Bahasa:

Search

Wajib Tau! Persiapan Karir Menjadi Full Stack Developer di Indonesia (Terbaru 2023)

  • Share this:
Wajib Tau! Persiapan Karir Menjadi Full Stack Developer di Indonesia (Terbaru 2023)

Halo Risers! Tahukah kamu, profesi sebagai  Full Stack Developer saat ini semakin dibutuhkan di tengah pesatnya pertumbuhan  startup di Indonesia. Tak terlepas juga dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi pendorong utama berkarir di bidang teknologi sebagai  Full Stack Developer.  


coding-man-min
 

Seorang  Full Stack Developer melakukan pemrograman komputer yang memiliki kemampuan untuk mengelola atau mengembangkan perangkat lunak (website atau aplikasi) dari dua sisi yaitu  front-end maupun back-end.    

 

Jika kamu tertarik menjadi seorang  Full Stack Developer , maka kamu perlu tau apa saja persiapan untuk berkarir sebagai  Full Stack Developer .   

 

Artikel ini akan membahas mengenai persiapan karir menjadi  Full Stack Developer  mulai dari tanggung jawab yang dimiliki, tugas kesehariannya agar kamu punya gambaran kedepannya, alat apa yang biasanya digunakan agar kamu bisa berlatih menggunakannya, keterampilan yang harus kamu asah, kualifikasi perangkat yang digunakan serta syarat yang biasanya harus dipenuhi ketika kamu melamar pekerjaan menjadi  Full Stack Developer .  

 

 

baca juga:    https://tipssukses.harisenin.com/cloud-service-adalah-pengertian-jenis-dan-keuntungan-untuk-perusahaan  
 

Tanggung jawab seorang Full Stack Developer  


 

Dalam berkarir menjadi  Full Stack Developer , pastinya perlu memahami apa saja tanggung jawab yang kamu punya. Berikut ini tanggung jawab seorang  Full Stack Developer , yaitu:  

 

  • Mengembangkan arsitektur situs web  front-end.  
  • Merancang interaksi pengguna di halaman web.  
  • Mengembangkan aplikasi situs web  back-end .  
  • Membuat server dan  database untuk fungsionalitas.  
  • Memastikan optimasi lintas platform untuk ponsel.  
  • Memastikan responsivitas aplikasi.  
  • Bekerja sama dengan desainer grafis untuk fitur desain web.  
  • Melihat proyek dari konsepsi hingga produk jadi.  
  • Merancang dan mengembangkan API.  
  • Memenuhi kebutuhan teknis dan konsumen.  
  • Tetap mengikuti perkembangan aplikasi web dan bahasa pemrograman.  
     

Skill yang harus dimiliki seorang  Full Stack Developer  

 

Seorang  Full Stack Developer  memerlukan keterampilan seperti:  

 

 

  • Bahasa dan Kerangka Kerja  Front-end (HTML, CSS, JavaScript)  

    Front-end developer khusus menangani situs website atau aplikasi yang terlihat oleh pengguna. Seperti desain serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus memahami  UI/UX, HTML atau  CSS , serta bahasa pemrograman seperti  JavaScript .  

    HTML berfungsi untuk menyusun struktur website, dan CSS untuk mendesain serta mengatur  layout halaman website.  JavaScript  umumnya digunakan pada web, aplikasi seluler, dan  game development  
     
  • Teknologi dan Kerangka Kerja  Back-end   

    Back-end developer khusus menangani segala sesuatu yang berada di belakang website atau aplikasi layar seperti  database , server, keamanan website, struktur dan manajemen konten, serta bahasa pemrograman khusus seperti  PHP, Ruby, Python  

    PHP adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk pengembangan dari sisi server. Sebagian besar perusahaan menjadikan  Python sebagai persyaratan utama untuk kualifikasi yang diberikan.   

    Python telah menjadi bahasa pemrograman yang wajib karena menggunakan sintaks yang sederhana dan dapat digunakan untuk banyak fungsi.  
     
