Bahasa:

Search

4 Bahasa Pemrograman untuk Android Terbaik Tahun 2022, Wajib Belajar!

  • Share this:
4 Bahasa Pemrograman untuk Android Terbaik Tahun 2022, Wajib Belajar!

Android Developer menjadi profesi yang memiliki prospek baik pada era digital, bahkan banyak dicari perusahaan. Untuk menjadi seorang Android Developer, Risers perlu menguasai beberapa skill dan salah satunya adalah belajar bahasa pemrograman untuk android. 

Bagi Risers yang ingin belajar bahasa pemrograman untuk andorid, tapi masih bingung ingin belajar yang mana, tenang-tenang! Sebab harisenin.com akan memberikan 4 rekomendasi bahasa pemrograman terbaik pada tahun 2022.

Baca Juga: Berikut 7 Bahasa Pemrograman yang Harus dikuasai Full Stack Developer

4 Bahasa Pemrograman untuk Android Terbaik 2022

android
Sumber: Unsplash


Android merupakan salah satu sistem ponsel yang digunakan oleh sebagian orang yang ada di dunia. Terlebih lagi pada zaman sekarang, manusia tidak dapat hidup tanpa adanya ponsel di genggamannya. Tidak mengherankan jika Android Developer menjadi profesi yang sangat menghasilkan di era ini.

Menguasai bahasa pemrograman untuk android jadi kriteria utama seorang Android Developer. Sekarang ini, mulai banyak bahasa pemrograman yang dibuat dan dikembangkan oleh para ahli untuk menunjang kenyamanan android kedepannya. 

4 bahasa pemrograman ini dipilih berdasarkan popularitas, fleksibilitas, dan performa yang dirasakan oleh para Android Developer. 4 bahasa pemrograman ini dapat jadi acuan untuk Risers yang akan belajar bahasa pemrograman.

Kotlin

kotlin pemrograman
Sumber: Unsplash

Bahasa pemrograman untuk android pertama yang bisa Risers pelajari adalah, Kotlin! Kotlin disebut sebagai bahasa pemrograman modern yang berjalan pada platform Java Virtual Machine (JVM). 

Mengapa Kotlin masuk ke dalam bahasa pemrograman terbaik? Sebab Kotlin merupakan bahasa pemrograman android nomor satu yang dikembangkan untuk android. Maka dari itu, bahasa yang satu ini digandrungi oleh Android Developer lainnya.

Pastinya Risers tahu bahwasannya bahasa pemrograman identik dengan adanya tanda titik koma (;) yang menjadikannya terlihat rumit. Nah, berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain sebab Kotlin sudah tidak menggunakannya kembali. Say goodbye to titik koma!

Cuma segitu saja kelebihan Kotlin? Tentu tidak! Dengan menggunakan Kotlin, kamu akan lebih mudah menghafal formula suatu perintah. Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya yang identik panjang, Kotlin dapat memberikan formula perintah dengan sangat ringkas. 

Tidak hanya bisa digunakan oleh android, Kotlin juga bisa digunakan untuk membentuk website, lho! Bahkan katanya, developer Kotlin tengah mengembangkan bahasa pemrograman agar cocok di IoS. Wah, semakin hebat bukan?

Namun, dibalik kehebatan Kotlin menyimpan kelemahan di dalamnya. Dilansir dari Designveloper, kekurangan Kotlin adalah bahasanya yang tidak cocok untuk device yang lama dan kemungkinan akan sering error.

Java

java pemrograman
Sumber: Unsplash

Risers kira-kira familiar tidak ya dengan gambar di atas? Ya, bahasa pemrograman yang satu ini sudah sangat populer sejak dulu karena berhasil mengembangkan banyak aplikasi bahkan sampai website besar! Spotify adalah salah satunya.

Rasanya Risers sudah bisa menebak alasan mengapa Java masuk ke bahasa pemrograman untuk android terbaik? Betul! Karena fleksibilitasnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk berbagai device dan digunakan untuk pengembangkan aplikasi, desktop, bahkan website. Bahasa pemrograman ini dinilai sebagai bahasa berkualitas tinggi yang dapat beradaptasi dengan device mana pun.

