Bahasa:

Search

7 Tips Manajemen Waktu Ala Orang Jepang, Selalu Fokus Dengan Satu Hal!

  • Share this:
7 Tips Manajemen Waktu Ala Orang Jepang, Selalu Fokus Dengan Satu Hal!

Manajemen waktu adalah hal yang paling penting dalam hidup dan dunia kerja. Orang-orang yang tidak mampu melakukan manajemen waktu dengan baik biasanya akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan serta tugas mereka secara efektif dan efisien.        

Kemampuan dalam mengatur waktu menjadi lebih terorganisir sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal itu karena pekerjaan yang mungkin saja banyak dan kesibukan tiada henti memaksa kita untuk bijak mengatur waktu agar lebih seimbang antara pekerjaan dan kehidupan.       

Lucunya, di Indonesia banyak orang yang tidak pandai mengatur waktu dengan baik.       

Ngaret , adalah salah satu sifat orang Indonesia yang terkadang memperlambat segala proses pekerjaan. Jika dilihat dari sejarah, orang Jepang dulunya juga sering  ngaret seperti orang Indonesia.        

Namun, lama-kelamaan sifat ini dapat diubah menjadi tepat waktu dan secara langsung mempengaruhi kualitas sumber daya manusia orang Jepang.       

Mungkin Risers bertanya-tanya, memangnya sepenting itu ya manajemen waktu sampai bisa mempengaruhi sumber daya manusia? Temukan jawabannya di sini!   

     

Pentingnya Manajemen Waktu       

seseorang yang melakukan manajemen waktu
ilustrasi pentingnya manajemen waktu/unsplash.com       

Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi produktivitas kamu dalam bekerja. Seseorang yang payah dalam manajemen waktu dijamin akan keteteran dan kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.       

Tidak hanya itu, manajemen waktu yang payah diawali dengan rasa malas dan santai yang berlebih sehingga muncul rasa bahwa sesuatu itu bisa dikerjakan nanti.       

Nanti dan nanti, sebuah mindset yang harus diubah agar kamu dapat menjadi lebih disiplin dalam bekerja dan mengerjakan tugas.       

Karena itu, kamu perlu tahu beberapa alasan kenapa manajemen waktu itu penting:       

  • Dapat menata pekerjaan dengan baik        
  • Memberikan hasil yang lebih efektif        
  • Memperlancar pekerjaan       
  • Melatih sifat tanggung jawab dan disiplin       
  • Lebih fokus       
  • Mengurangi stress       
  • Meningkatkan produktivitas       

Masih banyak lagi sebenarnya alasan mengapa manajemen waktu itu penting, khususnya di dunia kerja.      

Jika kamu perhatikan, orang Jepang adalah orang yang paling bekerja keras dan sangat disiplin dalam melaksanakan pekerjaan mereka. Orang Jepang merasa bahwa sikap terlambat, malas dan tidak disiplin adalah hal yang memalukan.       

Karena itu, kamu bisa banget nih untuk meniru bagaimana sih cara manajemen waktu ala orang Jepang supaya bisa lebih disiplin dalam bekerja.       

Nah, Harisenin kali ini akan memberikan tips cara manajemen waktu ala orang Jepang yang wajib kamu tau! Simak di bawah ini yaa!       

 

Tips manajemen waktu ala orang Jepang       

1.Fokus pada satu hal       

L_qp1l3hA87NImiTuOCflNERGvopxDXq2sKesvzqCw45otf6fey26_W-Wayv6PffxlTZ1m_1h7i5Oo6DRpKGuLDJN_4OvS5iR546CLL3dEnUy78ssEw7SZQics-VvW7YWTn5Iy2YR6vqp5uiG3a7ZGrha3SVq_ZfBx_tyaG72NpnP59BMAmHLvhsSA
ilustrasi fokus pada satu hal/unsplash.com       

Jangan pernah mengerjakan sesuatu secara  multitasking . Ketika kamu mengerjakan sesuatu sambil melakukan hal lain, maka otak kamu mungkin akan kehilangan konsentrasi dan tidak fokus.       

Manajemen waktu yang baik adalah memfokuskan diri pada satu pekerjaan dan mengerjakannya sampai selesai.       

Ketika kamu fokus dalam mengerjakan satu hal, sebuah pekerjaan yang berat pun akan cepat selesai dengan baik.       

Kamu juga bisa menggunakan metode  kanban , yaitu metode untuk membagi sebuah pekerjaan menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Hal ini sering dilakukan oleh orang Jepang untuk menyederhanakan sebuah proses pekerjaan yang rumit.       

Contoh metode ini adalah menggunakan sticky notes yang berisi hal apa yang harus kamu kerjakan lebih dahulu.        

Jika kamu sering mengalami kerumitan dan kesulitan dalam mengerjakan sesuatu, cobalah metode  kanban agar dapat fokus pada satu hal dan membuat cara manajemen waktu kamu lebih baik.       

2. Membagi waktu untuk istirahat       

DFiHG8UeucosvM2mrhGoNzE5HB-UmVl0sQZLzNekKRIzas8xpP1dm0uZSCj_IJrAvybXkpb85wemHmabfXsdslHT8Y-2QwOMrz67_epK7qOOAZ_agAdaIUFLGAc4LQ5IWDKUTwPOx4CC2EjuTfxOFI4AMVjqnBUULeIvRaHnOuiZGKmUTZMJ5jnMyg
ilustrasi membagi waktu istirahat/unsplash.com       

Overwork is bad . Kerja keras mungkin menjadi penentu kesuksesan kamu, tapi jika kamu terlalu berlebihan dalam bekerja, maka hal tersebut akan mengganggu kesehatan dan produktivitas kamu.       

Diperlukan manajemen waktu yang baik untuk membagi kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk istirahat.      

Jangan memiliki kebiasaan untuk menunda sebuah pekerjaan, karena pekerjaan yang sangat padat terkadang membuat kita lupa untuk istirahat dan terus bekerja.      

Terkadang, ada orang yang waktu istirahatnya dilakukan di pagi hari dan terus bekerja hingga malam hari tanpa istirahat.       

Istirahat adalah bagian penting dalam bekerja, manusia perlu istirahat untuk memulihkan energi mereka dan dapat menjadi lebih produktif.       

Karena itu, kamu wajib melakukan manajemen waktu terhadap jam istirahat yang penting ini untuk memulihkan energi kamu setelah bekerja.       

3. Disiplin untuk setiap hal       

5lHjmbK2CGf9V4TrC1fSoiYPROw9rXXjTQtKaDim7Jmizs2OXRmGCGZOW7amzJB7gdlkVJNSXS-b1Q6WC1TwQEoGy69yVkSYsMAbvFuGKypjL5Q9LYHQ1GSENgXhP1MKlmNrMa19yNUxouEDkODLHAX4F3srqCl6sXxXIujoEhLRrFr7IxISOMJ9SQ
ilustrasi disiplin untuk setiap hal/unsplash.com       

Disiplin alias tidak ngaret . Disiplin mungkin menjadi masalah bagi kebanyakan orang Indonesia yang suka  ngaret . Padahal, dalam manajemen waktu sendiri disiplin adalah sifat yang dibutuhkan agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.       

Risers harus tahu, kunci dari disiplin adalah komitmen kita terhadap suatu pekerjaan dan sikap ketika menghargai waktu.       

Ketika kamu tidak memiliki komitmen dalam diri untuk bekerja sesuai waktu, jangan harap kamu dapat melakukan manajemen waktu dengan baik.       

Jika kamu disiplin, maka kamu dapat bekerja dengan maksimal. Inilah manajemen waktu dan sifat utama orang Jepang.       

Disiplin adalah kunci dari segala kesuksesan. Lakukan pekerjaan sesuai waktu yang diberikan dan jangan ngaret.       

4. Jangan menunda-nunda       

QHnlcvqITGePhHwRGr5OibHStfmIZNglRJqdpXiXQ0zNVb7lc65Mf0iPYY1anUjyq68MQPkvtK_AhAKXHoNW2Af4QNL_Kk7WNwucWzb56Dkh4xDNmcGF5ohIBwZvtQbNnxGAHKKW-cQzwLT60tQ8R-Z7yKaTCkx7_gM8FA2syjp0vicGTAoX4wcClg
ilustrasi jangan menunda pekerjaan/unsplash.con       

Disiplin dan sikap menunda-nunda seperti magnet dengan kutub yang sama yang saling mendorong satu sama lain.       

Sifat menunda-nunda adalah lawan dari disiplin dan begitu pula sebaliknya. Namun, disiplin diawali dari berhentinya sikap suka menunda pekerjaan. Jadi, jika kamu ingin memiliki sikap disiplin janganlah kamu suka menunda-nunda pekerjaan yang telah diberikan.       

Selain akan menjadi beban di hari berikutnya, sifat menunda waktu bekerja juga akan mengurangi motivasi dan menyebabkan kamu stress nantinya saat bekerja dalam jumlah banyak.       

Kamu mungkin akan menyalahkan atasan kamu karena memberikan pekerjaan yang banyak padahal kamu yang suka menunda pekerjaan.       

Coba untuk bekerja dalam jumlah sedikit tapi sering daripada bekerja dalam jumlah banyak tapi bikin stress. Inilah konsep  kaizen dalam manajemen waktu yang akan dijelaskan nanti.       

5. Langsung Mengerjakan tugas       

pcxD9mRS_qd8Td0GJLV76PIY-_m4NkTYV1Lv15njr_MDLY9IWySBi_-l8P1O2uhxsWNAFNA9tnSiJvCgzZN2_E6b91BVAmGjtchFM507enjPKMzkNue7P_o-K1MIa0mNDGwZNHsNXSrV5JKDuRV-m0XLF_DM14IgSEstVfR2nPiO2jWFikAdIEyZ2Q
ilustrasi mengerjakan tugas/unsplash.com       

Masih berkaitan dengan jangan menunda-nunda pekerjaan. Agar manajemen waktu kamu bisa lebih baik coba langsung mengerjakan tugas yang diberikan tanpa perlu diingatkan.       

Sebagai contoh, jika kamu diberikan pekerjaan pada hari senin dan deadline adalah hari Jum’at, jangan mengerjakan pada hari kamis.       

Coba langsung mengerjakan pekerjaan itu hingga selesai atau setengahnya. Cara ini terbukti sangat efektif agar manajemen waktu kamu dapat maksimal dan memberikan waktu istirahat yang banyak.       

Ketika kamu langsung mengerjakan tugas setelah diberikan kemungkinan yang terjadi adalah tugas itu dapat selesai hari itu juga atau selesai separuhnya.       

Dengan begini, kamu dapat memiliki waktu senggang yang cukup banyak untuk beristirahat atau mengerjakan tugas lain yang ingin kamu kerjakan.       

6. Menghargai waktu       

HjF6-5VY4VsxZjPGIsRtT3BBs1xdmRH_NzLjUIei3O4CcE1XcydcYrTgj8lUaV6K7j8aPJLzRxxAsbGfDN1czPlG-4L6GAHoIXrWUP4C_WXLM6acohHX412L7pQwwo5HyjcYIb76Gc0D3QqwV_Prght4Jeox8bV1tHLGIzXqGaChpORTNpyYXz8baA
ilustrasi menghargai waktu/unsplash.com       

Waktu adalah aset yang paling mahal yang kamu miliki. Jangan sampai aset ini terbuang sia-sia dan tidak memberikan keuntungan sama sekali.       

Orang jepang selalu menghargai waktu, ketika ia berjalan menuju stasiun kereta mereka tau waktu yang tepat untuk tiba sampai ke tujuan dengan memperhitungkan setiap menitnya.       

Berbeda dengan orang Indonesia yang justru lebih ke arah pembulatan waktu seperti, 5 menit atau 10 menit yang sama sekali tidak tepat menggambarkan berapa lama waktu yang diperlukan.       

Agar manajemen waktu kamu menjadi lebih baik, coba untuk menghargai waktu setiap detik dan menit yang ada.       

Jangan buat waktu yang kamu miliki sia-sia karena waktu tidak bisa kembali lagi. Dalam bekerja, coba hitung berapa lama waktu yang kamu lakukan untuk bekerja dan lakukan efisiensi jika bisa.       

Dengan begini, setiap pekerjaan yang kamu lakukan akan bisa kamu rasakan prosesnya dan dapat kamu nikmati.        

7. Konsep  kaizen       

PiME7C9SCjfrPx3KpoHoUQMVBbRnxHYa5FOOt7rXzjI9SBJiOR9El-siLbKvYAtvNB-7h9Jec09m6FGR7N4KIyKNP9lgeowhryQundhgZWYPTahbj8TSkHxgpy1gjAtOZGPQ_H38xcw_OC1yU8Cto9Mc4DYcKH7bUOl6U-_kdI2XXfSTEt9wp5OKGw
ilustrasi konsep kaizen/unsplash.com       

Tips cara manajemen waktu terakhir adalah konsep  kaizen . Sebuah konsep yang dilakukan oleh orang jepang sejak mereka masih sangat kecil.       

Dengan konsep  kaizen orang Jepang mampu mencegah sifat malas yang mereka miliki.        

Kaizen ditemukan oleh Masaaki Imai, seorang ahli teori organisasi dan konsultan manajemen Jepang. Kaizen juga dikenal sebagai prinsip satu menit yang terbukti efektif menghilangkan kemalasan.       

Kamu dapat menerapkan metode ini dengan cara melakukan aktivitas atau pekerjaan setiap harinya dalam waktu satu menit. Contoh, jika kamu ingin olahraga, coba lakukan setiap hari dalam satu menit. Lari di tempat satu menit atau sekedar peregangan tubuh.       

Lakukan secara terus menerus di waktu yang sama dan di saat yang sama. Jangan sampai untuk satu menit saja kamu tidak mau melakukannya.       

Dengan melakukan teknik ini, kamu akan merasakan sebuah perubahan yang signifikan dalam diri kamu seperti, sifat komitmen yang perlahan muncul dan menciptakan disiplin waktu yang luar biasa.       

Ingat, teknik kaizen tidak dapat dilakukan secara terburu-buru. Cukup satu menit dalam sehari dan dilakukan setiap hari.       

Tanpa kamu sadari, kamu mungkin akan menaikkan waktu satu menit itu secara perlahan karena merasa waktu itu kurang cukup.       

Selain itu, hal penting dalam kaizen adalah pahami apa yang menjadi tujuan kamu melakukan ini. Apakah untuk pekerjaan atau membangun konsistensi yang baik?       

Manajemen waktu adalah hal paling penting dalam dunia kerja. Setiap orang nantinya akan diberikan pekerjaan sesuai porsinya dan harus menyelesaikan pekerjaan itu sesuai waktunya.      

Diperlukan cara manajemen waktu yang baik agar pekerjaan yang diberikan dapat dikerjakan dengan efektif dan efisien.       

Tips cara manajemen waktu tadi dapat kamu gunakan untuk menumbuhkan sikap disiplin kamu dalam bekerja.        

Jika kamu orang yang suka menunda, maka cobalah konsep  kaizen untuk meningkatkan disiplin diri.       

Dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu akan mampu untuk bekerja dengan baik di dalam kesibukan dan ruwetnya dunia pekerjaan.       

Karena itu, Harisenin memiliki sebuah program pendidikan yang dapat membantumu dalam mengembangkan diri untuk mencapai karir sebagai professional.       

Dengan mengikuti kelas yang diberikan Harisenin, kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia pekerjaan untuk mengembangkan karir kamu di masa depan.       

Harisenin juga akan memberikan diskon spesial bagi kamu loh!       

Yukk! Ikut dan jangan lewatkan kesempatan untuk  claim voucher  video course pengembangan diri dari Harisenin karena banyak banget ilmu yang bisa kamu ambil!       

Klik link berikut ini ya!       

Raih karir impian bersama Harisenin!          


Rizki Ali Akbar

Rizki Ali Akbar