Bahasa:

Search

Yuk, Belajar Desain Grafis secara Gratis!

  • Share this:
Yuk, Belajar Desain Grafis secara Gratis!

Hai Risers! Di tengah dunia digital, posisi graphic design banyak dibutuhkan perusahaan. Pekerjaan ini memiliki beberapa tugas, mulai dari mempercantik brand sampai media promosi.

Desain grafis bukanlah skill yang mudah. Selain ahli mendesain dan menggambar, ada beberapa tools yang wajib dikuasai seorang graphic designer seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Coreldraw, dan lainnya. Untuk menguasainya, kamu harus melakukan pembelajaran lebih lanjut.

Selain di bangku kuliah, desain grafis juga bisa dipelajari secara gratis lo. Penasaran bagaimana cara belajar desain grafis secara gratis? Yuk simak artikel berikut ini! 

Baca Juga: Pahami Tugas Desain Grafis yang Harus Kamu Ketahui

1. Mempelajari Dasar Desain Grafis secara Otodidak    

tuned on Macbook
Sumber: Unsplash

 

Belajar desain grafis gratis dapat kita mulai dari mempelajari berbagai dasar yang dibutuhkan secara mandiri atau otodidak. Cara yang satu ini dapat menghemat biaya kamu, sehingga tidak membebani keuangan. Untuk mempelajari dasar desain grafis, kita dapat melakukannya dengan cara mengakses berbagai website ataupun video tutorial di media sosial yang saat ini mudah dijangkau. Kita juga dapat menambah referensi dari buku, literatur, ataupun artikel yang juga dapat diakses secara gratis.

Yang terpenting adalah kita dapat menguasai kemampuan dasar seperti tipografi, pemilihan warna, simbol, dan komunikasi visual. Selama kita mempelajarinya dengan rajin, cara yang satu ini tetap efektif dan tidak kalah dengan pembelajaran yang berbayar.

2. Mempelajari Desain Grafis dari Inspirasi Lingkungan Sekitar    

Inspirasi Lingkungan Sekitar
Sumber: Unsplash


 

Cara yang satu ini juga efektif dilakukan untuk belajar desain grafis secara gratis. Sebagai salah satu keahlian yang menekankan kreativitas, tentu dalam desain grafis membutuhkan imajinasi dan inspirasi yang menarik. Beberapa orang dapat menemukan inspirasinya dari berbagai contoh di sekitarnya. Hal ini juga termasuk bagi orang-orang yang sedang belajar desain grafis.

Inspirasi yang dapat dijadikan bahan belajar secara gratis adalah inspirasi dari beberapa tokoh ataupun karya yang tersebar di internet. Berbagai karya tersebut bisa kita analisis dan eksplorasi untuk menemukan keunikan serta hal-hal yang bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Namun, hal ini tidak bisa disamakan dengan kegiatan plagiarisme. Kita hanya menggunakan karya-karya tersebut untuk dijadikan ide pengembangan dari karya versi kita sendiri. Sehingga, pastikan karya yang kita buat tidak sama persis ataupun meniru secara utuh agar tidak terkena plagiarisme dan pelanggaran hak cipta.

Lingkungan sekitar tidak selalu berarti orang terdekat lo Risers. Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi desain dari orang yang tidak kamu kenal dan sudah profesional yaitu melalui website seperti Dribble dan Behance. Semacam pameran, website ini menampilkan beberapa karya desain terbaru yang bisa jadi inspirasi bagi desainmu. 

3. Bergabung dengan Komunitas Belajar Desain Grafis    

Bergabung dengan komunitas
Sumber: Unsplash


 

Semakin berkembangnya keahlian desain grafis, telah memunculkan berbagai komunitas belajar desain grafis yang tersebar mulai dari internet, forum chat, hingga komunitas offline. Kita dapat bergabung dengan komunitas tersebut untuk saling belajar bersama dan berbagi pengetahuan tentang desain grafis. Kita dapat bersosialisasi dengan sesama pengguna, sehingga memunculkan ruang diskusi yang tentu saja dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang desain grafis.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat jika kita bergabung dengan komunitas lo! Mulai dari menambah relasi, mendapatkan pembelajaran, meningkatkan diskusi, saling belajar bersama, hingga mendapatkan kritik dan saran dari hasil karya desain grafis yang kita buat. Tentu semua benefit ini didapatkan secara cuma-cuma atau gratis. Telegram dan grup Facebook merupakan platform yang menawarkan bermacam komunitas belajar desain yang bisa kamu ikuti.

4. Mengakses berbagai Kursus atau Website Belajar Desain Grafis    

Mengakses kursus belajar desain grafis
Sumber: Unsplash


 

Cara belajar desain grafis gratis yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi kamu yang memiliki kendala secara otodidak, Kita dapat mengakses berbagai kursus dan website yang dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Beberapa website untuk belajar desain grafis gratis, diantaranya adalah Creative Pro. Creative Pro merupakan salah satu website yang menyediakan pembelajaran tingkat lanjut secara gratis. Di website ini, materi disajikan dengan bentuk artikel panjang, penjelasan tutorial hingga video. Creative Pro sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar desain grafis tahap lanjut secara gratis.

Website belajar desain grafis yang kedua ada Alison Online. Website ini menyediakan slide pembelajaran desain grafis secara gratis mulai dari tahap dasar hingga tahap profesional. Seluruh materi dapat diakses secara gratis. Namun, untuk mendapatkan sertifikat dan menghapus iklan dalam website, kita perlu melakukan pembayaran tambahan. Meski gratis, materi yang diajarkan Alison Online sangat berkualitas.

Dan yang terakhir adalah Envato. Envato adalah website kursus yang menyediakan beberapa video tutorial dan template desain secara gratis dan free license. Kini, Envato menawarkan beberapa produk seperti Envato Elements, Envato Market, Envato Tuts+ dan lainnya. Untuk mempelajari desain, Envato Tuts adalah tempatnya. Melalui web ini, kalian bisa mengikuti beberapa kursus diantaranya desain dan ilustrasi, web design, video & foto, bisnis, code, music, hingga game develeopment.

Keempat poin tadi merupakan sedikit dari sekian banyak cara yang ada di internet. Intinya, desain grafis bisa dipelajari oleh siapa pun dan kapan pun. Yang terpenting adalah kemauan dan komitmen. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa membantu teman-teman dalam meningkatkan semangat kalian dalam belajar desain grafis. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kursus Desain Grafis Buat Pemula