Bahasa:

Search

Cara Menjawab Interview: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

  • Share this:
Cara Menjawab Interview: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Interview adalah tahap yang paling membuat para pencari kerja deg-degan, panik, bingung dan cukup sulit jika dilakukan tanpa persiapan.            

Karena itu, sebelum melakukan  interview , kamu wajib untuk melakukan persiapan. Minimal, kamu harus memahami apa saja pertanyaan yang akan muncul nanti.           

Terkadang kamu sering mendapatkan pertanyaan yang sulit dari interviewer. Padahal, jawabannya itu sangat simpel dan sederhana seperti:           

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”           

Pertanyaan ini terdengar simpel dan begitu pula jawabannya. Namun, para pencari kerja sering kebingungan menjawab pertanyaan ini karena takut memberikan jawaban yang tidak tepat dan menimbulkan kesan yang buruk.           

Padahal, pertanyaan “ mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”  sama seperti pertanyaan “ ceritakan tentang diri kamu”.  Pertanyaan tersebut juga membutuhkan jawaban yang singkat, padat dan jelas.           

Nah, Harisenin akan memberikan tips cara menjawab interview untuk pertanyaan  “mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami”.  Sebelum itu, kamu harus tahu nih kenapa pertanyaan  simple tadi sangat penting           

Mengapa pertanyaan  “mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami”  penting?           

Interview
Ilustrasi interview/image by yanalya on freepik           

Pertanyaan ini bisa dibilang sebagai penentu mengenai seberapa niat kamu untuk bekerja di perusahaan tempat kamu melamar kerja. Hal itu karena HRD ingin merekrut karyawan yang memiliki ketertarikan dan niat yang sangat dalam untuk bekerja.           

Selain itu, HRD juga ingin mengetahui apakah kamu sudah melakukan riset mengenai perusahaan yang kamu lamar dengan baik atau belum. Sebuah pertanyaan mampu menggambarkan bagaimana orang itu di mata HRD.           

HRD juga ingin mengetahui apakah kamu adalah orang yang bersungguh-sungguh dalam bekerja atau tidak. Tentu, semua orang bekerja untuk uang. Hanya saja, akan jadi masalah jika ada orang yang kerja seadanya tapi menuntut segalanya.           

HRD ingin mencari karyawan yang peduli dengan dirinya dan memahami dengan baik gambaran besar perusahaan yang ia lamar. Dengan begini, pencari kerja akan memiliki pandangan positif dari HRD berkat keniatan dirinya dalam bekerja dan mencari kerja.           

Terus bagaimana cara menjawab pertanyaan interview “mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami” ?           

Interview
ilustrasi interview/image by yanalya on freepik           

Mari kita bedah satu-satu jawaban seperti apa sih yang sangat cocok dalam menjawab pertanyaan ini:           

1.Jawaban yang memiliki hubungan antara skill dan posisi yang kamu lamar            

Risers, jika kamu ingin berkesan di mata HRD, maka jawablah pertanyaan dengan menunjukkan skill-skill yang kamu miliki dan pencapaian apa saja yang telah kamu capai selama ini.           

Kemudian, kaitkan jawaban tersebut dengan posisi yang kamu lamar. Jawablah pertanyaan dengan tenang, baik dan teratur. Dengan begini, HRD akan terkesan dan memiliki pandangan yang baik tentang dirimu.           

Kamu juga bisa mengaitkan jawaban dengan visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan yang bisa kamu temukan di website mereka.            

Jawaban ini sangat cocok jika kamu baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja. Dengan menunjukkan bahwa kamu memiliki visi dan misi yang sama. Perusahaan akan melihat kamu sebagai kandidat yang niat dan berdedikasi dalam bekerja.           

2. Ceritakan kenapa kamu sangat senang bekerja pada posisi  yang kamu lamar           

Jika kamu menikmati sebuah pekerjaan tentu kamu akan punya motivasi yang kuat dan ketekunan dalam ngadepin berbagai rintangan yang ada.           

HRD tentu akan sangat senang jika memiliki karyawan yang sangat berdedikasi dan menikmati pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.            

Tetapi, agar hal tersebut dapat  menjawab pertanyaan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami, kamu harus dengan jelas menghubungkan antara pekerjaan dan kesenangan dalam bekerja.           

Intinya, jawaban tersebut sangat  simple , bisa berupa alasan kenapa kamu menikmati pekerjaan yang nanti diberikan atau hanya sekedar curhat serunya pekerjaan itu bagi kamu.           

Buat jawaban sebisa mungkin bernilai dan berkesan di mata HRD agar kamu lulus interview.           

3. Berikan alasan kenapa kamu akan berhasil di posisi ini           

Sebuah perusahaan tidak hanya mempekerjakan kamu untuk bekerja hingga waktu tertentu. Mereka juga berinvestasi pada dirimu agar membawa perusahaan ini ke arah yang lebih baik.           

HRD tidak hanya menerima kamu sebagai karyawan karena siapa dirimu atau apa yang bisa kamu lakukan sekarang. Tetapi, HRD melihat potensimu untuk dapat berkontribusi di masa yang akan datang bagi perusahaan.           

Tunjukan kepercayaan diri yang kamu miliki dalam bekerja di posisi yang kamu lamar. Apa hal yang bisa kamu berikan dengan  skill  dan pengetahuan yang kamu miliki untuk kemajuan perusahaan.           

Kuncinya adalah menunjukkan bagaimana pengalaman,  skill  dan dedikasi kamu di pekerjaan sebelumnya yang akan membuat perusahaan yang sekarang akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu.           

4. Ceritakan ketertarikan pada produk/jasa perusahaan sesuai dengan tujuanmu           

Pertanyaan mengapa kamu ingin bekerja disini juga dapat kamu hubungkan antara pengalaman dan ketertarikan dirimu terhadap produk/jasa yang ditawarkan. Tentunya, diperlukan riset yang cukup detail untuk mengetahui dengan baik apa saja produk/jasa yang dijual oleh perusahaan.           

Setelah memahami produk/jasa dengan baik, cobalah kaitkan dengan pengalaman atau  skill yang kamu miliki dengan produk/jasa tersebut.           

Apa hal yang bisa kamu berikan pada produk tersebut? Apa hal yang bisa kamu kembangkan pada produk/jasa tersebut? Mengapa kamu perlu memberikan inovasi pada produk tersebut?.           

Siapkan jawaban dengan baik supaya kamu tidak terlihat kebingungan saat menjawab pertanyaan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami.           

Dengan mengaitkan jawaban dengan produk/jasa yang dijual, secara tidak langsung HRD akan menilai bahwa kamu telah melakukan riset perusahaan yang sangat mendalam.           

Baca juga:  5 Tips Interview Dengan Direksi Beserta Contoh Pertanyaannya              

Contoh Jawaban “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” yang Baik           

Interview
ilustrasi menjawab pertanyaan yang baik/image by pressfoto on freepik           

Setelah memahami apa saja jawaban yang cocok untuk pertanyaan “mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?”. Sekarang Harisenin akan memberikan bagaimana gambaran cara menjawab interview yang tepat untuk pertanyaan ini:           

1.Jawaban yang memiliki hubungan antara skill dan posisi yang kamu lamar           

“Saya memiliki kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan memiliki pemahaman 10 bahasa pemrograman. Dengan posisi back-end developer yang saya lamar, saya akan membantu perusahaan untuk menjadi platform pendidikan digital terbaik sesuai dengan visi perusahaan”           

2. Jawaban kenapa sangat senang melamar posisi ini           

“Sejak saya kuliah, saya sangat senang untuk menulis khususnya ketika saya masih menjadi penulis lepas di berbagai media sampai saya magang di sebuah perusahaan. Saya sangat senang untuk melamar posisi ini karena menulis adalah bagian paling penting dan menyenangkan.”           

3. Jawaban kenapa akan berhasil di posisi ini           

“Saya yakin saya bisa berhasil di posisi ini, karena saya memiliki pengalaman dan tugas yang serupa sebelumnya dengan posisi yang saya lamar. Tentunya, dengan sedikit penyesuaian dengan budaya perusahaan agar mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien.”

4. Jawaban ketertarikan pada produk/jasa yang dimiliki perusahaan           

“Saya pernah menggunakan produk/jasa perusahaan ini. Sebagai seorang desainer, saya melihat bahwa produk ini sangat bagus dan bermanfaat. Khususnya, saya memiliki ketertarikan untuk melakukan desain ulang agar kemasan dari produk ini menjadi lebih menarik di mata konsumen dan dapat menaikkan penjualan.”           

Baca juga:  12 Tips Interview Bahasa Inggris Beserta Contohnya!           

Jawaban yang salah dalam menjawab pertanyaan “mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?.”           

INJ1P8qjsJm2bcXmKBDEwngJyDVR121TiEE53QQfz0IfrU8jRAbQRHF1VNx6miRhFTH_Lvoi-HoB_cqWwPCLkvBcMdHADZK0hNt0JW7nC2hTmkYw8wP54CFh-fqCI5KFNonhlzdVjmlVifFFq3sGMLaydnbkO6SXV_qPHct3YzlYVpkHrivAiwPR7g
giphy.com           

Sudah jelas jawaban yang memiliki kesan buruk akan membuat kamu langsung ditolak tanpa basa-basi. Karena itu, Risers jangan pernah menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami” karena alasan:           

  1. Gaji yang besar           
  2. Benefit yang luar biasa           
  3. Jabatan           
  4. Males kerja di kantor, sukanya WFH           
  5. Gak ada panggilan dari perusahaan lain           

Tanpa panjang lebar, HRD akan langsung menolak kamu bahkan tidak akan memberitahu alasannya lewat  e-mail atau pesan singkat.       

Karena itu, sebelum interview kamu harus mempersiapkan setiap jawaban yang mungkin akan ditanyakan padamu khususnya pertanyaan “mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami?”           

Jika kamu menunjukkan jawaban yang penuh dedikasi, optimis, teratur dan spesifik. Maka kamu akan terhubung dengan baik dengan HRD dan membuat mereka terkesan.           

HRD juga akan berpikir “Nah, ini dia yang saya cari!”.           

Beberapa cara menjawab interview untuk pertanyaan “mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?” wajib dilakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari apa perusahaannya, apa yang mereka jual, visi dan misi mereka dan kalau bisa siapa yang akan interview kamu nanti.   

Hal ini agar interview semakin efektif dan tidak membuat kamu panik atau nervous .           

Biar kamu makin siap saat interview nanti, tidak salah jika kamu melakukan riset lewat video atau kursus yang bermanfaat agar dapat menjalani interview dengan baik.           

Harisenin dengan program  video course personal development akan membantu kamu mengembangkan diri kamu agar siap untuk menghadapi dunia kerja dan mencapai karier yang kamu impikan.           

Program video course  Harisenin adalah program kursus  on-demand  yang akan membantu kamu mengembangkan diri kamu di berbagai bidang kerja. Salah satunya personal development.           

Dengan program ini diharapkan kamu dapat mengembangkan diri kamu sebagai professional di dunia kerja dan dapat menjalani interview dengan baik.           

Yuk, langsung aja klik link ini ya!  Video Course: Personal Development              

Buruan daftar! Bakalan ada diskon spesial lho!           

Baca juga:  8 Tips Ngerjain Take Home Assignment Interview UI/UX Design              


Rizki Ali Akbar

Rizki Ali Akbar