10 Plugin Figma Terbaik 2022 untuk UI UX Designer

10 Plugin Figma Terbaik
5 mn read

Menjadi seorang UI/UX Designer pastinya memerlukan beberapa tools untuk menunjang pekerjaannya. Selama bertahun – tahun seorang designer menggunakan tools dari adobe dan corel draw. Pastinya tools tersebut sudah melegenda. Lalu munculah Figma sebagai tools berupa design yang praktis berbasis cloud service. Figma ini bisa ditambahkan Plugin agar kita mempermudah proses pengerjaan design. Berikut ini adalah 10 Plugin Figma Terbaik 2022 yang bisa kamu gunakan.

Penjelasan Mengenai Figma

Figma Logo

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping dengan berbasis web serta fitur offline tambahan yang diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan untuk melihat prototype Figma pada perangkat seluler. Rangkaian fitur Figma berfokus pada penggunaan dalam antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna dengan penekanan pada kolaborasi waktu nyata (real- time).

Sederhananya, Figma adalah desain digital dan alat prototyping. Ini adalah aplikasi desain UI dan UX yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna yang lebih kecil yang dapat diintegrasikan ke dalam proyek lain. Dengan alat berbasis vektor yang hidup di cloud, Figma memungkinkan para penggunanya untuk bekerja di mana saja dari browser. Cara ini termasuk alat zippy yang dibuat untuk desain, pembuatan prototipe, kolaborasi, dan sistem desain organisasi.

Alat atau tool yang sebanding dengan Figma adalah termasuk Sketch, Adobe XD, Invision, dan Framer. Juga seperti banyak tool lainnya, Figma didukung oleh komunitas desainer dan pengembang yang kuat yang berbagi plugin untuk meningkatkan fungsionalitas dan mempercepat alur kerja. Siapa pun dapat berkontribusi dan berbagi. Figma juga digunakan oleh beberapa merek besar termasuk Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Nama-nama itu saja menunjukkan bahwa alat ini cukup kuat untuk memberi daya pada hampir semua proyek.

Baca Juga:

Kelebihan Figma

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Figma:

  1. Kolaborasi dapat dilakukan secara real time dengan transparansi yang baik sehingga memudahkan tim desain untuk bisa saling bekerja sama.
  2. Memiliki fitur untuk berbagi file yang cepat dan mudah.
  3. Alat desain ini berbasis cloud sehingga Anda tidak perlu melakukan penyimpanan desain secara manual di komputer. Desain juga menjadi lebih mudah untuk diakses dimana saja.
  4. Figma support untuk berbagai macam plugin. Desainer dapat menggunakan berbagai plugin untuk menambah fungsionalitas Figma.

Kekurangan Figma

Disisi lain, Figma juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

  1. Karena menggunakan browser, maka desainer harus online ketika akan mengerjakan desain. Jadi, jika tidak ada internet, maka Figma tidak bisa digunakan.
  2. Membutuhkan Intel HD Graphics 4000 atau lebih tinggi.
  3. Local caches dapat mempersulit desainer untuk melihat perubahan atau pembaruan desain.
  4. Anggota tim hanya bisa mengakses file hanya ketika desain sudah diunggah ke library sehingga dapat mengakibatkan delay

Plugin Figma Terbaik 2022

Iconify

Iconify

Plugin Figma Terbaik Pertama jatuh kepada iconify, Di Iconify ini terdapat 60 Proyeksi Ikon Hingga 50.000 Ikon yang dapat kamu gunakan untuk menambah elemen pada desain.

Pastinya memudahkan kita dalam mengimpor ikon yang penting dan lebih tertata dibandingkan kita harus mengimpornya sendiri. Kini Iconify bisa dijadikan sebagai plugin figma yang wajib kamu tambahkan.

Content Reel

Content Reel

Plugin Figma Terbaik Kedua adalah Content Reel, dengan menggunakan content reel kamu dapat memproyeksikan sendiri (Custome) dengan random tetapi terlihat elegan dan baik dibandingkan kamu melakukan sendiri. 

Content Reel memberikan pengalaman kamu dalam melakukan penulisan untuk prototyping yang seimbang dengan desain. Sehingga kamu dapat mengimplementasikannya dengan baik dan benar.

Autoflow 

Autoflow Figma

Plugin Terbaik Figma ketiga adalah Auto Flow. Autoflow ini memudahkan kita untuk menggambar alur. Cukup pilih 2 objek, tekan hotkey, dan garis akan secara ajaib ditarik di antara mereka.

Cara Menggunakan:

1. Pilih 2 objek

2. Klik kanan, cari Autoflow di menu Plugin

3. Pasang semua layar Anda dengan menekan ⌥⌘P untuk menjalankan plugin terakhir

Font Preview

Font Preview Figma Plugin

Plugin Terbaik Figma Keempat yaitu Font Preview dengan menggunakan font preview kamu bisa lebih jelas melihat contoh ataupun preview dari font yang ada.

Berbagai font bisa kamu dapatkan disini. Pastinya kamu bisa melihat secara langsung mockup ataupun penulisan dari font tersebut apakah sudah benar atau belum.

Unsplash

Unsplash Logo

Plugin Figma Terbaik yang harus kamu punya adalah unsplash. Unsplash memiliki 1 Juta gambar pada situs mereka bahkan lebih. Hal ini pastinya membantu kamu dalam mengambil stok foto untuk keperluan desain yang lain.

Sehingga kamu bisa lebih mudah mengimpor melalui unsplash. Kamu bisa menggunakan unsplash dan pastinya sangat mudah untuk mengimpornya. Hal ini wajib bagi kamu yang suka membuat desain.

Remove Background

Remove BG

Hanya dengan mengklik plugin figma terbaik yang satu ini kamu bisa menghilangkan background yang ada di gambar. Hal ini pasti mengefisiensikan waktu yang ada sehingga kamu lebih cepat dalam pengerjaan membuat desain.

Remove bg sangat penting bagi kamu yang juga sering mendesain di figma. Satu – satunya plugin yang kecil storagenya sehingga kamu bisa leluasa untuk menggunakannya.

Baca Juga: 

Datavizer

datavizer

Data visualization pun bisa kamu lakukan dengan Figma menggunakan plugin Datavizer.

Dalam plugin ini, kamu bisa membuat bar chart, scatter plot, dan line chart dengan mudah.

Kamu bisa meng-upload data dalam format CSV atau JSON.

Supertidy

Supertidy figma

Penyelarasan sangat penting dalam setiap proyek desain.  Sebuah ketidaksejajaran yang mutlak harus dihindari.  Super Tidy untuk Figma memungkinkan kamu menyelaraskan dengan mudah, mengganti nama, dan menyusun ulang frame kamu berdasarkan posisi kanvasnya.  Super Tidy juga mengganti nama frame kamu dan menyusunnya kembali di daftar lapisan berdasarkan posisinya di kanvas

Wireframing

Wireframing Figma

Sebagai UI/X Designer pastinya kita melakukan wireframing agar ada gambaran untuk proyeksi yang akan dibuat. Nah wireframing ini bisa kamu gunakan menjadi salah satu plugin figma terbaik yang kamu dapatkan. Ada banyak template yang bisa dipilih untuk mempercepat proses desainmu.

Image Palette

Image Pallete Figma

Jika kamu kesulitan menentukan kombinasi warna berdasarkan gambar, Palette adalah plugin figma terbaik yang tepat untuk kamu.  Ekstensi palet mengekstrak dengan 5 warna berbeda dari gambar yang dipilih.

Baca Juga: 

Harisenin Millenial School – UI/UX Designer And Product Management
Karena permintaan industri dengan UI/UX Designer sangat pesat. Harisenin.com menghadirkan Program Bootcamp UI/UX Designer. Harga yang terjangkau dan kamu pastinya dibekali materi dan praktek langsung bersama ahlinya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UI/UX Design bisa kamu ulik informasinya disini.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

Social Media