Siapkan 7 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Sendiri!

Memulai bisnis sendiri
3 mn read

Kalau ada yang bertanya bisa nggak bikin usaha atau memulai bisnis sendiri, kira-kira Kamu mau jawab apa?

Jawabannya tergantung seberapa percaya diri Kamu membangun bisnis sendiri!

Memulai bisnis sendiri nggak segampang kedengaranya yah, walaupun mungkin bisa segera dimulai bisnisnya, tapi belum tentu bisnisnya bisa jalan dengan baik, apalagi langsung memperoleh keuntungan. Masih jauuh…

Biasanya kita sering muncul pikiran untuk memulai bisnis sendiri, tapi pada akhirnya jadi wacana saja. Ada juga yang setelah dibuka bisnisnya kemudian tiba-tiba jadi hilang semangat gara-gara bisnis tersebut tidak laku di pasaran dan malah merugikan. Hmm…

Membangun bisnis sendiri berarti menjalakannya secara mandiri dengan berbagai keterbataan sumberdaya,

Tapi terkadang justru karena banyak keterbatasan pula membuat seseorang menjadi lebih kreatif dan secara paksa akan melakukan berbagai cara agar keluar dari kondisi tersebut.

Baca Juga : Sini Merapat! Yang Masih Bingung Cara Membangun Bisnis Hingga Sukses

Memulai bisnis sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri antara lain:

Kelebihan saat memulai bisnis sendiri

  • Lebih leluasa dalam mengambil keputusan
  • Punya kesempatan untuk mengeksplore bisnis
  • Tidak tergantung pada orang lain
  • Mudah diatur dan dikontrol
  • Mengetahui setiap detail dari bisnis sendiri

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan saat kita membangun bisnis secara mandiri, selain yang disebutkan di atas. Namun Diantara banyak kelebihan, ada juga kekurangan:

Kekurangan Saat Memulai Usaha Sendiri

  • Berpikir dan mencari ide sendiri
  • Berkerja secara mandiri
  • Mengeluarkan modal bisnis sendiri
  • Kerugian ditanggung sendiri
  • Mencari jalan keluar sendiri saat mengalami kendala

Walaupun semuanya harus dilakukan serba sendiri, tapi itu hanya di awalnya saja karena jika nanti bisnis tersebut sudah besar, maka Kamu pun akan segera berpikir untuk merekrut karyawan atau tim untuk membantu.

Sebelum ke sana, wajib Kamu melewati prosesnya terlebih dahulu agar bisnis yang kamu mulai sendirian itu bisa berhasil sesuai dengan yang diimpikan.

Tips Sukses Harisenin.com sudah merangkum 7 hal ini sebelum memulai bisnis sendiri. Oleh karenanya sebaiknya kamu simak penjelasan artikel ini hingga selesai.

1. Bulatkan Tekad

Memulai usaha sendiri itu perlu keseriusan dan tekat yang kuat. Kamu akan dipaksa mengeluarkan seluruh yang ada pada diri Kamu untuk menyukseskan apa yang mau dikejar dari bisnis tersebut. Tidak boleh setengah-setengah saat melakukannya, jangan sampai ada keraguan dalam hati.

Nantinya semua itu akan berpengaruh terhadap usaha dan dan kinerja Kamu saat menjalankan bisnis yang juga setengah-setengah.

Bulatkan tekad dan katakana bahwa Kamu akan sukses dan antusias mewujudkannya.

Baca Juga : Menentukan Tujuan Membangun Bisnis, Apa Pentingnya?

2. Carilah Dukungan Berbagai Pihak

Walaupun Kamu memulai usah sendiri, tidak semerta-merta mengabaikan orang lain dalam kehidupanmu. Siapapun mereka yang ada disamping Kamu saat ini juga memiliki perannya masing-masing.

Entah itu keluarga di rumah, sahabat dekat, atau bahkan pasanganmu sendiri. Mendapatkan dukungan dan sokongan dari mereka adalah nilai tambah untuk memperteguh keyakinan dalam membangun bisnis sendiri.

Dukungan yang diberikan juga bisa bermacam-macam, secara material ataupun moril, Kamu tetap membutuhkan semuanya.

Baca Juga : Memulai Bisnis Dari Nol, Siapa Takut!

3. Buatlah Perencanaan Sederhana

Tidak perlu menghabiskan waktu dengan melakukan perencanaan super dahsyat terhadap bisnis yang mau dijalankan. Buatlah perencanaan sederha, setidaknya apa yang harus kamu lakukan dan target-targetnya sudah jelas maka mulaillah untuk menjalankan bisnis Kamu.

Perencanaan sangat penting, namun bukan berarti Kamu terjebak dan terus-terusan berencana sehingga bisnis yang mau digarap tidak pernah selesai.

Seiring waktu Kamu akan memahami dan mengetahui sendiri bahwa rencana bisa berubah tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

4. Tentukan Berapa Modal Uang Yang Akan Di Alokasikan

Berapa modal usaha yang Kamu punya saat ini? Estimasikanlah berapa banyak uang yang mau kamu alokasikan ke bisnis. Selalu ingat untuk tidak melakukan sesuatu di luar kemampuan kita.

Jika dana yang dimiliki hanya cukup untuk membuat gerobak maka itu lebih baik, dari pada harus memaksakan untuk membuat bangunan yang pada akhirnya memberatkan Kamu.

Mulailah membangun usaha kecil kemudian mengembangkannya hingga sukses

5. Tetapkan Bisnis Yang Mau Di Eksekusi

Cari tahu tentang bisnis apa yang paling potensial untuk dijalani. Sebaiknya bisnis tersebut adalah sesuatu yang Kamu sukai dan mau menjalankannya, mau itu bisnis kuliner, fashion, atau bahkan langsung membangun startup sekalipun.

Selama Kamu enjoy untuk mengembangkannya, itu sudah sangat baik. Pastikan juga bisnis tersebut sesuai dengan budget yang Kamu punya.

Baca Juga : Masih Bingung Mau bisnis Apa? Ini 3 Kategori Bisnis Potensial

6. Berusaha Untuk Meningkatkan Skill Teknis

Kamu wajib memiliki beberapa skill teknis yang dibutuhkan untuk memulai bisnis. Hal ini dapat membantu Kamu dari sisi yang lain, saat ada keterbatasan dari segi modal usaha, Kamu bisa menutupinya dengan kemampuan yang lain.

Beberapa skill seperti bagaimana pengelolaan keuangan yang baik, membuat strategi marketing, belajar cara melakukan penjualan , menggunakan website untuk bisnis, hingga bagaiamana memanfaatkan teknologi digital lainnya.

7. Mencari Mentor Bisnis

Memulai bisnis secara mandiri membantu Kamu berkembang seiring berjalannya waktu, tapi untuk mempercepat proses pembelajaran, Kamu memerlukan seorang mentor yang bisa diajak konsultasi mengenai persoalan bisnis yang sedang Kamu geluti.

Carilah mentor yang bisa membimbing Kamu secara serius untuk menghindari “eror and trial” saat menjalankan bisnis.

Untuk memudahkan Kamu menemukan mentor yang tepat, Harisenin.com bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan mentor bisnis yang akan mengarahkan Kamu secara personal dan lebih tertarget.

Bisnis apapun yang mau Kamu kembangkan bisa dikonsultasikan dengan para mentor kami. Mentor kami akan mendampingi Kamu memangun bisnis sendiri dari awal hingga sukses.

Kesimpulan

Itulah pejelasan singkat tentang 7 hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai bisnis sendiri. Semua orang bisa sukses dalam membangun bisnis sendiri, asalkan mau belajar dan terus berusaha. Jangan lupakan juga orang-orang dan kesempatan yang ada disekitar kita.

Semua itu bisa menjadi salah satu faktor pendorong keberhasilan bisnis yang sedang ingin kita wujudkan, selain dari pada kemampuan kita sendiri.

Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar