Bahasa:

Search

4 Cara Mudah Berlatih Bahasa Inggris untuk Beginner

  • Share this:
4 Cara Mudah Berlatih Bahasa Inggris untuk Beginner

Kemampuan berbahasa Inggris banyak menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia profesional. Bagi orang-orang yang baru mengenal bahasa Inggris, hal ini tentunya menjadi tantangan besar. Maka, kita bahas cara belajar bahasa Inggris untuk beginner atau pemula yuk, Risers!

Namun sebelum terjun pada uraian, kamu perlu tahu juga bahwa ada alasan dunia profesional menuntut kualifikasi ini. 

Seperti yang kita ketahui bersama, bahasa Inggris merupakan bahasa global. Bahasa ini digunakan pada banyak negara, dan diterima sebagai bahasa komunikasi di berbagai belahan dunia. Di saat yang sama, memahami bahasa ini dapat membuka jalan atau peluang, yang dalam hal ini terkait dalam dunia kerja. 

Hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan informasi saat bekerja pun banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Dan dengan pekerja yang memiliki skill bahasa Inggris, operasional kerja relatif menjadi lebih lancar. 

Nah, berikut ini adalah empat tips atau cara mudah belajar bahasa Inggris bagi para pemula. Beberapa cara ini juga cukup mudah, sehingga dapat kamu lakukan sehari-hari atau di waktu senggang!

Rutin Belajar Kosakata Baru 

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula dengan Rutin Belajar Kosakata Baru - Pexels
Sumber: Pexels

Perbendaharaan kata adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam berbahasa. Memiliki kosakata (vocabulary) yang memadai akan sangat menyokong skill dasar berbahasa inggris (listening, reading, writing, speaking).

Untuk meningkatkan perbendaharaan kata ini, kamu bisa melakukannya dengan menambah atau belajar beberapa kata tiap harinya. Kamu bisa memulainya dengan jumlah yang sedikit. Kemudian saat sudah merasa cukup terbiasa, kamu dapat menambahkannya.

Misalnya dalam seminggu pertama kamu belajar 1-3 kata. Setelah beberapa minggu berikutnya, coba untuk meningkatkannya menjadi 4-6 kata. 

Adapun dalam mempelajarinya terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Kamu dapat belajar memahami arti katanya. Lalu kamu bisa mencoba mendengar bagaimana kata tersebut dibaca dan bagaimana penggunaan kata tersebut dalam kalimat. 

Hal ini akan semakin menambah pemahaman dibandingkan dengan hanya menghafal definisi kata. 

Baca Berita atau Artikel Berbahasa Inggris 

Belajar Bahasa Inggris dengan Baca Berita atau Artikel Berbahasa Inggris - Pexels
Sumber: Pexels

Tips ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading). Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mendapat kosakata baru dengan membaca ini!

Berita dan artikel sendiri bisa menjadi awal latihan yang cukup baik. Keduanya bisa banyak ditemukan pada portal-portal website online. Selain itu, bentuknya juga relatif tidak terlalu panjang daripada buku yang berlembar-lembar. 

Dari segi bahasa, berita dan beberapa artikel pun menggunakan bahasa Inggris yang relatif lebih formal. Ini terutama menjadi hal yang baik untuk para fresh graduate, jobseeker, atau employee. Sebab dalam situasi kerja yang biasa atau akan mereka jumpai, formal English yang biasanya akan banyak diperlukan.

Beberapa portal berita dan website yang kamu kunjungi di antaranya yaitu BBC, The Guardian, dan NPR.

Cari Podcast / Film / Series dengan Genre Favoritmu 

Belajar Bahasa Inggris dengan Cari Podcast/Film/Series dengan Genre Favorit - Pexels
Sumber: Pexels

Apakah kamu seorang penikmat podcast, film, atau series? Jika iya, ketahui bahwa tiga hal ini bisa jadi sumber pembelajaran!

Belajar mungkin bisa menjadi sesuatu berat. Tapi melakukannya dengan sesuatu yang menarik bisa membuatnya relatif lebih enjoyable, setuju? 

Hal yang sama pun bisa kamu terapkan pada belajar bahasa Inggris ini. Cobalah untuk mencari podcast, film, atau series berbahasa Inggris dengan genre yang kamu suka, Risers. Tips ini akan melatih skill bahasa Inggrismu, terutama pada kemampuan mendengarkan (listening). 

Dengan kemudahan teknologi sekarang, ada beragam pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Misalnya jika kamu menyukai podcast dengan topik-topik self development, terdapat channel semacam Ted Talks Daily dan Good Life Project. 

Dan jika genre favoritmu adalah komedi, ada cukup banyak American sitcom terkenal yang bisa kamu lirik. Contohnya antara lain The Office, Modern Family, atau Friends.

Seperti tips pertama tadi, kamu pun dapat melatih kemampuan listening ini sedikit demi sedikit. 

Jika terlalu sulit, mulailah dengan menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Setelah merasa perbendaharaan katamu sudah cukup kaya, kamu bisa mengubah subtitle ke bahasa Inggris. Nonaktifkan subtitle ketika kamu sudah merasa cukup nyaman!

Ajak Orang Terdekat Berbahasa Inggris 

Mengajak Orang Terdekat Berbahasa Inggris - Pexels
Sumber: Pexels

Banyaknya kosakata serta mahirnya kemampuan mendengarkan tidaklah cukup jika kamu tidak benar-benar mempraktikannya. 

Kemampuan berbicara (speaking) adalah sesuatu yang tidak jarang tertinggal dalam mempelajari bahasa Inggris. Padahal kenyataannya, skill ini sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi. 

Jangan lupa untuk melatihnya ya, Risers. Mungkin akan terdapat beberapa tantangan pada awalnya. Entah dari pengucapannya yang salah dan kurang jelas, atau grammar yang masih belum tertata. 

Fear not! Sebab, hal ini adanya sangat lumrah pada pemula. Selain itu, kesalahan-kesalahan itu biasanya akan membaik dengan latihan yang konsisten. Maka, salah satu kunci yang perlu dipegang erat dalam speaking ini adalah tetap percaya diri. Kamu dapat mencobanya pada orang-orang terdekat seperti teman dekat atau saudara di rumah. 

Kemukakan bahwa kamu sedang berusaha untuk belajar. Kemudian, ajaklah mereka sekali atau dua kali dalam sehari berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Sekian cara-cara belajar bahasa Inggris untuk pemula. Jika kamu mau lebih meningkatkan skill bahasa Inggris untuk dunia kerja, fear not again! Karena, terdapat English for Professional ProClass di Harisenin.com yang bisa kamu ikuti. Untuk selengkapnya, ayo cek di sini.

Baca juga : 10 Situs Cek Grammar Bahasa Inggris Gratis, Wajib Dicoba!

Baca juga : 12 Tips Interview Bahasa Inggris Beserta Contohnya!


Celine Anastasya

Celine Anastasya