DY45Drnrfd_vZYgdcrwe80nIB7APDlT4VI-fMeloGuu2wRgf9ChptbLDp4fPlbwrDIBf4siGR8KPw1ZEb1_rCRuuueRSvvxQCSk-tl-7NStHeNiyBVUHFMDY3R3g8Jk68hBi-7CqgUBb2EgnZsubA

Source : Unsplash.com

 

JavaScript yang dikenal populer pun memiliki juga kekurangan atau hambatan tersendiri bagi penggunanya atau sebagian para praktisi programer atau developer. 

 

Dilansir melalui Data-flair.Training , ada beberapa hambatan atau kekurangan dari sebuah JavaScript yang diantaranya adalah :
 

Rendahnya Keamanan Kode Dari JavaScript

Hal ini dikarenakan kode javascript yang dapat dilihat oleh banyak pengguna atau orang lain serta dapat memungkinkan untuk melakukan sesuatu dengan tujuan yang jahat. 
 

Pada prakteknya, memungkinkan menggunakan kode tanpa otentikasi juga sangat mudah untuk menempatkan kode ke dalam situs yang membahayakan keamanan data di situs web.
 

Dukungan Peramban

Browser menafsirkan JavaScript secara berbeda di browser yang lain. Dengan demikian, kode harus dijalankan di berbagai platform sebelum dipublikasikan. Peramban lama tidak mendukung beberapa fungsi baru dan juga diperlukan untuk selalu memeriksanya.

 

Kurangnya Fasilitas Debugging

hal ini dikarenakan browser tidak menunjukkan kesalahan apa pun, sulit bagi pengembang atau pembuatnya untuk mendeteksi masalah, error, serta mengevaluasi hasil dari pengembangan website tersebut.
 

Single Inheritance

Dalam JavaScript, hanya mendukung pewarisan tunggal dan bukan pewarisan ganda. Beberapa program mungkin memerlukan karakteristik bahasa berorientasi pada objek ini.

 

Fungsi Bitwise Yang Lambat

 

Hal ini dikarenakan JavaScript menyimpan angka sebagai angka floating-point 64-bit dan operator beroperasi pada operan bitwise 32-bit. 

 

JavaScript mengkonversikan sebuah angka menjadi bilangan bulat bertanda 32-bit, mengoperasikannya, dan mengubahnya kembali menjadi angka JavaScript 64-bit. 

 

Pada Konversi berkelanjutan ini, dibutuhkan lebih banyak waktu dalam konversi bilangan - bilangan ke bilangan bulat. Hal inilah yang dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan skrip dan menghambat sesuatu yaitu kecepatannya.

 

Berhentinya Rendering Pada Sebuah Product Developer

Kesalahan yang terdapat pada kode tunggal dapat menghentikan rendering pada seluruh kode JavaScript di situs web. Bagi penggunanya, sepertinya JavaScript berjalan lancar dan tidak ada kesalahan. Namun, pada sistem browser sangat toleran terhadap kesalahan yang ada.
 

Baca Juga : Berikut 7 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Full Stack Developer

 


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi