Memulai Bisnis Dari Nol, Siapa Takut!

Memulai Bisnis Dari Nol
3 mn read

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis dari nol dan ingin mengembangkannya hingga sukses, jangan pernah takut dan teruslah berusaha. Pastikan kamu siap untuk menjalankannya dan melewati semua rintangan dalam dunia Wirausaha.

Rintangan dan tantangan tersebut sebenarnya bukanlah hal yang menakutkan dalam sebuah bisnis, hanya saja kamu memang harus berpikir lebih keras dan melakukan lebih banyak untuk bisa mengatasinya.

Berbeda dengan menjalankan bisnis yang sudah ada, memulai bisnis dari nol memberikan kamu kesempatan dan ruang untuk bisa berkembang dan melahirkan inovasi serta strategi terbaik untuk memajukan bisnis tersebut.

3 Tantangan Yang Harus Kamu Lewati Saat Memulai Bisnis Dari Nol

1. Harus Membangun Produk Dari Awal

2. Mencari Target Pasar Potensial Dari Produk Yang Ditawarkan

3. Belum Memiliki Sistem Yang Baik

Banyak dari mereka yang memulai bisnis pada akhirnya gagal sebab tidak bisa melewati salah satu dari 3 rintangan di atas. Maka dari itu minimal Kamu harus punya persiapan untuk melewati rintangan-rintangan tersebut agar bisnis yang akan Kamu bangun dapat berhasil.

Beberapa bisnis yang dijalani tanpa melewati ketiga proses diatas tidak bisa dibilang memulai bisnis dari nol, karena jika dilihat dari segi produk, target pasar, dan sistem yang sudah cukup mapan, mereka hanya tinggal menjalaninya dan mempertahankan, hingga mengembangkannya saja.

Namun,

Bukan berarti mereka yang sudah punya produk, memiliki target pasar sendiri, dan sistem yang mapan, tidak akan berpotensi gagal, semuanya bergantung sebarapa besar dedikasi yang mereka tuangkan pada bisnis tersebut untuk mendaptakan hasil yang diharapkan.

Sekarang, bagaimana dengan Kamu yang saat ini sedang berencana memulai bisnis dari nol. Nah, di artikel Tips sukses Harisenin.com kali ini akan membahas tentang memulai bisnis dari nol dan bagaimana penerapannya.

Simak penjelasannya hingga selesai, yah!

Baca Juga : Menentukan Tujuan Membangun Bisnis, Apa Pentingnya?

1. Mencari Ide Bisnis

Saat Kamu memulai bisnis dari nol pasti akan mencari ide bisnis yang paling cocok untuk dijadikan produk bisnis sendiri. Untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian, Kamu tidak boleh bergantung hanya pada pencarian ide saja, tapi sebaliknya bisa dengan memulainya terlebih dahulu dengan produk bisnis yang paling sederhana.

Dalam proses perjalanan nanti sembari Kamu mencari tahu ide bisnis apa yang paling berpeluang menghasilkan, entah dari segi keuntungannya ataupun value yang bisa dihasilkan. Ide bisnis akan hadir dengan sendirinya.

Untuk memudahkan Kamu menemukan ide, sebaiknya mencari tahu masalah apa yang dihadapi oleh kondisi masyarakat di sekitarmu. Hadirkan sebuah produk yang bisa menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut.

Sebagai contoh, Kamu tinggal di daerah perkantoran. Di lokasi tersebut memiliki banyak karyawan yang pada jam istirahat pergi utuk mencari makan siang, masalahnya mereka sering kali terlambat saat balik kantor karena tempat makan mereka cukup jauh.

Inilah kesempatan Kamu untuk mengatasi masalah mereka dengan membuat tempat makan di seputar daerah perkantoran.

Udah kebayang belum?

Baca Juga : Sini Merapat! Yang Masih Bingung Cara Membangun Bisnis Hingga Sukses

2. Siapa Target Konsumen Kamu?

Selanjutnya yang harus Kamu cari tahu adalah siapa saja yang berpotensi menjadi konsumen dan seberapa banyak dari mereka yang bisa dijangkau dengan produk Kamu.

Ini penting untuk dipertimbangkan karena walaupun sudah ada ide bisnis yang akan Kamu tawarkan, tapi kalau tidak memiliki target konsumen atau tidak ada yang merasa membutuhkan produk Kamu maka hasilnya sama saja. Tidak akan ada yang membeli dari Kamu.

Kamu harus tahu tipikal target konsumen yang akan Kamu sasar, apa saja yang mereka butuhkan, apa kebiasaan mereka, dan lain sebagainya. Pada intinya Kamu harus bisa memahami perilaku konsumen agar pelayanan atau penawaran yang akan Kamu berikan sesuai denga napa yang mereka mau.

3. Pelajari Bagaimana Cara Kerja Kompetitor Kamu

Walaupun saat ini Kamu sedang membangun dan memulai bisnis dari nol, itu bukan berarti Kamu boleh mengabaikan kompetitor Kamu. Kompetitor adalah orang terbaik untuk Kamu pelajari bagaimana dia memikat para konsumen dan menjadikannya sebagai pilihan mereka.

Dari kompetitor kamu bisa membuat perbandingan antara kelebihan dan kekurangan apa yang Kamu miliki untuk mengembangkan bisnis sendiri yang lebih baik lagi.

4. Mempelajari Skill Baru

Persaingan di dunia bisnis tentulah bukan hal yang mudah, selain 3 rintangan yang sudah dijelaskan di atas tadi, ada lebih banyak lagi kendala dan berbagai permasalahan yang akan Kamu hadapi.

Salah satunya adalah kurangnya keahlian teknis dan berbagai skill yang diperlukan untuk memuluskan jalannya suatu bisnis.

Misalnya pada saat menjalankan strategi digital marketing, jika Kamu tidak memiliki skill tentangnya, maka akan berpengaruh pada perkembangan bisnis.

Oleh karenanya penting bagi Kamu untuk mempelajari suatu bidang skill tertentu. Jangan merasa mampu dengan diri sendiri, jika ada yang perlu Kamu tingkatkan, tidak perlu ragu untuk mempelajarinya.

5. Maksimalkan Dana Pribadi Kamu

Membangun bisnis yang langsung bisa besar adalah harapan banyak orang, namun realistis pada ketersediaan dana adalah hal yang baik.

Berapapun uang atau modal yang Kamu miliki untuk segera memulai bisnis sendiri, maka manfaatkanlah uang tersebut dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin.  

Jangan khawatir walaupun bisnis tersebut harus dimulai dengan modal kecil dan tanpa tim yang banyak. Tidak perlu mencari pinjaman untuk melengkapi semua kebutuhan bisnis.

Mulailah dari yang paling kecil dan sederhana. Karena jika Kamu bisa konsisten dan tetap semangat menjalaninya, maka bisnis tersebut lama kelamaan akan membuahkan hasil.

Baca Juga : Masih Bingung Mau bisnis Apa? Ini 3 Kategori Bisnis Potensial

Kesimpulan

Membangun bisnis dari nol bisa dilakukan oleh siapa saja dengan kesempatan sukses yang sama. Kamu tidak perlu takut untuk melakukannya. Namun ada baiknya Kamu harus mulai mencari tahu segala yang dapat menopang terkait memulai bisnis sendiri dari nol hingga sukses,

Entah dari segi kemampuan Kamu secara persoanal, ataupun tentang bagaimana potensi dari bisnis yang bisa untuk dikembangkan.

Tetap semangat dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar