Cara Memulai Bisnis Startup Sendiri Dan Menjalankannya!

Memulai Bisnis Startup Sendiri
4 mn read

Setiap orang bisa memulai bisnis startup sendiri. Apapun latar belakang pendidikan dan pekerjaan bukanlah jadi soal untuk segera merintis bisnis yang berkaitan dengan bidang digital dan teknologi ini.

Mungkin Kamu pernah berpikir dari pada bekerja di perusahaan startup orang lain, kenapa tidak membangun startup sendiri?

Membuat startup sendiri itu mudah yang penting Kamu punya pengetahuan dan cara menerapkannya.

Sekalipun mudah untuk memulai startup sendiri, bukan berarti Kamu bisa melakukannya secara asal-asalan dan tanpa pengetahuan teknis yang cukup.

Selain modal usaha, skill yang mumpuni juga harus Kamu miliki agar bisa segera memulai bisnis startup sendiri dengan tepat dan pastinya berpotensi untuk bisa “growth” secara terus menerus.

Di artikel bagaimana cara memulai bisnis startup sendiri ini, Tips sukses harisenin.com akan berbagi banyak hal penting dan menarik yang bisa kamu lakukan untuk memulai startup sendiri dengan mudah dan berpeluang sukses.

Baca Juga : Masih Bingung Mau bisnis Apa? Ini 3 Kategori Bisnis Potensial

Tapi sebelum lanjut lebih mendalam, mari kita menyamakan presepsi dan definisi tentang startup.

Apa itu Startup?

Kamu mungkin telah banyak mengetahui tentang apa itu startup. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan startup yang berdiri dan bahkan berhasil melewati fase-fase kritis mereka serta terus mengembangkan sayapnya.

Startup sendiri menurut Wikipedia, adalah sebuah perusahaan yang belum lama berdiri, atau sudah berjalan kurang dari 5 tahun. Jika dilihat secara definisi, semua perusahaan yang baru dirintis adalah startup.

Hanya saja penyebutan ini biasanya lebih dikhususkan pada perusahaan atau bisnis yang menerapkan pendekatan teknologi dan digital di dalamnya. Hal ini dipengaruhi oleh kepopuleran industri ‘dot-com’ sekitar tahun 2000an. Sehingga makna startup mengalami pergeseran pengertian dan arti.

Kamu harus tahu bahwa startup yang sukses itu bukan sekedar dengan memulainya saja, akan tetapi Kamu perlu melakukan serangkaian upaya lain untuk bisa mempertahankan dan menjaga ke stabilan bisnis.

Oleh karenanya dalam pembahasan kali ini akan membahas keduanya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Startup Sendiri

1. Menemukan Ide Bisnis Brilian

Saat ini ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Kamu jadikan referensi untuk membangun startup sendiri. Bukan sekedar ide bisnis, tetapi ide bisnis yang brilian yang berarti ide tersebut haruslah sesuatu yang baru dan tidak biasa agar dapat menarik perhartian banyak audience.

Memulai startup dengan ide yang brilian adalah sebuah awalan yang sangat baik. Ide bisnis inilah yang akan jadi pondasi saat merealisasikan dan membangun startup langkah demi langkahnya.

Adapun kriteria Ide brilian yang harus dimiliki adalah:

  • Menjadi solusi dari permasalahan banyak orang
  • Mampu Memenuhi Kebutuhan Konsumen
  • Bukan Sesuatu Yang Sudah Dilakukan Banyak Pesaing
  • Memiliki Potensi Pasar Yang Besar
  • Dapat Segera Dijalankan
  • Inovatif

2. Mempersiapkan Sumber Modal Bisnis Startup

Modal usaha penting untuk dimiliki sebelum memulai bisnis startup sendiri. Saat ingin membangun startup, sebisa mungkin Kamu mempersiapkan pos-pos dan sumberdana yang akan dijadikan permodalan startup.

Menggunakan dan pribadi dari penghasilan sendiri dan tabungan adalah salah satu sumberdana yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal, apalagi jika bisnis startup yang sedang Kamu bangun masih sangat baru dan butuh berbagai perbaikan.

Selain dana pribadi,

Persiapan sumber modal bisnis bisa di dapatkan dari pinjaman ataupun investor. Ada baiknya Kamu mulai mempertimbangkan dan mempersiapkan sumber dana yang akan digunakan pada bisnis startup yang mau dijalani.

3. Mencari Partner Yang Tepat

Mencari partner yang tepat adalah salah satu persiapan yang harus bisa Kamu penuhi untuk memulai bisnis startup sendiri.

Kenapa?

Karena bisnis startup adalah bisnis yang kompleks dengan berbagai tantangannya. Kamu harus mampu membangun tim yang tepat dengan berbagai kemampuan dan spesialisasi yang tepat pula.

Dengan demikian kesiapan untuk memulai startup dan menjalankan bisnis startup akan lebih mudah dan efisien. Setiap pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat mendapatkan hasil.

4. Menentukan Strategi Pemasaran Yang Terbaik

Kamu yang sudah memiliki produk bisnis dan target pasar harus mampu menyediakan strategi pemasaran yang paling tepat. Strategi pemasaran harus dilakukan dengan matang dan terarah supaya target yang mau kamu raih bisa tercapai.

Sesuaikan startegi dengan kebutuhan dan target dilapangan. Hal ini akan membantu Kamu dalam menentukan dan mengalokasikan sumberdaya yang lebih terfokus.

5. Melakukan Konsultasi Dengan Mentor

Membangun bisnis apapun jika dilakukan dan dijalankan berdasarkan skill dan pengetahuan maka akan lebih berdampak terhadap bisnis. Namun yang jadi persoalan adalah bagi mereka yang masih awal dan baru dalam berbinis.

Khsususnya dalam memulai bisnis startup sendiri,

Memang Kamu tetap bisa memulai bisnis startup sendiri dan mempelajari hal baru saat menjalankannya. Namun adanya mentor dapat membantu Kamu untuk menghindari lebih banyak trial and eror di lapangan dan mengurangi lebih banyak pengeluaran untuk hal yang tidak penting.

Maka dari itu sebaiknya juga Kamu mempertimbangkan kehadiran mentor bisnis startup yang bisa membimbing dan mengarahkan Kamu dalam menjalankan bisnis startup. Kamu juga akan diberikan bekal dan banyak pengetahuan baru untuk meningkatkan bisnis startup tersebut.

Setelah Kamu memahami dan mengetahui cara memulai bisnis startup sendiri, selanjutnya menjalankan dan berusaha untuk mempertahankan bisnis.

4 Tips Menjalankan Bisnis Startup Sendiri

  • Membangun Awareness

Jadikan bisnis startup Kamu dikenal oleh banyak audience dan memiliki pengaruh yang besar.

  • Mampu Memenuhi Kebutuhan Pasar

Bisnis itu bukan sekedar mencari keuntungan yang besar, namun seberapa besar perannya dalam masyarakat. Apa yang bisa diberikan sebuah bisnis untuk mengatasi permasalahan mereka.

  • Meningkatkan Sales

Walaupun bisnis startup masih baru di jalankan dan masih banyak kekurangan, Kamu harus berusaha untuk mendapatkan penjualan dan meningkatkan income bisnis.

  • Terus melakukan Evaluasi Dan Pembaruan

Selalu melakukan evaluasi untuk menutupi berbagai kelemahan bisnis dan mencari cara-cara baru guna mengembangkan bisnis startup yang sedang dibangun.

Kesimpulan

Kesuksesan membangun bisnis startup tidaklah instan dan seperti membolak balikan tangan. Ada effort yang besar saat memulai bisnis startup sendiri dan menjalankannya dengan semangat tanpa putus asa. Jika Kamu mau tahu lebih banyak tentang membangun startup yang sukses, Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan mentor bisnis Harisenin.com dan belajar membangun bisnis sendiri.

Semoga Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar