Step By Step Memulai Usaha Makanan Sendiri Yang Mampu Bersaing!

Memulai Usaha Makanan Sendiri
4 mn read

Untuk menjalankan dan mempertahankan bisnis kuliner hingga sukses bukanlah dengan cara yang instan. Memulai usaha makanan sendiri harus dibarengi dengan strategi dan langkah jitu, ada banyak hal dan berbagai upaya yang harus dilakukan supaya bisnis kuliner yang saat ini Kamu bangun bisa sukses.

Sampai saat ini usaha makanan masih laris dan tidak ada matinya, itulah mengapa Kamu harus bisa mempertimbangkan bisnis ini dan memulai usaha makanan sendiri sebagai salah satu langkah yang harus segera dikembangkan.

Bisnis Yang Kompetitif

Memulai usaha makanan sendiri memanglah memiliki peluang untuk memperoleh banyak konsumen dan keuntungan, namun…

…usaha makanan juga terdapat banyak sekali pesaing yang senantiasa akan berkompetisi dengan bisnis Kamu. Di sinilah dituntut extra usaha dan berpikir kreatif agar bisa terus bersaing dengan pengusaha lain.

Pada kesempatan Kali ini Tips sukses harisenin.com akan membagikan tips dan trik serta step by stepnya memulai usaha makanan sendiri dan bisa bersaing dengan pemilik usaha lainnya.

Baca Juga : Sini Merapat! Yang Masih Bingung Cara Membangun Bisnis Hingga Sukses

Mempersiapkan Segala Kebutuhan Saat Memulai Usaha Makanan Sendiri

1. Kemampuan Memasak Dan Wawasan Tentang Makanan

Hal pertama sebelum memulai usaha makanan sendiri ialah memiliki kemampuan membuat makanan atau memiliki wawasan seputar masakan. Bagaimana bisa Kamu ingin memulai bisnis kuliner tapi kurang mengerti dengan masakan itu sendiri.

Ini point pertama menjadi pengusaha dibidang kuliner yang tidak boleh terlewati.

Bukan berarti mereka yang tidak mengerti makanan tidak bisa menjadi pebisnis yang sukses dibidang tersebut, akan tetapi akan lebih berbeda hasilnya jika Kamu lebih paham dengan sesuatu yang mau Kamu geluti, bukan?

2. Perlengkapan Dan Alat-alat Pendukung

Memulai usaha kuliner sendiri membutuhkan berbagai macam alat dan perlengkapan pendukung yang lengkap, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Kamu. Sebaiknya Kamu bisa menyediakannya suapaya dapat memudahkan segala aktifitas yang berkaitan.

Misalnya jika Kamu mau memulai usaha rumah makan ikan bakar, Kamu harus tahu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan seperti, alat untuk membakar ikan, wajan untuk membuat bumbu-bumbu, dan segala hal yang memang perlu.

Dari paling besar hingga kecil, semuanya harus bisa tersedia.

3. Modal Usaha Yang Cukup, Sesuai Dengan Jenis Makanan Yang Ingin Di Jual

Jangan lupa untuk menyiapkan modal bisnisnya, berapa besaran modal yang dimiliki maka maksimalkan itu untuk usaha yang mau digarap.

Jika Kamu memiliki kendala dalam hal permodalan, sebaiknya coba untuk mencari alternatif lain agar bisa terpenuhi untuk membangun bisnis.

Kamu bisa konsultasi sekaligus belajar bisnis bersama Harisenin.com yang menyediakan sesi mentoring bisnis secara 1-on-1 sehingga proses belajar jadi makin intens dan maksimal.

Bukan cuma belajar bisnis tapi Kamu juga akan dibantu untuk melakukan berbagai strategi untuk memperoleh modal bisnis dari para investor. Langsung aja cek website kami, yah!

4. Tempat Yang Strategis

Mencari tempat yang startegis adalah hal lain yang harus bisa Kamu penuhi saat memulai usaha kuliner sendiri. Memang sekarang dengan bantuan teknologi Kamu tetap bisa memasarkan usaha makanan secara luas dari mana saja,

Akan tetapi peran lokasi bisnis makanan yang strategis juga dapat membantu untuk langsung menemukan konsumen dengan lebih cepat dan tertarget. Misalnya,

Jika lokasi usaha kuliner Kamu disekitar kawasan perkantoran dan sekolahan, otomatis pelanggan akan lebih banyak dari orang-orang kantor dan anak sekolah. Merekalah yang akan lebih berpeluang menjadi konsumen Kamu.

5. Beberapa Orang Tim

Memiliki tim dan beberapa orang yang dapat membantu adalah langkah terakhir yang tidak boleh di abaikan.

Kenapa? Karena Kamu tidak mungkin menjalankan semuanya sendiri. Memulai usaha kuliner sendiri tidak berarti semuanya harus Kamu yang urus, melainkan Kamu harus bisa mengarahkan usaha tersebut agar berhasil di bawah pimpinanmu.

Setelah keperluan untuk memulai usaha makanan sendiri sudah siap, selanjutnya menjalankan 5 strategi ini agar bisa bersaing dengan lawan bisnis Kamu.

Baca Juga : Masih Bingung Mau bisnis Apa? Ini 3 Kategori Bisnis Potensial

1. Perbaiki Dan Pertahankan Kualitas Rasa

Rasa adalah nilai jual yang tinggi dalam bisnis kuliner oleh karenanya jangan sekali-kali untuk menganggap remeh hal ini. Agar Kamu tetap bisa mendapatkan perhatian dan dipilih oleh banyak pelanggan, adalah dengan memperbaiki kualitas rasa dan harus mempertahankan konsistensinya.

Cara sukses untuk memulai usaha makanan sendiri adalah dengan memperhatikan kualitas rasa makanan. Hal ini akan membuat pelanggan jadi loyal pada usaha makanan Kamu.

2. Kreatif Dan Memiliki Ciri Khas

Kamu harus bisa se-kreatif mungkin dan memiliki ciri khas sendiri. Dengan demikian akan membuat Kamu tetap berbeda dari para pesaing lainnya.

Lakuakanlah sesuatu yang mungkin tidak bisa terpikirkan oleh lawan bisnis Kamu. Bisa dari mulai membuat produk makanan yang unik dan berbeda dari yang lain, renovasi tempat yang lebih nyaman, atau pelayanan yang lebih ramah dengan setiap konsumen Kamu.

Intinya melakukan sesuatu yang tetap menarik tapi tidak dilakukan oleh kompetitor.

Memulai usaha makanan sendiri memang harus disertai dengan pemahaman dan pengetahuan yang cukup. Itulah kenapa Kamu harus berusaha belajar bisnis dari para mentor.

3. Terus Melakukan Promosi

Jangan berhenti untuk melakukan promosi yang bisa membuat perhatian calon konsumen tertuju pada usaha kuliner Kamu. Promosi yang tepat akan mengundang lebih banyak pelanggan.

Kamu tidak bisa bersaing dengan para peengusaha lain jika apa yang Kamu tawarkan tidak membuat audience berpindah dari orang lain ke bisnis Kamu.

Berbagai promosi yang bisa Kamu terapkan diantaranya:

  • Potongan harga/diskon
  • Beli 2 gratis 1
  • Gratis ongkir jika pembelian secara online
  • Dan berbagai penawaran lainnya

Intinya harus bisa membuat pelanggan datang pada bisnis makanan yang Kamu jalankan.

4. Menjaga Kebersihan

Berusahalah untuk tetap bersih dan rapih. Jangan sampai membuat pelanggan meninggalkan Kamu karena kebersihan. Menjaga kebersihan tempat makan, alat makan hingga toilet dapat menimbulkan perasaan nyaman dan aman bagi konsumen Kamu.

5. Coba Membangun Komunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan

Komunikasi yang baik dapat mengikat hubungan antara penjual dan pembeli. Semakin baik komunikasinya maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada sebuah bisnis.

Ketika memulai usaha kuliner pun harus demikian sebab pelanggan yang sudah punya hubungan dengan penjual dan merasakan manfaat dari produk yang ditawarkan, pasti tidak akan mempunyai alasan lain untuk berpaling.

Baca Juga : Siapkan 7 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Sendiri!

Kesimpulan

Memulai usaha makanan sendiri harus serius dan menjalankan semua tahapannya dengan benar agar apa yang ingin dicapai dari bisnis bisa terpenuhi. Jangan membangun usaha hanya karena merasa ingin mencari keuntungan dan tambahan uang karena hal tersebut hanya akan membebani Kamu, apalagi jika bisnis itu tidak berjalan dengan baik.

Bersainglah secara sehat dengan kompetitor Kamu dan jangan menganggap mereka sebagai musuh yang harus dijatuhkan. Sebaliknya mereka adalah partner yang bisa Kamu jadikan sebagai pemicu untuk terus memperbaiki kualitas bisnis Kamu.

Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar