Website

Search

5 Tahap Screening CV Yang Efektif, Bantu HR Temukan Calon Karyawan Terbaik Untuk Perusahaan!

  • Share this:
5 Tahap Screening CV Yang Efektif, Bantu HR Temukan Calon Karyawan Terbaik Untuk Perusahaan!

Hi Risers, mengelola proses rekrutmen karyawan menjadi tugas seorang Human Resource dan penting bagi setiap perusahaan untuk menemukan calon karyawan terbaik. Salah satu langkah penting dalam proses tersebut adalah melakukan screening CV. Bagi seorang HR mungkin proses screening CV merupakan salah satu langkah yang amat lelah dan membutuhkan waktu yang cukup panjang karena harus memfilter banyaknya pelamar. HR harus memfilter setiap pelamar dan menemukan calon karyawan yang paling sesuai dengan  skill  dan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan.   

 

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja sebagai seorang HR atau kamu yang sedang mencari insight atau gambaran mengenai pekerjaan Human Resource, pas banget nih Risers, karena dalam artikel ini minse akan membahas mengenai bagaimana tahapan screening CV yang efektif supaya cepat dan tepat dalam menemukan calon karyawan. Berikut 5 tahapan screening CV yang harus kamu perhatikan:  

 

Baca juga:    Panduan Mendalam Berkarir di Human Resource Tahun 2024  

 

Tahap Screening CV Yang Cepat Dan Efektif  

1.Fokus terhadap Syarat Yang Ditentukan

Sebagai seorang HR, hal pertama yang harus kamu lakukan dalam proses screening CV yaitu adalah berfokus terhadap kriteria yang sudah ditentukan atau kriteria yang paling penting bagi posisi atau pekerjaan yang sedang dibuka. Perhatikan beberapa pertimbangan berikut:  

  • Pendidikan & Pengalaman . Dalam hal ini kamu bisa memfokuskan diri misalnya pada pendidikan dan pengalaman kerja.  

  • Batasan umur. Beberapa roles memang memerlukan batasan umur sebagai persyaratan, sesuaikan permintaan dari users juga agar kamu mudah dalam menyeleksi kandidat.  

2. Screening Bagian Skill dan Kualifikasi Yang Dimiliki Kandidat  

Tahap kedua dalam proses screening CV adalah mencari skill tambahan dan kualifikasi yang bermanfaat untuk peran yang dibutuhkan melalui kandidat. Meskipun tidak menjadi syarat utama namun dengan melihat hal tersebut membantu dalam menemukan peluang untuk mengidentifikasi bakat terbaik dan membedakan antara kandidat dengan kualifikasi yang serupa.   

Misalnya, jika kamu mencari kandidat untuk posisi design grafis, skill tambahan seperti pengalaman dalam UI/UX atau keahlian dalam animasi menjadi nilai tambah bagi seorang kandidat. Tahap ini dapat membantu kamu dalam menemukan kandidat terbaik yang memiliki keunggulan yang tak terpikirkan olehmu sebelumnya sehingga memberikan manfaat untuk memperkaya tim dengan bakat yang lebih beragam dan berkualitas.   

 

3. Membuat Daftar Singkat Berdasarkan Pengalaman dan Kualifikasi Kandidat  

Setelah melakukan screening tahap kedua maka tahap ketiga dalam proses ini adalah kamu harus membuat daftar singkat berdasarkan pengalaman dan kualifikasi kandidat untuk memastikan kandidat yang memenuhi bahkan melebihi persyaratan itulah yang akan lanjut ke tahap berikutnya.   

 

Tahapan ini membantu kamu dalam menyempitkan bidang pencarian dan memastikan bahwa kamu hanya berfokus terhadap kandidat yang paling cocok dengan kebutuhan posisi. Dengan begitu, kamu dapat menghindari pemborosan waktu dan upaya untuk mengeliminasi kandidat yang tidak sesuai sehingga kamu bisa lebih fokus untuk mereka yang memiliki potensi terbaik.  