Java merupakan bahasa pemrograman yang telah dibuat sejak 1900-an. Risers pernah dengan kata, ‘Makin tua makin matang’? Istilah tersebut terbukti adanya, sebab Java memiliki library yang melimpah. Library yang dimaksud adalah fungsi yang bisa langsung digunakan untuk membuat suatu aplikasi.

Jika Risers ingin membentuk sebuah improvisasi dalam aplikasi, dengan Java kamu bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus mencari fungsi dengan lama. Walaupun begitu, bahasa pemrograman yang dimiliki Java masih mengandung tanda titik koma (;). Tapi sama seperti Kotlin, bahasa yang digunakan lebih sederhana dibanding bahasa pemrograman lain.

Lantas apa yang jadi kelemahan Java? Bahasa yang satu ini memiliki memori yang besar sehingga Risers yang memiliki laptop atau PC yang memorinya kecil pun harus was-was. 

C#

C# pemrograman
Sumber: Unsplash

C# atau disebut C Sharp adalah bahasa pemrograman untuk android ketiga yang bisa Risers pelajari. Sama seperti Java, C# menjadi bahasa pemrograman yang fleksibel sehingga kamu bisa membuat website, desktop, dan aplikasi dengan bahasa ini.

Bahasa pemrograman yang satu ini sangat membutuhkan framework yang dikenal sebagai .NET Framework. Sama seperti Java bahwasannya C# berorientasi pada objek, maksudnya adalah dengan C# kamu dapat membuat setiap objek di dalamnya bergerak mandiri sesuai dengan perintahnya sendiri untuk memecahkan masalah. Dengan ini, developer dapat membuat suatu program lebih cepat.

Tidak hanya digunakan untuk website, desktop, dan aplikasi biasa. C# bisa digunakan untuk mengembangkan suatu game, Risers! Jadi untuk kamu yang tertarik pada dunia gaming, bisa banget nih mempelajari bahasa pemrograman satu ini.

Apa yang menjadi kekurangan C#? Sedikit disayangkan bahwasannya bahasa pemrograman yang satu ini cukup sensitif dan formula yang cukup rumit, sehingga kesalahan sedikit dapat terjadi. Selain itu, akan lebih baik jika kamu bisa mempelajari C++ terlebih dahulu sebelum berpindah pada C#.

C++

C++ pemrograman
Sumber: Unsplash

Bahasa pemrograman untuk android terbaik yang terakhir adalah C++! Bahasa yang satu ini juga pastinya tidak asing di telinga para developer sebab telah berhasil membentuk formula Google Chrome dan World of Warcraft. 

Tidak hanya bahasa dasar, C++ ini juga memiliki bahasa pemrograman yang fleksibel sehingga Risers dapat menggunakannya untuk berbagai macam produk aplikasi, desktop, website, bahkan game. Bahkan disebutkan jika C++ ini menjadi pemrograman yang banyak dipakai oleh para gamer developer untuk membuat game. Hayo, mana lagi nih Risers yang memiliki ketertarikan pada dunia gaming?

C++ memiliki kelebihan, bahasa pemrograman ini kerap membuat sebuah pembaharuan sehingga Risers tidak perlu merasa ketinggalan zaman. Sebab sama seperti digital, bahasa pemrograman pun akan terus berevolusi. Tapi Risers tidak mau ambil pusing, bahasa pemrograman C++ ini juga masih worth it untuk dipelajari.

Sama seperti C#, C++ juga berorientasi pada objek atau Object Oriented Programing (OOP). Nantinya, setiap objek memiliki data yang dapat berintegrasi dengan objek lainnya untuk memecahkan masalah. Sehingga, Risers yang ingin mengubah suatu formula pun tidak perlu mengulang dari awal.

Namun, C++ ini cukup kompleks sehingga butuh waktu cukup lama untuk mengenal bahasa C++ lebih lama. Selain itu, bahasa ini juga sensitif dan bahkan tidak aman. Dikutip dari idcloudhost, hal yang membuat C++ menjadi tidak aman adalah pointer, variabel global, dan lainnya. Hal tersebut dapat merusak program yang kamu buat.

Bagaimana? Sudah berhasil menentukan bahasa pemrograman untuk android mana yang akan kamu pelajari?

Baca Juga: 8 Bootcamp Termurah di Indonesia yang Bisa Kamu Dapatkan di Harisenin.com

Anisa Fitri

Anisa Fitri