Bahasa:

Search

To Do List Memulai Belajar Bahasa Inggris dari Nol

  • Share this:
To Do List Memulai Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Halo, Risers! Menguasai bahasa Inggris secara praktis dapat memudahkan banyak hal saat ini. Tetapi jika melihat pada kenyataan, tidak sedikit juga orang yang tidak mendapat kesempatan untuk mempelajarinya. Maka melalui artikel ini mari membahas hal-hal yang bisa dilakukan, atau to do list belajar bahasa Inggris dari nol!

Bahasa Inggris sendiri telah dianggap sebagai bahasa internasional. Bahasa tersebut sudah diakui secara global, dengan menguasai bahasa inggris, akan memberikan keuntungan dan membuka berbagai kesempatan untuk kita. 

Seperti bagi pelajar, skill bahasa ini bisa menjadi nilai tambahan diri. Jika ada kesempatan dan kemauan, studi ke luar negeri pun cenderung menjadi impian yang bisa digapai. Sebab, bahasa Inggris banyak menjadi keahlian yang dibutuhkan bagi para kandidat pendaftar studi ke luar negeri ini. Tidak hanya untuk pelajar, bagi kamu yang ingin bekerja di luar negeri, bahasa inggrismu juga harus lincah. Sebab, komunikasi bisnis menjadi hal yang utama.

Nah, berikut ini adalah beberapa to do list yang bisa dilakukan bagi kamu yang baru belajar bahasa Inggris dari nol. 

#1 Kenali dan Kuasai Hal-Hal Basic

Kenali dan Kuasai Hal Basic dalam Bahasa Inggris - Pixabay
Sumber: Pixabay

Untuk memulai, kamu dapat memperkaya perbendaharaan kata (vocabulary). Mempelajari kata-kata yang banyak digunakan dalam keseharian juga bisa menjadi awal yang bagus. Misalnya seperti vocabulary yang digunakan di rumah, tempat kerja, dan untuk berkomunikasi dengan teman. 

Hal mendasar lainnya yang bisa kamu coba dalami adalah grammar. Grammar merupakan struktur penyusunan kata menjadi kalimat yang dianggap benar.  Beberapa poin pembelajaran yang tercakup di dalamnya yaitu verb, noun, adjective, pronoun, adverb, dan lain-lainnya. Bahkan, ada banyak materi yang bisa kamu akses di google secara gratis, loh.

Baca Juga: 10 Situs Cek Grammar Bahasa Inggris Gratis, Wajib Dicoba!

#2 Unduh Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Unduh Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Belajar dari Nol - Pixabay
Sumber: Pixabay

Aplikasi-aplikasi ponsel saat ini telah banyak menawarkan macam-macam fungsi dan manfaat, termasuk untuk belajar bahasa Inggris. Kemudahan ponsel untuk dibawa kemana-mana pun menjadi salah satu poin plus. Dibanding membawa kamus atau beragam buku belajar yang tebal, satu ponsel sudah cukup untuk menampung berbagai aplikasi. 

Bagi yang baru belajar bahasa Inggris dari nol, aplikasi terjemahan bahasa Inggris - Indonesia akan berguna untuk memudahkan proses belajar. Jika kemampuanmu sudah jauh meningkat, kamu bisa mencoba menggunakan Oxford Dictionary dan thesaurus. 

Di samping aplikasi-aplikasi berjenis kamus tadi, terdapat juga banyak aplikasi lain untuk melatih skill listening, reading, speaking, ataupun writing. Contohnya antara lain seperti Doulingo, Grammarly, Memrise, dan lain-lain. Kamu bisa menyisihkan beberapa waktu per hari untuk belajar. Hal ini tentu saja bisa membantu kamu supaya bahasa inggrismu makin hebat!

Baca Juga: 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula dalam Mencapai Karir

#3 Belajar dari Pop Culture

Belajar Bahasa Inggris Dari Pop Culture - Pixabay
Sumber: Pixabay

Pop culture tidak dipungkiri mengelilingi kehidupan saat ini. Pop culture di negara Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika bisa disebut sebagai beberapa yang adanya cukup banyak diikuti. Lagu-lagu pop kini bahkan dipadukan dengan bahasa inggris dan memudahkanmu untuk mempelajarinya.

Meskipun berasal dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, globalisasi membuat pop culture tetap dapat dinikmati. Misalnya seperti lagu dan film Korea yang memiliki closed caption (CC) bahasa Inggris. 

Mempelajari bahasa Inggris dari pop culture yang kamu gemari bisa menjadi salah satu cara untuk belajar!

#4 Praktik, Praktik, Praktik

Belajar Bahasa Inggris dari Nol dengan Praktik - Pixabay
Sumber: Pixabay

Skill dasar dari bahasa Inggris tidak hanya sekadar mengerti bacaan artikel berbahasa Inggris atau paham mendengar percakapan film luar. Di samping itu, kemampuan berkomunikasi juga harus menjadi skill yang turut dikembangkan. 

Maka selain belajar vocabulary, grammar, dan sebagainya, jangan lupa untuk mencoba mempraktikkannya. Berlatihlah untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dan tentu saja, jangan langsung berkecil hati saat kamu membuat kesalahan dalam prosesnya. 

Jika kamu belum terlalu percaya diri, kamu bisa mencoba melatihnya seorang sendiri (monolog). Mulai dengan membicarakan hal atau topik mudah atau yang kamu suka. Saat kamu sudah mulai merasa cukup, cobalah untuk berlatih untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Praktik berbicara dengan orang yang merupakan native berbahasa Inggris juga akan menjadi lebih baik! Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, kondisi ini menjadi sangat memungkinkan. Beberapa aplikasi berbicara dengan orang asing (dengan menggunakan bahasa Inggris) yang bisa kamu coba misalnya seperti Omegle dan MeetMe.

Asah kemampuan dan yakinlah pada dirimu kalau kamu mampu selama ada akses kemudahan untuk belajar bahasa inggris.

Baca Juga: 12 Tips Interview Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Jika kamu belajar bahasa inggris dari nol dan membutuhkannya untuk dunia kerja, kamu bisa secara spesifik mendalami English for Professionals. Harisenin.com sendiri memiliki kelas ProClass untuk mempelajari skill bahasa Inggris ini. Untuk selengkapnya, segera cek di sini!


Celine Anastasya

Celine Anastasya