Website

Search

Apa itu Talent Sourcing? Ketahui Pengertian, Metode, dan Manfaatnya

  • Share this:
Apa itu Talent Sourcing? Ketahui Pengertian, Metode, dan Manfaatnya

Hi Risers, tahukah kamu apakah itu talent sourcing? Talent sourcing ini merupakan salah satu tahapan proses rekrutmen,loh. Namun dalam tahap ini perusahaan yang berperan penting dalam menemukan kandidat yang memiliki potensi untuk bekerja di perusahaan. Maka dari itu perusahaan harus berupaya lebih dalam menemukan kandidat yang memiliki kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Artinya, dalam hal ini HR harus memiliki beberapa kandidat yang memiliki potensi karena nantinya dari proses tersebut kandidat akan memasuki tahapan berikutnya. Jika memilih kandidat secara asal maka proses rekrutmen akan menjadi sia-sia. Ingin tahu lebih lanjut mengenai talent sourcing? Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mulai dari pengertian hingga manfaatnya!

 

Pengertian Talent Sourcing

uf_PBcfhMR6ceW2BvEjcGuKUnZc0HfOMl6uVqGU_tcFDPu82cxuIktemNfvglHVkrGLj8FozBARI0f6Huq6XUd3jnHegcXTOtWBigyeUfbUJhOHvf7rCfnTBpArVAxibRDUeep8f5Yo145aJuQ-hyBI

sumber: freepik.com

 

Talent sourcing merupakan proses strategi untuk mengidentifikasi, menarik, dan merekrut individu-individu berbakat yang cocok dengan kebutuhan dan budaya perusahaan, baik yang sedang mencari pekerjaan maupun yang belum aktif mencari pekerjaan. Hal ini melibatkan beberapa proses seperti pencarian proaktif dan selektif di berbagai sumber, seperti jejaring profesional, media sosial, referensi personal. Dengan talent sourcing dapat membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif dengan menghadirkan individu yang mampu memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai tujuan perusahaan.

 

Baca juga: Kenali Syarat dan Skill Menjadi HR yang Profesional

Metode Talent Sourcing

Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam talent sourcing yang dimana pilihan metode tersebut tergantung pada kebutuhan perusahaan, industri dan target audiens. Beberapa metode yang biasa digunakan sebagai berikut: 

  1. Pencarian proaktif

Pencarian proaktif menjadi cara atau pendekatan strategis dalam talent sourcing yang memungkinkan perusahaan untuk secara langsung mencari individu berbakat yang sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan untuk posisi tertentu. Selain itu, pencarian proaktif juga bisa dilakukan melalui sumber daya internal perusahaan, seperti database bakat atau referensi dari karyawan saat ini, untuk mengidentifikasi individu yang mungkin belum aktif mencari pekerjaan tetapi memiliki potensi untuk berkontribusi secara signifikan dalam organisasi. 

  1. Program Referral

Program referral ini menjadi salah satu metode yang efektif dalam talent sourcing dimana perusahaan mendorong karyawan saat ini untuk merekomendasikan individu berbakat yang mereka kenal untuk posisi di perusahaan. Melalui program ini, karyawan dapat memberikan rekomendasi atas individu yang dianggap memiliki potensi dan cocok dengan budaya serta nilai-nilai perusahaan. Karena karyawan cenderung merekomendasikan individu yang mereka yakini dapat berhasil dan beradaptasi dengan baik dalam lingkungan kerja, program referral sering kali menghasilkan kandidat yang berkualitas dan memiliki tingkat retensi yang tinggi. 

  1. Job fair

Partisipasi dalam acara karier atau biasa disebut dengan job fair merupakan strategi yang sangat efektif dalam talent sourcing di mana perusahaan aktif terlibat dalam berbagai acara seperti job fair, pameran karier, atau seminar industri. Melalui kehadiran langsung di acara-acara tersebut, perusahaan memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan calon kandidat potensial. Dengan menghadiri acara karier, perusahaan dapat memperluas jangkauan rekrutmennya, menarik perhatian calon kandidat potensial, dan memperkuat citra merek sebagai tempat kerja yang menarik dan berorientasi pada pengembangan karier.

  1. Membangun hubungan dengan intuisi pendidikan

Membangun hubungan dengan institusi pendidikan merupakan langkah strategis dalam talent sourcing yang melibatkan perusahaan dalam menjalin kemitraan dengan universitas atau lembaga pendidikan lainnya. Melalui kemitraan ini, perusahaan dapat mengidentifikasi dan merekrut lulusan baru yang memiliki potensi dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, kemitraan dengan institusi pendidikan juga memberikan manfaat jangka panjang, seperti akses terhadap sumber daya pendidikan dan penelitian, serta potensi untuk merekrut individu yang telah terlatih sesuai dengan kebutuhan dan budaya perusahaan. 

  1. Memanfaatkan sosial media

Saat ini media sosial menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan dan mencari informasi. Sebagai HR, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang kamu buka. Kamu bisa memanfaatkan platform media sosial profesional untuk membantu kamu dalam menemukan kandidat yang membutuhkan pekerjaan tersebut dan kamu bisa mengecek background pengalaman dan skill mereka. 

 

Baca juga: Jenis-Jenis Pekerjaan HR Yang Banyak Dicari Oleh Perusahaan Besar

Manfaat Talent Sourcing

Talent sourcing memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi perusahaan, di antaranya:

1. Mendapatkan Bakat Berkualitas

Talent sourcing memungkinkan perusahaan untuk menarik individu-individu berbakat yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya perusahaan. Ini membantu memastikan bahwa perusahaan mendapatkan karyawan yang berkualitas tinggi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan perusahaan.

2. Mengurangi Waktu dan Biaya Rekrutmen

Dengan memiliki akses langsung kepada bakat-bakat potensial dan memanfaatkan sumber daya internal serta eksternal, talent sourcing dapat membantu mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan dalam proses rekrutmen. Dengan mengidentifikasi kandidat yang sesuai secara proaktif, perusahaan dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari calon kandidat yang cocok.

3. Meningkatkan Retensi Karyawan

Dengan memilih karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan dan memiliki kompetensi yang sesuai, talent sourcing dapat membantu meningkatkan tingkat retensi karyawan. Karyawan yang merasa cocok dengan lingkungan kerja dan merasa dihargai cenderung bertahan lebih lama dalam perusahaan.

4. Mengembangkan Jaringan Bakat

Talent sourcing membantu perusahaan memperluas jaringan bakatnya. Ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses terhadap bakat-bakat yang mungkin tidak terjangkau melalui metode rekrutmen konvensional.

5. Meningkatkan Citra Merek Perusahaan

Dengan memperhatikan proses rekrutmen yang profesional dan menyediakan pengalaman positif bagi calon kandidat, talent sourcing dapat membantu meningkatkan citra merek perusahaan sebagai tempat kerja yang menarik dan berkualitas tinggi. Ini dapat membantu perusahaan menarik bakat-bakat terbaik di pasar kerja.

 

Secara keseluruhan, talent sourcing merupakan investasi yang penting bagi perusahaan dalam memastikan bahwa mereka memiliki akses terhadap bakat-bakat berkualitas yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.

Tertarik belajar mengenai Human Resource? Atau Berminat Untuk Berkarir Dalam Bidang HR?

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk berkarir dalam bidang HR dan tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai bidang ini, kamu bisa mengikuti program Bootcamp Human Resources dari Harisenin . Atau jika kamu ingin bertanya-tanya dulu, kamu boleh tanya Minse di Career Support atau DM Minse di Instagram ya! 

Hani Subakti

Hani Subakti

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pembangunan Jaya. Saya memiliki minat yang besar di dunia pemasaran, saya menemukan kegembiraan dalam seni membuat konten persuasif dan efektif untuk mencapai audiens. Saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk membangun, mengubah, dan menyentuh hati pembaca.