Bahasa:

Search

5 Games yang Buat Belajar Pemrograman Makin Mudah

  • Share this:
5 Games yang Buat Belajar Pemrograman Makin Mudah

Risers! kamu tahu tidak? Sekarang ini, pekerjaan programer semakin banyak lowongannya di perusahaan pemerintah maupun swasta. Hayo, Risers semakin tertarik untuk jadi salah satunya? Wajib banget belajar pemrograman dasar!
 

Untuk kamu yang baru saja mulai mengenal pemrograman mungkin akan bingung dengan apa saja yang akan dipelajari, tapi tenang Risers! Karena Harisenin.com akan bantu kamu belajar lebih mudah dengan cara ini.

 

Baca Juga: Mengenal Pemrograman, Pengertian Hingga Skill yang Dibutuhkan 

Games untuk Belajar Pemrograman Dasar

sPp8AKzS5ACez0UEAGbjcqrjlICvKzLFFjqIJy7YK-eXrvsOf-huBdT-SNmAphcqNjTHGNsh6ildG929k-rR8_4Tj6tj3otBjfnkgOSXyqUyN879_Hhmfjhf32EYjgxvIWaIfNp4G40DI0lauSFjIQ

Sumber: Unsplash


 

Games? Iya! Belajar pemrograman dasar jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan 5 games yang Harisenin.com rekomendasikan. Permainan ini pun bisa kamu buka dan unduh di platform tertentu dan juga semua platform. 

 

Kapan lagi seru-seruan main dan menambah ilmu disaat yang bersamaan? Penasaran, 'kan? Ini dia rekomendasinya.

 

Learn Coding/Programing: Mimo

6G5jMKzzXPpNKhIvKPqenwz7mHMYc1T88ZC-G-jgDOQ9VutoibAZJRpKRCo3ssC3goXo10GikrxIstb_vFNR7HaimBB6gWgSV5sCLBdE-3zCr9xL-VyiZZQ4o72IfFGSer8oMJfjA3ZRlS7Dl7LdDA

Sumber: Getmimo.com

 

Kita kenalan dengan si imut, Mimo. Permainan ini tidak hanya memperlihatkan UI/UX Experience yang nyaman, tapi juga memiliki silabus pemrograman yang runtut dan sesuai dengan keinginan.

 

Di sini, kamu bisa belajar cara menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, HTML, dan lainnya dengan cara yang menyenangkan. Pokoknya bebas kaku, deh!

 

Bahkan, Mimo menyediakan programing community yang akan memudahkan kamu berkomunikasi dengan para programer di seluruh dunia. 

 

Sst, lebih hebatnya lagi kamu bisa dapat sertifikat! Uwah, kapan lagi games bisa seserius itu?

Code Monkey

Q8RRtmvFCjC-PHbKlqw_jKHUsR15q7G2GRgF7hxMUBiS-UZ0fddbYnJYEpuvbwYdP6zHLajIKgZNgZLR6VDkm72pw_0iXAH5Babuszm2Pw6Hkq4-EZblkETaG9GgJuFLx0iccflWJacR0W5cILWgnQ

Sumber: Codemonkey

 

Walaupun target marketing mereka adalah anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan kamu 'tuk bisa bermain game belajar pemrograman dasar satu ini. Bahkan bisa menjadi media untuk healing karena cerita di dalamnya sangat ringan dan pastinya ilustrasinya bikin betah!
 

Permainan ini sangat menarik karena menyajikan jalan cerita bertema petualangan yang dihubungkan dengan belajar coding agar lebih dipahami. Setiap stage memiliki instruksi yang berbeda, tapi memiliki dasar yang sama  yaitu untuk mempelajari pemrograman.

 

Tidak hanya belajar pemrograman dasar, Code Monkey memberikan kamu kesempatan untuk membuat aplikasi atau game sendiri, lho
 

Tidak perlu khawatir merasa bingung, Risers. Karena Code Monkey juga menghadikan pengajar yang sudah handal dalam pemrograman, kamu bisa bertanya secara bebas dan berdiskusi.

CodinGame

2oyCPW3Sn569FRLmlvbpDswVuEB-yAfwUeKg0PudGNETNAeufpdhK3cJn6P3Mafxhrh8LuQz1lU0Y8qN2cSY4pGrOBSCRRtsapWY0BAKBp-_LK9iSxzn3L4DbKYWDEboo3Cmy2RjATLWTcRd0BiVSA

Sumber: Progsoft.net


 

Main 'Mobile Legend' sebari belajar programming? Bisa! 

 

Eits, tapi bukan berarti kamu akan benar-benar belajar dari ML, ya. Melainkan lewat CodinGame yang menyajikan konsep permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang sangat menantang.

 

CodinGame sendiri menyediakan fasilitas belajar bahasa pemrograman dasar dari berbagai bahasa pemrograman yang beragam. Selain itu, kamu bisa banget ajak teman-teman kamu untuk belajar sekaligus mengalahkan tantangan-tantangan yang ada. 

 

Bahkan game ini punya kompetisi internasional, lho! Bisa banget nih ajang ini dimasukan ke dalam CV dan juga portfolio sebagai penunjang untuk mencari kerja. 

Untrusted

D1FiToBIrz5kUGw8k-6CsJsZRlI1lnO0S3-0dedxk5DnHhZqxGQAd-zyqAsP82AaAvlDDnuf5G7aeZ8mFaagAei2teyWJjfhJF_yBUoV5AUrNUeFJHb-MxCs42HbRXBEBq3Tcx7-BSF6izBTN4adkw

Sumber: Kaskus


 

Kalau kamu penasaran dengan bagaimana cara JavaScript bekerja, Untrusted bisa jadi teman belajar pemrograman dasar yang baik. 

 

Permainan ini memiliki tampilan yang sederhana, tapi dapat mengundang penasaran. Saat membuka situsnya, kamu seakan diajak untuk memecahkan kasus misterius. Bahkan dengan tampilannya yang gelap, kesan misteriusnya pun semakin menjadi-jadi. Seakan-akan kamu tengah diberi tantangan oleh seorang hacker yang membuat banyak orang gelisah!
 

Untuk kamu yang senang dengan permainan teka-teki, permainan ini pas banget untuk kamu! Karena Untrusted terdiri dari berbagai level yang akan semakin sulit teka-tekinya saat menaiki level tinggi.

CodeCombat

r_dH3sGkuF31Az2wj9dLNAWKBXRxbpnVQz4-XggN9N_4Aia2byjRU2MbLWeIkCsXtfVk2aqrzCqwaZ06605xCEMWLQm818GOjXasDFEeRvlOptmrEshRQtItv99kzVe2O621Xi2Mj7ynFk5q5GP2yQ

Sumber: Codecombat


 

Belajar JavaScript, CoffeeScript, Python, dan bahasa pemrograman dasar lainnya sembari bermain permainan petualang bisa Risers lakukan di Codecombat.
 

Permainan ini akan langsung membawa kamu memasuki labirin dengan tema yang berbeda, nantinya kamu wajib keluar dari labirin dengan cara memecah masalah pemrograman. Tidak hanya masuk labirin, CodeCombat juga  menghadirkan karakter yang bisa bertarung! Wah, masa sih kamu ragu untuk coba?

Gimana, Risers? Sudah tahu ingin mencoba games yang mana untuk menemani belajar pemrograman dasar kamu? Semoga permainan ini bisa memberikan pemahaman yang lebih mengenai pemrograman, ya! Oh iya untuk kamu yang ingin belajar coding yuk ikuti bootcamp full stack development dari Harisenin!


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi