Bahasa:

Search

Berikut 7 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Full Stack Developer

  • Share this:
Berikut 7 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Full Stack Developer

Bahasa Pemrograman bagi full stack developer pastinya wajib dikuasai. Demi menunjang pekerjaan yang lebih baik lagi di dunia teknologi. Pastinya ada beberapa bahasa pemrograman yang penting untuk dikuasai seorang full stack developer. Berikut ini adalah ulasan mengenai bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh full stack developer

Apa Itu Full Stack Developer 

Full Stack Developer
Source By : Google Pictures

Sebelum kita mengetahui bahasa pemrograman dari full stack developer kita harus mengetahui. Apa Itu Full Stack Developer. Singkatnya full stack developer adalah seseorang yang merangkap tugas menjadi front end dan juga backend secara bersamaan. Pastinya pekerjaan tersebut membutuhkan ketelitian khusus guna menjalankan aset dan pekerjaan yang diinginkan. Full Stack Developer tidak hanya bertugas pada sistem website internal saja sebagai programer seharusnya melakukan riset dan juga mengetahui eksternal dalam website.

Terlepas dari itu semua pastinya saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa maupun profesi ini karena saat ini teknologi sangat masif dan berkembang dengan cepat sehingga dibutuhkan talenta digital yang berkutat di dunia teknologi.

Skill yang dibutuhkan menjadi Full Stack Developer 

Terlepas dari pekerjaan tersebut lalu skill apa saja yang harus dibutuhkan oleh seorang full stack developer. Berikut sedikit ulasan mengenai skill yang dibutuhkan seorang programer.

Seorang programer tidak hanya mengandalkan technical skill atau hard skill. Karena pada dasarnya programer tidak hanya membaca bahasa pemrograman melainkan seorang programer harus dapat mempunyai soft skill yang mempunyai berikut softskill yang bisa dibutuhkan sebagai seorang developer.

  • Berkomunikasi dengan baik dengan client maupun divisi lainnya agar mudah menerima pendapat ataupun insight dari orang lain,
  • Selain dengan berkomunikasi juga seorang programer harus bisa mengelola waktu dengan pekerjaan mereka. Harus dapat menyusun target karena dengan hal tersebut pastinya lebih tertata dan terarah.
  • Kemudian untuk softskill lainnya seorang programer harus mempunyai critical thinking sehingga berpikir secara logis dan juga relevan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Technical Skill 

Untuk technical sendiri pastinya seorang developer harus mempunyai pengalaman yang mendalam seperti

  • Frontend, dimana seorang developer harus dapat menguasai front end sebelum mengarah ke UI/UX dan Backend hal ini menunjukan agar seorang developer dapat mengerjakan tampilan yang memadai pastinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari segi tampilan website maupun aplikasi.
  • Backend, Untuk menjalankan hal mengenai responsif dan juga perkembangan dari sebuah website dan aplikasi. Kamu harus menguasai backend dengan bahasa pemrogramannya seperti python, Mysql, dan sebagainya.
  • UI/UX, UI/UX adalah 2 hal yang berbeda namun berseberangan antara satu sama lain. Kamu bisa lebih memaksimalkan tampilan dan user flow pada skill yang satu ini. Seorang developer harus paham dan juga dari segi tampilan mereka juga harus dapat menguasai dan untuk kepuasan dari para konsumen.
  • Database, Hal yang dimaksud adalah database yang berarti berisikan hasil data yang diolah agar lebih mempunyai data yang relevan untuk keperluan perusahaan. Nah ini dia riset yang dilakukan oleh seorang developer.
  • SEO, Mungkin terdengar aneh karena developer harus paham akan makna SEO. Akan tetapi seorang developer harus paham mengenai SEO, Seperti Crawl, Speed dan Web Vitals.
Baca Juga : Apa itu Programmer? Baca 6 Hal Tentangnya di Sini!

Gaji Yang didapatkan Full Stack Developer 

Gaji yang didapatkan oleh FSD kisaran Delapan Juta Rupiah hingga Sebelas Juta Rupiah untuk Fresh Graduate. Namun perlu ditekankan hal tersebut sebenarnya fluktuatif mengingat project yang diberikan oleh client ataupun perusahaan.

Bahasa Pemrograman 

Setelah mendapatkan wawasan dari pekerjaan mengenai full stack developer. Berikut ini kita langsung ke topik pembahasan utama yaitu 7 Bahasa Pemrograman yang harus dikuasai oleh full stack developer.

Front End, Untuk menjadi frontend ada beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai seperti HTML, CSS dan juga Javascript. Berikut adalah ulasan mengenai bahasa yang digunakan front end pada website maupun aplikasi.

HTML 

HTML memasukkan format teks dan gambar yang tepat sehingga browser Internet. Pastinya HTML adalah basic dari bahasa pemrograman yang kamu bisa belajar secara otodidak. Pastinya bahasa pemrograman ini sangat butuh latihan setiap saat.

CSS 

CSS menyesuaikan tampilan halaman web ke berbagai jenis perangkat, seperti layar besar dan layar kecil. Selain juga menciptakan halaman yang ramah printer. CSS juga pastinya sangat penting kerangka dari desain web yang akan dibentuk menjadi lebih berwarna.

JAVASCRIPT 

JavaScript adalah bagaimana tampilan pada sebuah aplikasi dan website lebih responsif dan bergerak, sehingga singkatnya ada animasi yang bisa didapat maupun dilihat oleh user.

Backend, Setelah membahas bahasa program dari frontend kita lanjut untuk membahas bahasa program dari backend untuk lebih memantau maupun menstabilisasikan front end yang sudah ada. Berikut ini adalah ulasannya.

Java 

Java paling sering digunakan untuk membuat aplikasi untuk komputer. Ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis besar, Big Data, dan pengembangan Android.

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman berbasis skrip yang berorientasi pada objek. bersifat open source, biasanya digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi web yang sederhana dan cepat.

Phyton 

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditafsirkan, berorientasi objek, dengan semantik dinamis. Python dapat digunakan untuk hampir semua hal di halaman aplikasi web.

PHP 

PHP digunakan untuk pengembangan web sisi server serta sebagai bahasa skrip untuk tujuan umum. Runtime PHP menjalankan kode PHP apa pun dalam file yang diminta, biasanya untuk membuat konten halaman web dinamis atau gambar dinamis yang digunakan di situs web atau di tempat lain.

HMS Full Stack Developer 

Setelah kamu melihat pengertian dari full stack developer, keahlian yang dibutuhkan, Gaji yang didapat serta bahasa program yang harus digunakan, Kini saatnya kamu bisa belajar langsung dengan cepat selama 3 Bulan dengan project yang sesuai standar industri saat ini di harisenin.com.


Harisenin menyediakan program bootcamp termurah di Indonesia kamu pastinya bisa belajar lebih siap lagi tentunya dengan mentor yang berpengalaman seperti di ruangguru, tokopedia, dan sebagainya. Untuk info lebih lanjut kamu bisa klik link disini.


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi