6 Software untuk Bikin Mind Map Lebih Menarik

6 Software untuk Bikin Mind Map Lebih Menarik
4 mn read

Apakah kamu pernah membuat mind map dan merasa masih kurang bagus? Entah karena terlalu sepi, kurang rapi, atau karena bikin banyak kesalahan. Dan karena membetulkannya pun sulit, jadilah kamu membiarkannya saja. Alhasil, kamu merasa mind map yang kamu buat kurang menarik untuk dipandang.

Apakah kamu tahu mind map bisa dibuat secara digital?

Ya! Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, hal ini sangat memungkinkan, Risers. Hal ini juga adanya memberi banyak kemudahan.

Fitur untuk melengkapi kegiatan mind mapping kamu akan semakin bertambah. Kesalahan huruf, angka, dan coretan dapat dihapus atau di-undo dengan begitu mudah. Kolaborasi bersama orang lain tanpa keharusan berada di satu tempat yang sama pun bisa terwujud berkat adanya terobosan teknologi ini. 

Dan tentu saja, hal ini dapat mengurangi penggunaan kertas yang juga secara tidak langsung mengurangi sampah!

Baca Juga: 10 Things You Need to Know About Mind Mapping

Nah, apakah kamu penasaran? Berikut ini adalah 6 contoh software yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind map secara digital. 

Coggle

Software Untuk Bikin Mind Map -Coggle
Sumber: Coggle.help

Coggle ini tidak hanya berada pada PC, melainkan juga tersedia untuk diunduh di smartphone. Kolaborasi secara realtime dengan orang lain bisa dilakukan pada software ini dengan memasukkan alamat email kolaborator. Selama membuat mind map bersama orang lain, pengguna Coggle juga dapat saling berkirim pesan lewat fitur message.

Terdapat juga beberapa fitur lain seperti menambahkan gambar, link, ikon-ikon berwarna, dan komentar. Garis-garis yang dapat dipindahkan secara fleksibel juga dapat memudahkan aktivitas mind mapping yang kamu lakukan. 

MindMeister

Software Untuk Bikin Mind Map Makin Menarik-MindMeister
Sumber: Startupstash.com

Software untuk mind mapping yang pertama kali diluncurkan tahun 2007 ini telah berhasil menawarkan berbagai fitur saat ini.

Dengan MindMeister kamu dapat menambahkan gambar, video, link, catatan, hingga dokumen. Fitur Task yang ada juga cukup menarik untuk digunakan. Dengan fitur tersebut kamu dapat mengatur prioritas, penyelesaian, tanggal deadline, hingga orang yang ditugaskan untuk poin/topik tertentu.

Hal ini tentunya akan membuat pekerjaan semakin mudah. Ditambah lagi dengan fitur-fitur lain yang simpel namun tetap dapat mempercantik mind map.

Terdapat juga fitur Set Up Presentation yang dapat secara otomatis membuat presentasi dari poin-poin mind map-mu, lho!

Freemind

Software Untuk Bikin Mind Map Makin Menarik-Freemind
Sumber: Thewindowsclub.com

Untuk software satu ini, kamu akan memerlukan Java Runtime Environment (JRE) untuk pengoperasiannya.

Karena telah dibuat cukup lama, tampilan Freemind relatif cukup out of date dari opsi lainnya. Beberapa orang juga mungkin akan cukup membutuhkan waktu untuk familiar dengan fitur-fitur yang ada.

Akan tetapi, software ini sepenuhnya tersedia secara gratis dalam versi PC. Freemind pun memiliki fitur-fitur dasar yang cukup lengkap untuk sebuah aplikasi mind mapping.

Baca Juga: Apa itu UI dan UX? Intip Artikel Berikut Ini!

Ayoa

Software Mind Map Ayoa
Sumber: Ayoa.com

Sedikit berbeda dari sebelumnya, software ini menyediakan beberapa template untuk bermacam keperluan seperti untuk brainstorming, perencanaan, hingga product management.

Ayoa juga memiliki fitur-fitur umum yang terdapat pada contoh lainnya. Terdapat juga menu Team Pulse dan My Planner pada software yang dapat memudahkan kerjasama antar anggota. Menu ini tentunya membantu pengelolaan kerja jadi semakin terorganisir!

Sama seperti Coggle dan juga MindMeister, Ayoa juga tersedia pada PC/laptop dan smartphone.

Baca Juga: UI/UX Designer Pemula: 7 Hal yang Wajib Dipelajari

MindManager

Software MindManager
Sumber: Blog.mindmanager.com

Di awal pembuatan mind map MindManager juga menawarkan template dalam beberapa bentuk dan tema. Beberapa contoh yang ada antara lain bentuk struktur organisasi, timeline, radial, dan free form

Ikon-ikon di sekeliling kanvas yang mudah dimengerti serta tampilan yang simpel membuat software ini cukup ramah bagi para pemula. Fitur-fitur yang ada juga cukup lengkap dan sangat membantu untuk membuat mind map menjadi lebih menarik. 

Kamu pun dapat menambahkan gambar, shape, smart shape, tags, sampai custom icon sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: 7 Langkah Cara Belajar UI/UX Designer di Tahun 2022

Mindomo

Software Mindomo
Sumber: Mindomo.com

Mirip seperti MindMeister, Mindomo juga pertama kali diluncurkan tahun 2007 dan dapat kamu miliki baik pada PC maupun smartphone. Dengan interface-nya yang dilansir user friendly, software ini telah dipakai oleh jutaan orang di seluruh dunia. 

Mindomo sendiri telah menyediakan mind mapping layout dengan banyak kegunaan untuk kamu. Bentuk diagram yang ditawarkan sangat variatif. Selain itu, beberapa cukup banyak berkaitan dengan bidang-bidang pekerjaan yang sedang on-demand saat ini, seperti marketing dan business analysis.

Baca Juga: 5 Tools UI/UX Designer yang Sering Dipakai


Leave a Reply

Your email address will not be published.