Memulai Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Belajar Digital Marketing untuk Pemula
4 mn read

Hai Risers, belajar Digital Marketing untuk pemula sangat penting dengan berkembangnya teknologi dan berbagai perusahaan yang memanfaatkan dunia digital. Hal ini sebagai upaya dalam mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial, website, search engine, dan lain-lain. Maka, profesi ini menjadi peluang besar bagi seorang Digital Marketing. Sehingga, kita sebagai pemula wajib untuk mempelajari dan memahami konsep dasar Digital Marketing sesuai dengan kebutuhan di masing-masing perusahaan.

Nah, tertarik untuk menjadi seorang Digital Marketing? Yuk, belajar digital marketing untuk pemula disini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Untuk Karier Profesional

Definisi Digital Marketing

Definisi Digital Marketing
Source: Pexels

Digital Marketing adalah bidang pekerjaan yang mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan berbagai saluran media digital dan menggunakan jaringan internet. Seorang yang bekerja dalam bidang Digital Marketing harus selalu mengikuti perkembangan tren media sosial. Hal ini karena Digital Marketing akan selalu berhubungan dengan konsumen dalam memasarkan produk. 

Profesi ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati dan dibutuhkan di berbagai perusahaan. Kebutuhan persaingan antar perusahaan dan perkembangan teknologi digital semakin meningkatkan kebutuhan perusahaan untuk profesi Digital Marketing.

Skill seorang Digital Marketing bagi Pemula

Skill
Source: Pexels

1. Mempunyai Minat yang Tinggi untuk Belajar

Belajar Digital Marketing untuk pemula tentunya diawali dengan mempunyai kemauan dan minat yang tinggi untuk belajar mulai dari dasar terlebih dahulu hingga mahir. Skill ini harus terus dipertahankan, karena ilmu Digital Marketing bersifat fleksibel dan terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan mengikuti tren yang terjadi di media sosial.

2. Open-Minded atau Berpikir Terbuka

Untuk mempelajari Digital Marketing bagi pemula membutuhkan pemikiran yang terbuka dan harus cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang terjadi. Seorang Digital Marketing dapat memikirkan strategi promosi yang tepat dan memahami wawasan tentang konsumen agar promosi suatu produk dapat berjalan dengan lancar dan dapat diterima konsumen dengan mudah dan mempertahankan kepuasan konsumen.

3. Konsisten dan Bertanggung Jawab

Setelah mempelajari dasar-dasar Digital Marketing, sebagai seorang pemula diperlukan konsistensi dalam menerapkan seluruh ilmu yang telah dipelajari. Mempunyai sikap yang konsisten dan bertanggung jawab akan memperkuat kemampuan dalam bidang Digital Marketing hingga mampu mencapai tahap yang lebih mahir.

Baca juga: 5 Tips Cara Belajar Digital Marketing Efektif bagi Pemula

Langkah-langkah Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Source: Unsplash

1. Menganalisis Target Pasar dan Produk

Sebagai seorang pemula, langkah ini sebagai awalan untuk dipelajari. Langkah ini diperlukan untuk mengetahui target pasar dan produk yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga seorang Digital Marketing dapat memberikan solusi dan menentukan strategi yang tepat agar produk mudah dikenali dan disukai oleh konsumen.

2. Menentukan Produk yang akan Ditawarkan

Langkah ini penting dilakukan dalam memilih suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen. Seorang Digital Marketing mampu menawarkan produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Setiap produk mempunyai karakteristik masing-masing yang dapat memberikan ciri khas dan keunikan yang mudah untuk diingat oleh setiap konsumen. Maka, dalam memasarkan produk tersebut seorang Digital Marketing harus memiliki konsep pemasaran yang tepat sesuai dengan produk yang ditawarkan.

3. Membangun Saluran Digital Marketing

Dalam mempelajari Digital Marketing diperlukan media yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan strategi promosi yang tepat kepada konsumen. Sebelum membangun, kita dapat mengidentifikasi minat penggunaan media sosial pada target konsumen kita agar strategi dan komunikasi tetap berlangsung dengan baik. Setelah mengidentifikasi, kita dapat memilih jenis media sosial yang tepat untuk melakukan strategi pemasaran yang telah dirancang seperti memanfaatkan website atau membangun akun media sosial untuk bisnis tersendiri.

4. Menerapkan Teknik Digital Marketing

Sebagai seorang pemula, dapat menerapkan berbagai teknik Digital Marketing yang telah dipelajari sebelumnya. Beberapa teknik yang dapat dilakukan yaitu SEO, SEM, dan Social Media Ads. Teknik SEO digunakan agar media Digital Marketing dapat muncul di halaman paling pertama dari mesin pencarian Google. Teknik SEM digunakan agar suatu bisnis atau produk dapat dikenali dengan cepat dan instan melalui cara yang berbayar dan membutuhkan modal. Dan Social Media Ads digunakan agar promosi yang dilakukan memiliki tingkat engagement yang tinggi dan dapat tersebar secara luas ditengah target konsumen.

Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Alasan belajar digital marketing untuk pemula
Source: Unsplash

Belajar Digital Marketing untuk pemula menjadi penting untuk dipelajari dan dikuasai ditengah perkembangan dunia digital yang sangat cepat. Mayoritas target konsumen saat ini merupakan pengguna aktif dalam berbagai produk digital yang salah satunya adalah media sosial. Dengan ini, banyak perusahaan yang melihat dan membutuhkan posisi Digital Marketing agar strategi pemasaran dapat berlangsung secara efektif dan tepat sasaran melalui pemanfaatan berbagai jenis media sosial dan dalam mesin pencarian. Maka, profesi Digital Marketing akan terus dicari dan selalu dibutuhkan oleh berbagai perusahaan baik perusahaan besar maupun startup dengan sesuai standar kualifikasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Wajib Ikut! 3 Sertifikasi Digital Marketing Gratis dari Google



Leave a Reply

Your email address will not be published.