 

4. Cek Informasi Kandidat Secara Akurat  

Tahap keempat dalam screening CV adalah kamu harus memastikan keakuratan informasi yang diberikan oleh pelamar. Pastikan bahwa informasi yang diberikan oleh pelamar benar dan lengkap. Termasuk memeriksa informasi dasar seperti nomor kontak dan alamat email mereka valid atau tidak.   

 

Proses ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa kamu sebagai seorang HR memiliki pemahaman yang akurat tentang setiap pelamar dan dapat menghubungi mereka dengan mudah jika dibutuhkan.   

 

5. Membaca Resume Secara Keseluruhan  

Setelah melewati tahap-tahap sebelumnya maka tahap terakhir dalam screening CV adalah membaca keseluruhan resume kandidat yang sudah disortir. Sebagai seorang HR penting sekali untuk memastikan bahwa setiap bagian dari resume sudah dibaca dengan saksama sehingga dapat memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai latar belakang dan kualifikasi pelamar sehingga akan memudahkan HR pada tahap berikutnya. Pada tahap ini juga kamu bisa memastikan kembali informasi para kandidat yang sudah kamu seleksi sebelumnya sehingga tidak ada yang terlewatkan.   

 

Baca juga:  Kenali People Development, Strategi Penting Bagi Human Resources  

 

Manfaat Screening CV Bagi HR Dan Perusahaan  

1tFroS3OxcEV-caO0glJJZzipdKHSofGhUl3IXUNtYepOSTYH8t9ze22Rp2tO4U-XXvWHtVQT8JaGnAuHjHjIBGO2UXDfhnVTaflb3Tpi5vu0k3M3YT8nK32EYus_f21eHAl5lMrHM8Q1sTKel4BJX8

                                                          Sumber: freepik.com  

 

Proses screening CV memiliki beberapa manfaat penting bagi HR dan perusahaan, adapun manfaatnya yaitu:  

 

  1. Efisiensi waktu  

Screening CV membantu HR dalam menghemat waktu dengan menyaring pelamar yang tidak memenuhi syarat atau tidak cocok dengan posisi yang ditawarkan. Hal ini dapat membantu HR dalam mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk meninjau lamaran.  

  1. Pemilihan Kandidat terbaik  

Dengan screening CV dapat membantu HR dalam mengidentifikasi kandidat-kandidat yang paling sesuai dengan yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sedang dibuka.  

  1. Penyesuaian dengan budaya perusahaan  

Proses screening CV memungkinkan HR untuk mengevaluasi apakah pelamar memiliki nilai-nilai dan karakteristik yang sejalan dengan budaya dan nilai perusahaan. Ini penting untuk memastikan bahwa karyawan baru dapat berintegrasi dengan baik dalam lingkungan kerja perusahaan.  

  1. Peningkatan produktivitas  

Dengan menemukan kandidat-kandidat yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan, screening CV membantu meningkatkan produktivitas tim dan organisasi secara keseluruhan. Karyawan yang sesuai dengan posisi mereka cenderung lebih efektif dan dapat berkontribusi secara positif terhadap pencapaian tujuan perusahaan.  

  1. Reduksi biaya  

Dengan menyaring pelamar yang tidak memenuhi syarat sejak awal, proses screening CV dapat membantu mengurangi biaya yang terkait dengan proses rekrutmen, seperti biaya periklanan lowongan pekerjaan dan waktu yang dihabiskan oleh tim HR dalam proses seleksi.  

 

Tertarik belajar mengenai Human Resource? Atau Berminat Untuk Berkarir Dalam Bidang HR?     

 

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk berkarir dalam bidang HR dan tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai bidang ini, kamu bisa mengikuti program Bootcamp Human Resources dari Harisenin. Atau jika kamu ingin bertanya-tanya dulu, kamu boleh tanya Minse di Career Support atau DM Minse di Instagram ya!       

 

 

 

Hani Subakti

Hani Subakti

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pembangunan Jaya. Saya memiliki minat yang besar di dunia pemasaran, saya menemukan kegembiraan dalam seni membuat konten persuasif dan efektif untuk mencapai audiens. Saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk membangun, mengubah, dan menyentuh hati pembaca.