  • Sistem Manajemen Basis Data ( MySQL, SQL SERVER dan PostgreSQL, MongoDB , dan Oracle Database )  

    Situs web dan aplikasi selalu membutuhkan data penyimpanan, sehingga seorang  Full Stack Developer setidaknya memiliki kemampuan mengelola  database .  

    Beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan saat ini adalah  SQL, MongoDB, Redis, Oracle, SQL Server,  dll.  MongoDB biasanya yang paling banyak digunakan, walaupun terkadang ada beberapa perusahaan lebih memilih  SQL karena dapat digunakan untuk data skala besar.  


Baca juga :  https://tipssukses.harisenin.com/front-end-dan-back-end     

 

Syarat yang harus dipenuhi oleh seorang  Full Stack Developer  

 

Adapun syarat yang harus dipenuhi jika ingin berkarir menjadi  Full Stack Developer  yaitu:  
 

  • Gelar dalam ilmu komputer.  
  • Keterampilan organisasi dan manajemen proyek yang kuat.  
  • Kemahiran dengan bahasa  front-end dasar seperti  HTML, CSS, dan  JavaScript.  
  • Paham dengan kerangka kerja  JavaScript seperti  Angular JS, React, dan  Amber.  
  • Kemahiran dengan bahasa sisi server seperti  Python, Ruby, Java, PHP,  dan .Net.  
  • Familiar dengan teknologi database seperti  MySQL, Oracle,  dan MongoDB.  
  • Keterampilan komunikasi verbal yang sangat baik.  
  • Keterampilan memecahkan masalah yang baik.  
  • Perhatian terhadap detail.  

     


Tugas Keseharian Full Stack Developer 

 

Sebagai seorang  Full Stack Developer , pastinya memiliki rutinitas keseharian ketika bekerja. Rutinitas tersebut pastinya tidak jauh berbeda di berbagai perusahaan.   

 

Kami mewawancarai seorang  Full Stack Developer yang bekerja di salah satu  startup unicorn di Indonesia untuk menceritakan rutinitas saat bekerja menjadi  Full Stack Developer .   

 

Yuk, simak cerita dibawah ini mengenai rutinitas keseharian dari Kak Vedanta sebagai seorang  Full Stack Developer !  

 

“Sebagai fullstack developer, saya biasanya mengerjakan tugas terkait backend dan frontend, berkolaborasi dengan manajer produk untuk memberikan wawasan dari perspektif engineering tentang produk/fitur yang ingin kita kembangkan, dan berkolaborasi dengan data engineer untuk membantu mereka membuat funnels dan trackers.  

 

Untuk tugas backend, kami menggunakan ruby dan golang untuk mengembangkan produk kami. Tugas sehari-hari termasuk membuat API baru, menerapkan pengujian unit, melakukan pengujian di pra produksi/pementasan, dan memeriksa log ketika ada keluhan kesalahan dari pengguna.  

 

Untuk tugas frontend, kami menggunakan vue js untuk mengembangkan produk kami. Tugas sehari-hari termasuk membuat halaman/UI baru berdasarkan desain di figma yang sudah dibuat oleh desainer, menerapkan pengujian unit, melakukan pengujian di pra produksi/pementasan, dan menerapkan pelacak sehingga teknisi data dapat menarik data dan membuat analisis tentang produk kami pertunjukan”  

 

Baca juga :  https://tipssukses.harisenin.com/mengenal-full-stack-developer  

 

Tools yang biasanya digunakan oleh  Full Stack Developer  

 

  • VSCode  

    Visual Code adalah  integrated Development Enviroment (IDE) yang digunakan untuk melakukan  debugging, refactoring, compiling yang digunakan untuk pengembangan aplikasi  .NET desktop, cloud, maupun  mobile.  
     
  • Gitlab     

    GitLab berfungsi sebagai pengelola repositori untuk berkolaborasi dalam mengerjakan  task atau kode sehingga dengan menggunakan  software ini, kamu bisa melakukan pelacakan  (tracking) dan mengelola proyek.  
     
  • Gitlab CI     

    Gitlab CI  merupakan alat yang dikembangkan oleh  GitLab untuk membuat  CI/CD pipeline yang biasanya digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.  
     
  • Kubernetes     

    Kubernetes merupakan platform  open-source yang digunakan untuk melakukan manajemen beban kerja aplikasi yang di kontainerisasi.  
     
  • GCP dan Microsoft Azure   

    GCP dan Microsoft Azure merupakan platform yang digunakan untuk layanan  cloud sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis file dengan bantuan media internet yang mana kapasitas penyimpanannya jauh lebih besar jika dibandingkan menggunakan  hardisk atau  flashdisk.  
     
  • Ruby dan Golang   

    Ruby dan Golang merupakan bahasa pemrograman  back-endGolang adalah bahasa buatan  Google yang umumnya digunakan pada jaringan server dan sistem terdistribusi berskala besar. Sedangkan  Ruby biasanya digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi web yang sederhana dan cepat.  
     
  • MySQL    

    MySQL adalah salah satu sistem yang digunakan untuk manajemen basis data yang menyimpan data dari website dan aplikasi.  
     
  • Vue js   

    Vue Js adalah salah satu  front-end framework dari  JavaScript yang digunakan untuk membuat tampilan pada website agar tampak lebih interaktif.  
     
  • ELK stack (Elasticsearch, Logstash, and Kibana)   

    ELK sebagai platform manajemen  log yang digunakan untuk menggabungkan  log dari semua sistem dan aplikasi, menganalisis  log , membuat visualisasi untuk pemantauan aplikasi dan infrastruktur, pemecahan masalah yang lebih cepat, analisis keamanan.  
    |  
  • Redash  dan Google BigQuery   

    Redash dan  Google BigQuery digunakan untuk memahami data dengan mengkoneksikan dan membuat  query dari  database .  
     
  • Datadog     

    Datadog merupakan platform pemantauan dan analitik infrastruktur, performa aplikasi, manajemen  log , dan pemantauan pengalaman pengguna.  
     
  • Jira     

    Jira merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pelacakan masalah pada suatu produk dan pelacakan  bug serta untuk manajemen proyek   
     
  • Confluence  

    Confluence adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan kolaborasi dalam membuat dokumen.  
     
  • Opsgenie   

    Opsgenie merupakan alat yang digunakan untuk manajemen yang dapat mengirimkan pemberitahuan menggunakan sistem peringatan.  
     

Kualifikasi perangkat yang harus dimiliki seorang  Full Stack Developer  

 

Persyaratan minimum untuk sebuah laptop sebagai seorang  Full Stack Developer  yaitu memiliki minimal memori 8GB, namun disarankan memilih memori dengan 16GB karena biasanya perlu menjalankan banyak aplikasi dan terkadang perlu membuka banyak  tab pada  web browser yang menghabiskan sebagian besar memori.  

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai persiapan yang perlu kamu tau untuk berkarir menjadi full stack developer. Gimana Risers? Apakah kamu sudah punya gambaran untuk mempersiapkan karir menjadi full stack developer?  

 

Kamu bisa meraih karir impianmu bersama harisenin.com dengan mengikuti program  bootcamp Full Stack Developer hanya dalam 16 minggu. Ada garansi uang kembali jika kamu tidak mendapatkan pekerjaan dalam 365 hari khusus untuk  guarantee program  

 

Klik link di bawah ini untuk info lebih lanjut mengenai program  bootcamp    Full Stack Developer  

 

https://www.harisenin.com/school/bootcamp/full-stack-web-developer  


 

Guest writer : Vedanta Maha  


 


Kadek Indah

Kadek Indah

I'm an undergraduate student who passionate about SEO