Bahasa:

Search

Desain Grafis: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

  • Share this:
Desain Grafis: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

Desain Grafis: Pengertian dan Tanggung Jawabnya      


Hai  Risers , apakah kalian termasuk orang yang senang dengan seni? Apakah kalian seseorang yang suka menuangkan ide kreatif dalam bentuk gambar? Mungkin pekerjaan ini cocok dengan kalian. Di era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan pekerjaan yang ahli dibidang desain grafis. Orang yang bekerja dibidang desain grafis disebut  graphic designer.  Seorang  graphic designer  bertugas untuk membuat konten yang menarik, selain itu pekerjaan dibidang desain grafis ini juga memiliki prospek yang menjanjikan, loh.      

Lalu, apa yang dimaksud dengan desain grafis? Dan apakah tanggung jawab seorang  graphic designer?        

Apa itu Desain Grafis?      

1Y9pxCP6SI5uyjTATcDnfaJD9jMlc5yWhECc3xSSeECey2QuSbrD34O1-MIhN5t_rbeTiAHvKNSqQWED60v1sIGEommlXJ0026_A7CNGAD4sg5ZbxGij-hWvf_mRGHu6vU7D8eOwa6r2T50hqZ0      

Source: Unsplash      

 

Desain grafis  adalah jenis desain komunikasi visual dalam bentuk lukisan yang  menyampaikan pesan dan informasi dengan menggunakan elemen  visual seperti ilustrasi, foto,  jenis, dan garis  pada suatu media. Desain grafis merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas dalam membuat rancangan yang berbentuk gambar. Pekerjaan dibidang desain grafis ini mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.      

Pada umumnya, seorang yang bekerja dibidang desain grafis harus memiliki keahlian khusus. Akan tetapi, setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda. Namun fokus utamanya sama, antara lain kreativitas, komunikasi, kemampuan  adobe , presentasi dan juga manajemen waktu.      

Kemampuan kreativitas seorang desain grafis merupakan salah satu elemen yang paling penting. Sebab, akan ada proyek desain yang berbeda dan memiliki gaya serta tema yang beragam. Kreativitas ini dapat kita asah dengan banyak melihat referensi lain supaya lebih mudah untuk mendapatkan ide dan inspirasi baru.      

Bekerja sebagai seorang desainer grafis sudah pasti akan membuat kamu berhubungan dengan banyak orang. Maka komunikasi menjadi hal yang penting. Kamu perlu berkomunikasi dengan klien, mendengarkan dan mengevaluasi keinginan klien terhadap desain grafis yang kamu buat.      

Selain itu, penguasaan suatu  software  perlu kamu asah, salah satunya  adobe. Software adobe  ada banyak sekali macamnya, diantaranya yang paling banyak digunakan adalah  adobe ilustrator  dan  adobe photoshop.  Kedua hal ini sudah terkenal dikalangan dan umum digunakan oleh banyak  graphic designer.       

Selain ahli dalam menggunakan  software  dan mendesain sesuatu, kamu juga perlu handal dalam presentasi. Seorang desainer harus mampu menjelaskan mengapa ia menggunakan sebuah  style  dalam pengerjaannya untuk sebuah karya yang dibuat. Hal ini mempermudah pemahaman kepada klien untuk mengerti maksud dan artinya.      

Seseorang yang ahli dibidang desain grafis juga harus bisa untuk memanajemen waktu. Dalam beberapa kesempatan, kamu akan dihadapkan pada beberapa proyek yang memiliki  deadline. Dengan ini, kamu harus bisa menggunakan waktu secara efektif supaya semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.      

Nah, apa yang dimaksud dengan  graphic designer?       

Desain grafis dalam pengaplikasiannya dibuat oleh seorang  graphic designer  yang bertugas untuk menafsirkan sebuah pesan melalui gambar.       

Dengan kata lain, seorang  graphic designer adalah komunikator visual yang menciptakan konsep visual baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak komputer.  Graphic designer  juga bisa disebut sebagai orang yang memiliki spesialisasi dalam menginterpretasikan pesan dalam sebuah bentuk gambar. G raphic designer adalah  profesi yang bertanggung jawab untuk menciptakan konten estetika, seorang  graphic designer menyampaikan pemikiran mereka dengan imajinasi melalui seni visual, termasuk gambar, teks atau grafik.       

Di dunia pekerjaan seperti sekarang,        seorang  graphic designer merupakan bagian dari tim pemasaran. Fokus utama dari  job desk- nya adalah membuat  branding untuk perusahaan dengan konten visual yang menarik dan bertujuan membantu sebuah  brand  untuk mendapatkan perhatian konsumen. Biasanya, konten visual yang dibuat oleh  graphic designer berbentuk iklan yang tersedia di berbagai saluran pemasaran.       

Tanggung Jawab Seorang  Graphic Designer      

FNysonGdcrw982ORS-0rjwX24k3QTIKXqrWJM_2T0wjxcjS-8TxRI_lLxQMVVKU_5lRmk-Fu9ufuBGB8j9FNONROV5eS2-OszqJBleTs3F1Iy0ME_Yo8qx1SxYgGTHtNGL-oplxTXEd3XyKDCeU

Source: Unsplash      


Dari penjelasan terkait apa itu desain grafis dan  graphic designer, kita perlu tahu apa saja tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang  graphic designer . Tujuannya supaya kita bisa mencocokkan kemampuan dan tugas dari seorang  graphic designer.  Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawabanya.      

  • Membuat konsep dari sebuah informasi dan material yang berkaitan dengan desain yang akan dikerjakan.       
  • Melakukan  brainstorming bersama klien, memberikan masukan, memadukan unsur seni, visual, dan bahasa dalam sebuah desain untuk menyampaikan suatu pesan yang mudah dipahami.      
  • Membuat desain komunikatif serta mudah dipahami dengan cara unik dan kreatif berdasarkan persepsi pembaca.      
  • Mengaplikasikan elemen desain,  layout , serta proses teknis sesuai dengan ide dan kebutuhan untuk fokus pada hasil akhir yang diinginkan.      
  • Memberikan solusi atas permasalahan tertentu, dalam hal ini melalui platform seperti iklan layanan masyarakat.      
  • Mengikuti perkembangan gaya dan inovasi desain, melaksanakan proyek dan mengoordinasikannya bersama dengan pihak yang terkait.       
  • Bisa bekerja sama dalam tim.      

Baca juga:  7 Rekomendasi Kursus Desain Grafis Buat Pemula - Tips Sukses      

Gimana Risers? Itulah pengertian desain grafis dan juga tanggung jawabnya. Seorang yang bekerja dibidang desain grafis perlu belajar terlebih dahulu jika ingin mendalami bidang ini. Oh iya, kamu juga perlu melatih daya kreativitas, komunikasi,  software design,  dan juga manajemen waktu. Nah, jika kamu ingin fokus berkarir dibidang ini dan mengembangkan  softskill  dimasa yang akan mendatang, yuk belajar dari sekarang!