Dipenuhi Selebriti, Ini Dia Peran Brand Ambassador Sesungguhnya

peran brand ambassador
5 mn read

Suka heran tidak sih, mengapa selebritis selalu dipilih sebagai ‘wajah’ dari suatu brand? Tak tanggung-tanggung, bahkan sekarang ini banyak brand Indonesia yang memilih tidak hanya selebritis tanah air, tapi dari luar negeri juga! Nah, hal tersebut tidak terlepas dari peran brand ambassador, lho.

Brand ambassador atau duta merek telah dikenal sebagai salah satu strategi yang banyak digunakan dalam industri bisnis sedari dulu. Walau begitu, strategi ini tidak pernah kehilangan zaman, Risers.

Risers penasaran kenapa banyak peran brand ambassador ini diberikan kepada selebritis? Apakah non-selebriti bisa menjadi brand ambassador? Yuk kita sama-sama belajar!

Baca Juga: Seberapa Penting Brand Marketing dalam Bisnis?

Apa itu Brand Ambassador?

brand ambassador
Sumber: Unsplash

Sebelum kita mempelajari peran brand ambassador (BA) yang begitu luar bisa, kenalan dengan posisi yang satu ini, yuk?

Brand ambassador atau duta merek merupakan ikon yang dipilih oleh suatu brand dengan tujuan untuk merepresentasikan suatu merek atau produk.

Brand ambassador biasanya dipilih sesuai dengan image yang akan ditunjukan oleh suatu merek. Maka dari itu, pemilihan duta yang satu ini tidaklah mudah, Risers.

Ibarat menonton film yang diadaptasi dari novel, Risers yang sebelumnya pernah membaca novel sebelum menonton sudah berekspektasi mengenai wajah dari aktor tersebut. Tapi kenyataannya bisa sesuai maupun tidak.

Itulah yang menjadi rintangan terberat suatu brand dalam memilih brand ambassador. Orang yang dipilih tidak hanya bisa mempromosikan brand, tapi juga memberikan gambaran produk yang sesuai dengan keinginan.

Peran Brand Ambassador dalam Bisnis

orang berdiri untuk presentasi
Sumber: Unsplash

Seperti yang disebutkan sebelumnya, brand ambassador memiliki banyak peran positif untuk produk. Pemilihan tokoh sebagai brand ambassador pun tidak main-main.

Lantas, apa peran brand ambassador? 

Meningkatkan Brand Image dan Brand Awareness

Valentino Rossi sebagai brand ambassador
Sumber: Bola.com

Brand image merupakan perusahaan membentuk sebuah gambaran yang dapat diingat oleh publik. Contohnya adalah brand Nike, apakah Risers tahu apa yang Nike jual? Betul, Nike menjual sepatu olahraga. Hal tersebut perlu Nike perjuangkan agar publik dapat mengenal Nike sebagai brand sepatu olahraga.

Bagaimana dengan brand awareness? Tidak jauh berbeda dengan brand image. Tapi, yang membedakan adalah bagaimana publik mengingat suatu brand. Contohnya, apakah Risers sadar bahwasannya odol merupakan sebuah merek? Banyak yang berpikir bahwasannya odol adalah nama lain dari pasta gigi, tapi ternyata itu adalah merek. Tandanya, odol berhasil membentuk brand awarness sehingga brand tersebut terus diingat walau telah ditelan zaman.

Lantas apa hubungannya dengan brand ambassador? Peran mereka adalah untuk menciptakan dua hal tersebut. Bagaimana konsumen maupun calon konsumen mengingat suatu brand melalui kehadiran brand ambassador.

Apa yang brand yang Risers bayangkan ketika mendengar nama Valentino Rossi? Lalu apa brand yang Risers ingat ketika mendengar nama BTS? Ya, Valentino Rossi adalah brand ambassador dari Yamaha, sementara BTS mewakili Tokopedia. 

Apa jawaban Risers benar? Jika benar, maka menggunakan brand ambassador ‘tuk mengingat merek di atas sudah sukses.

Mengkomunikasikan Brand dengan Cara Unik

sosial media untuk media brand ambassador
Sumber: Unsplash

Salah satu cara agar publik mau mengenal suatu brand lebih jauh adalah dengan cara membentuk strategi pemasaran. Salah satunya adalah dengan cara mengkomunikasikannya dengan cara unik.

Brand ambassador harus mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan publik dengan cara yang tidak biasa. Entah itu melalui word to mouth, melakukan pemotretan khusus, ambil video, dan cara lainnya.

Biasanya, brand ambassador dipilih karena keunikannya. Maka dari itu, seleksi yang dilakukan cukup ketat. Hal tersebut tentunya agar brand terlihat berbeda dari yang lain dan pastinya membuat publik tertarik untuk mengenal lebih jauh.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Membangun Brand Awareness pada Bisnis

Terbentuk dan Menaikan Tingkat Kepercayaan

diskusi untuk meningkatkan tingkat kepercayaan brand ambassador
Sumber: Unsplash

Mungkin tidak semua brand mengindahkan kriteria yang satu ini. Tapi, kriteria ini cukup ditakutkan dalam industri bisnis. Yaitu ‘kebersihan’ dari selebritis yang kita pilih sebagai brand ambassador.

Apa maksudnya? Maksudnya adalah mereka perlu tahu apakah selebritis yang akan menjadi brand ambassador-nya ini terbebas dari kasus atau tidak. Sebab kriteria satu ini pun dapat berakibat pada tingkat kepercayaan konsumen.

Memilih seorang selebritis yang tengah berada atau pernah dalam kasus dapat menghancurkan reputasi brand tersebut. Persepsi publik akan brand pun bisa hancur seketika, hal tersebut tentu akan berakibat fatal.

Maka dari itu, perlunya perusahaan dengan teliti memeriksa background para selebritis pilihan mereka. Salah satunya agar terhindar dari hal tersebut.

Selain itu, mengacu pada peran sebelumnya. Risers perlu tahu bahwasannya berbicara untuk menarik perhatian publik saja tidak cukup. Sebab brand ambassador perlu tahu apakah cara bicaranya dapat mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap brand yang dipromosikan atau tidak.

Pastinya salah satu cara untuk mengukur tingkat kepercayaan selain dari background, adalah bagaimana brand ambassador meletakan suatu brand agar terlihat sebagai barang yang sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-harinya. Selain itu, pengetahuan lebih mengenai brand pun akan sangat berpengaruh.

Meningkatkan Traffic

repot sebagai impact brand ambassador
Sumber: Unsplash

Sudah pasti salah satu peran kehadiran brand ambassador adalah untuk meningkatkan traffic. Traffic membuat data siapa saja yang mengakses website, keluar masuk, dan lainnya.

Salah satu indikator yang mensukseskan pengenalan dalam suatu pemasaran adalah dengan melihat data yang satu ini. Semakin tinggi traffic yang di dapat, maka pengenalan atau kampanye sebuah brand. 

Maka dari itu, Risers. Tidak heran bila banyak brand yang memilih selebritis. Sebab salah satu alasannya adalah selebritis memiliki tingkat exposure yang tinggi.

Apakah Hanya Selebritis yang Bisa Jadi Brand Ambassador?

Student ambassador sebagai brand ambassador
Sumber: Google

Jawabannya adalah, TIDAK. Sekarang ini banyak perusahaan yang bergerak di banyak bidang yang tidak lagi mematok selebritis sebagai brand ambassador-nya.

Apakah Risers pernah mendengar campus atau student ambassador? Dua hal tersebut merupakan contoh yang membuktikan bahwa selebritis bukanlah patokan tetap ‘tuk menjadi brand ambassador.

Campus atau student ambassador sekarang ini menjadi salah stau strategi yang digunakan oleh beberapa perusahaan tertentu untuk mempromosikan brand-nya. Orang-orang yang menjadi ambassador tersebut bukan dari kalangan selebritis, melainkan anak kampus yang dipilih menjadi perwakilan kampus.

Tentu saja hal tersebut menjadi kesempatan baik, terlebih lagi untuk Risers yang mendambakan untuk menjadi brand ambassador. Sst, bisa masuk pengalaman di Curriculum Vitae (CV), lho. 

Bagaimana Risers, sekarang sudah mengerti ‘kan apa saja peran brand ambassador? Atau mungkin tergiur untuk menjadi salah satu diantara mereka? Ayo segera belajar skill yang diperlukan agar bisa selangkah lebih dekat menjadi brand ambassador!

Baca Juga: Apa itu Harisenin.com? Dan Program Apa yang Ditawarkan?


Leave a Reply

Your email address will not be published.