Bahasa:

Search

Mengenal Lebih Dekat apa itu Leads dalam Marketing

  • Share this:
Mengenal Lebih Dekat apa itu Leads dalam Marketing

Haloo Risers! Apakah kamu sering mendengar atau membaca kata  leads ? Dalam mempelajari  marketing pastinya kamu menemukan istilah  leads didalamnya. Nah, jika kamu ingin mengarahkan pelanggan kepada bisnismu, pastikan kamu paham dulu mengenai cara mendapatkan  leads  dalam  marketing !   

 


Apa itu  leads dalam  marketing ?   


Leads dalam  marketing artinya orang yang tertarik terhadap produk atau layanan yang ditawarkan dalam bisnismu baik dari segi kualitas maupun cara kamu memasarkannya sehingga orang tersebut menjadi pelanggan potensial. Pelanggan potensial disini artinya berpotensi untuk membeli produk atau layanan bisnismu.   


Orang yang tertarik dengan produk atau layanan pada bisnismu biasanya mereka akan melakukan interaksi seperti  subscribe (Youtube, blog, Newsletter), mengikuti akun media sosial (Instagram, Twitter, Linkedin, dan lain-lain), bahkan dengan sukarela memberikan e-mail atau kontak mereka, bahkan jika mereka mau mereka bisa saja menghubungi kontak bisnismu.   


Proses untuk mendapatkan  lead dalam  marketing disebut dengan  lead generation yang merupakan awal dari  inbound marketing yaitu strategi untuk meningkatkan minat orang yang awalnya tidak tau menjadi tertarik terhadap produk atau layanan yang bisnismu tawarkan kemudian terkonversi menjadi pengunjung, lalu terjadinya transaksi pembelian dan diakhiri menjadi pelanggan.   

 

Mengapa  lead generation penting untuk bisnis?   

 

Mendapatkan  leads penting untuk pertumbuhan bisnis. Bisnis akan mengalami kekurangan penjualan jika tidak mendapatkan pemasukan sehingga, hal ini menjadikan kesempatan untuk bisnis mengubah strategi ( lead generation ) menjadi pelanggan potensial ( leads ) melalui pembuatan strategi yang tepat dan relevan akan membantu perusahaan untuk mendapatkan pelanggan potensial menuju pembelian.   

 

Manfaat  lead generation bagi bisnismu   

 

  • Meningkatkan pengikut di halaman media sosial yang juga akan meningkatkan popularitas bisnismu.    
     
  • Bisnismu akan lebih mudah mengetahui orang orang yang tertarik dengan produk atau layanan yang bisnismu tawarkan   
     
  • Memudahkan bisnismu untuk mengetahui target  audience dengan memetakan demografi dari mana calon pelanggan berasal sehingga ketika membuat  marketing campaign bisa tepat sasaran kepada orang orang yang potensial menjadi pelanggan.   
     
  • Meningkatkan kepercayaan orang orang terhadap bisnismu sehingga mereka dapat mempertimbangkannya.   
     

Proses  lead generation   

 

H1Tco9Nf80dGhfZDADmjTHwbufSgbdd2aulpRjPtqaAnoe15GAtFA6mpLHN8cis2f3RQrmwfvXJBPVkx2H9T4H_zn4ut_wHq_3VU0ZXoIqfMU_e14cV1teJ0n4xdwB6GWI1jg7VAcP8bYHv0rql7VIMCA9W5dQLVEnlaAeF28y9PLIGzv-aQBwUYBg   

sumber : blog.hubspot.com   

 

Pertama, melalui media pemasaran seperti  blog website , media sosial, optimasi mesin pencari dan konten konten yang berkualitas dapat mengkonversi orang orang yang belum mengenal bisnismu menjadi pengunjung.    

 

Kedua, pengunjung merasa tertarik dan penasaran dengan konten konten yang ada dalam media pemasaran yang mereka kunjungi. Konten konten pada media pemasaran tersebut perlu dilengkapi dengan CTA ( call to action ) seperti “Daftar sekarang”, “Konsultasi gratis”, “Free ebook” sehingga bisnismu berhasil mendapatkan  leads .   

 

Ketiga, bisnismu mendapatkan informasi mengenai pengunjung ketika mereka memberikan kontak mereka seperti email untuk bisa mendapatkan  ebook, newsletter  ataupun saat mendaftar kursus gratis. Tugas seorang  marketer hanya sampai mendapatkan leads dan memastikan mereka tetap terhubung dengan bisnismu, selanjutnya adalah tugas tim  sales agar  leads terkonversi menjadi pelanggan.    

 

Keempat, Setelah melalui proses di atas, kamu perlu melakukan evaluasi secara terus menerus agar proses  lead generation tetap efektif. Kamu perlu mengidentifikasi apa saja yang berhasil dan kurang berhasil agar kamu tau mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang tetap dipertahankan.    

 

Jenis-jenis lead dalam marketing   

 

  • Marketing Qualified Lead    
    Orang orang yang sudah menjalin interaksi dengan konten pemasaran mu, namun mereka belum tentu atau belum siap membeli. Interaksi yang dilakukan seperti mengunjungi halaman  website , mengunduh konten, mengklik  CTA ataupun berinteraksi dengan postingan media sosial ( comment, share, like ).   
     
  • Sales Qualified Lead   
    Orang orang yang sudah mempunyai minat untuk melakukan transaksi dengan ciri ciri mempunyai kebutuhan akan layanan atau produk yang bisnismu tawarkan, mempunyai minat terhadap bisnis, layanan dan produk bisnismu, serta memiliki anggaran yang cukup untuk bertransaksi.   
     
  • Product Qualified Lead   
    Orang orang yang sudah menggunakan produk atau layanan bisnismu dan sudah mempunyai minat untuk melakukan transaksi. Penggunaan produk atau layanan yang dimaksud adalah versi gratis atau terbatas seperti contohnya webinar gratis.   
     
  • Service Qualified Lead   
    Orang orang yang telah menunjukkan ketertarikan dan minat terhadap produk atau layanan bisnismu dengan menjalin komunikasi melalui tim penjualan.   

Cara mendapatkan  leads   

 

  • Mengadakan webinar gratis   
    Dengan mengadakan webinar, semakin banyak yang mendaftar atau mengikuti webinar maka bisnismu bisa mendapatkan  leads yang lebih luas. Bisnismu juga dapat mengumpulkan informasi dari orang orang yang mengisi  form untuk mendaftar webinar, sehingga kamu bisa menganalisis target pasar.   
     
  • Membuat pertanyaan untuk meminta referensi dari pelanggan   
    Kamu bisa membuat  FAQ melalui media sosial untuk meminta referensi konten apa yang pelanggan inginkan. Dengan begitu, orang orang merasa mereka dihargai dan didengar pendapatnya.   
     
  • Membuat landing page   
    Landing page menjadi salah satu sarana penting untuk menarik  leads ke dalam bisnismu. Landing page biasanya berisi informasi detail mengenai produk atau layanan bisnismu, bisa juga berisikan CTA  untuk  download     e-book atau mengarah ke blog.   
     
  • Membuat konten yang berkualitas   
    Konten yang berkualitas adalah konten yang membuat pembaca merasa teredukasi dan ingin membaca konten konten lainnya. Konten yang berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas bisnismu sehingga orang orang percaya bahwa bisnismu adalah yang terbaik.   
     
  • Buat forum diskusi   
    Saat ini sudah banyak sekali media yang berkembang, seperti Discord, Telegram, Quora, Facebook group dan masih banyak lagi. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuka forum diskusi agar bisnismu mendapatkan leads yang berkualitas dan tentunya lebih spesifik. Namun, hal penting ketika membuat forum diskusi yaitu pastikan untuk selalu aktif menjawab pertanyaan agar orang orang yang bergabung merasakan manfaatnya dan mereka tertarik untuk mencari tau tentang bisnismu lebih lanjut.   

 

Nah, Itu tadi Risers mengenai  leads dalam  marketing yang penting agar bisa mendapatkan pelanggan untuk bisnismu. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu yang membaca yaa, Risers! Dapatkan terus  update artikel terbaru dari harisenin.com agar kamu tidak ketinggalan informasi dengan  subscribe blog harisenin.com.    


Kadek Indah

Kadek Indah

I'm an undergraduate student who passionate about SEO