Bahasa:

Search

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Apa Itu Full Stack Developer

  • Share this:
5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Apa Itu Full Stack Developer

Belakangan ini banyak iklan-iklan pekerjaan untuk posisi Full Stack Developer berjejer di hampir seluruh aplikasi pencarian kerja hingga sosial media. Hal ini tentu membuat orang-orang bertanya-tanya apa itu Full Stack Developer?

Full Stack Developer adalah orang yang bertugas membuat atau membangun suatu aplikasi atau website secara keseluruhan. Di era digital seperti sekarang ini posisi sebagai Full Stack Developer sangatlah diminati. Tak jarang banyak perusahaan-perusahaan yang mencari orang-orang dengan posisi Full Stack Developer ini loh! Selain perusahaan, Full Stack Developer juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang merintis usahanya, khususnya bisnis online. Jadi, sudah dipastikan posisi sebagai Full Stack Developer ini sangatlah menjanjikan.

Nah, selain pengertian singkat dari Full Stack Developer di atas, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk lebih mengenal apa itu Full Stack Developer!

Apa Itu Full Stack Developer
Source By : Istock

Jobdesk Full Stack Developer

Tugas dari seorang Full Stack Developer yaitu membangun suatu website secara keseluruhan. Umumnya pembuatan website dilakukan oleh dua orang, yakni Front End Developer dan Back End Developer. Front End Developer bertugas membuat tampilan dari suatu web, sedangkan Back End Developer mengerjakan sistem dalam bagian web. Namun Full Stack Developer merangkap menjadi keduanya.

Jadi, bisa dibilang Full Stack Developer merupakan gabungan dari Front End Developer dan Back End Developer. Dengan kata lain, Full Stack Developer merangkap menjadi kedua tersebut. Seorang Full Stack Developer harus mampu mengerjakan tugas dari Front End hingga Back End Developer. Singkatnya, Full Stack Developer harus bisa mengerjakan keseluruhan project web, dimulai dari tampilannya hingga sistem kerjanya.

Apa Itu Full Stack Developer
Source By : Istock

Skill yang Dibutuhkan Seorang Full Stack Developer

Seorang Full Stack Developer harus memiliki skill-skill tertentu untuk menunjang pekerjaannya ini. Skill yang wajib dimiliki seorang Full Stack Developer dibagi menjadi dua, yaitu soft skill serta technical skill. Untuk soft skill, seorang Full Stack Developer dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, karena selain membangun suatu web, Full Stack Developer juga perlu berkomunikasi dengan klien untuk mengetahui website seperti apa yang diinginkan klien. Jadi, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik tentu sangat dibutuhkan oleh seorang Full Stack Developer.

Untuk technical skill, seorang Full Stack Developer wajib memiliki skill programming dasar, contohnya seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, hingga MySQL. Setidaknya seorang Full Stack Developer harus bisa menguasai bahasa pemrograman dasar tersebut untuk bisa terjun menjadi seorang Full Stack Developer.

Baca juga : Berikut 7 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Full Stack Developer

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Full Stack Developer

Selain memiliki soft skill serta technical skill seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seorang Full Stack Developer juga dituntut untuk memiliki sifat-sifat yang dapat menunjang karirnya sebagai seorang Full Stack Developer. Salah satu sifat yang harus dimiliki seorang Full Stack Developer yaitu memiliki semangat tinggi dalam belajar.

Bahasa pemrograman tentu bukan sesuatu yang monoton, bahasa pemrograman akan selalu ada upgrade seiring berjalannya waktu, dan Full Stack Developer harus mampu untuk selalu mengikuti arus tersebut. Itulah sebabnya penting bagi seorang Full Stack Developer untuk memiliki keinginan yang kuat dalam belajar, khususnya mau untuk mempelajari hal-hal baru.

Prospek Kerja Full Stack Developer

Prospek kerja seorang Full Stack Developer di era digital seperti sekarang tergolong sangat bagus. Posisi Full Stack Developer sekarang banyak dicari, baik oleh perusahaan hingga bisnis-bisnis kecil yang sedang merambah ke bisnis online. Di era sekarang ini hampir seluruh perusahaan maupun bisnis-bisnis rumahan memiliki website. Hal itu tentu untuk menunjang kinerja perusahaan serta untuk menjangkau konsumen lebih luas. Jadi, di era sekarang ini hampir semua perusahaan membutuhkan seorang Full Stack Developer.

Kisaran Gaji Full Stack Developer

Kisaran gaji Full Stack Developer di Indonesia bahkan di seluruh dunia relative menggiurkan. Berdasarkan laporan di situs pencarian kerja indeed, gaji Full Stack Developer di Indonesia rata-rata mencapai Rp. 6.000.000 per bulan, hingga yang paling tinggi bisa mencapai Rp. 10.000.000 per bulan. Namun nilai ini tentu berdasarkan pengalaman dan juga perusahaan yang kalian lamar.

Nah, berikut tadi merupakan hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Full Stack Developer, dimulai dari jobdesk hingga kisaran gajinya. Tertarik bekerja sebagai Full Stack Developer? Ikuti kelas Full Stack Developer di harisenin.com dan dapatkan kesempatan berkarir sebagai Full Stack Developer. Klik disini.

Baca juga : Apa itu Programmer? Baca 6 Hal Tentangnya di Sini!

Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi