Sukses Membangun Usaha Kecil Dengan 7 Tips Ini!

Membangun Usaha Kecil
3 mn read

Seperti apapun kondisi bisnismu saat ini, tidak akan menghalangi Kamu untuk menjadi besar dan sukses. Sekalipun membangun usaha kecil dan masih perlu banyak perkembangan, itu sudah cukup karena Kamu telah membuat langkah pertamamu.

Selanjutnya adalah bagaimana cara Kamu membawa usaha tersebut untuk bisa tampil sebagai bisnis yang akan besar kedepannya nanti.

Semua orang yang sekarang bisnisnya sudah sukses juga dahulunya memulai bisnis kecil, karena konsisten dan terus berupaya melakukan berbagai pengembangan, akhirnya mereka bisa menuai hasilnya.

Jangankan Kamu,

Startup besar seperti Gojek saja dari membangun usaha kecil lebih dulu. Perlahan-lahan mereka melakukan inovasi dan terus berkembang hingga sekarang menjadi salah satu startup terbaik di Indonesia.

Bukan hanya itu saja,

Sekarang Gojek juga telah memiliki banyak jaringan bisnis dan terus membangun jaringan bisnis untuk melayani masyarakat.

Coba bayangkan, jika usaha kecil yang saat ini sedang kamu bangun juga bisa memperoleh kesuksesan yang sama? Pasti bangga sekaligus haru bisa kamu rasakan.

Namun perlu Kamu tahu juga untuk bisa sampai ke sana ada banyak hal yang harus dilewati. Minimal dari memulai usaha kecil ini Kamu bisa berproses dan belajar untuk bisa menggapainya.

Dalam artikel Tips sukses harisenin.com kali ini akan mengangkat 7 tips sukses yang bisa membantu Kamu membangun usaha kecil hingga sukses.

Baca Juga : Sini Merapat! Yang Masih Bingung Cara Membangun Bisnis Hingga Sukses

1. Percaya Diri Dan Buka Saja Usahamu

Yakinkanlah dirimu tentang usaha yang saat ini mau kamu rintis adalah usaha yang punya peluang besar. Jangan ragu karena berbagai pertimbangan yang belum pasti.

Buka saja usahamu itu dan mulailah menjalankannya dengan penuh semangat.

Walaupun Kamu membangun usaha kecil dan dengan modal usaha yang juga kecil, tidak boleh mejadi gentar dan merasa kalah bersaing dengan yang lain.

Dengan pengelolaan dan strategi bisnis yang tepat Kamu juga bisa berada sejajar dengan pesaing, dan bahkan lebih unggul.

Baca Juga : Memulai Bisnis Dari Nol, Siapa Takut!

2. Membangun Tim Yang Loyal

Mulailah mempertimbangkan orang lain dan buatlah mereka berperan dalam kemajuan usaha Kamu. Memulai bisnis sendiri bukan berarti Kamu mengabaikan orang lain, tapi justru sebaliknya mereka yang punya potensi bisa Kamu arahkan dan melakukan banyak hal bermanfaat.

Kamu bisa mencari partner kerja ataupun jika bisa merekrut karyawan akan lebih baik. Jika Kamu bisa menyerahkan beberapa pekerjaan pada orang yang tepat, maka Kamu bisa fokus pada urusan lain yang lebih penting.

Misalnya jika Kamu membangun bisnis kuliner, Kamu bisa menyerahkan urusan dapur pada orang lain kemudian fokus mengurusi marketing atau mengembangkan produk.

3. Punya Tempat Untuk Konsultasi Bisnis

Jika Kamu seorang yang ingin membangun bisnis dari awal, ada baiknya Kamu memiliki seseorang yang bisa diajak untuk berkonsultasi mengenai bisnis yang sedang dijalani, Mengapa?

Karena mereka yang punya pengalaman dan kemampuan dalam menjalankan bisnis bisa memberikan Kamu masukkan dan berbagai saran membangun untuk kelancaran bisnis tersebut.

Carilah mentor bisnis yang tepat seperti mentor yang ada di Harisenin.com, yang sudah terbukti menangani banyak client serta dipercaya oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

Kamu yang sedang membangun usaha kecil akan mendapatkan bimbingan dan banyak wawasan baru terkait bisnis dan dan cara mengembangkannya.

Menarik bukan!

4. Berpacu Dengan Waktu

Teruslah berlomba dengan waktu dan jangan pernah menunda-nunda. Kerjakanlah sesuatu yang bisa Kamu kerjakan saat ini. Membangun usaha kecil bukan berarti bisa mengabaikan waktu, sekecil apapun dia tetap berharga.

Semakin kamu menunda waktu, semakin Kamu akan tertinggal. Ingatlah bahwa di era digital saat ini waktu jadi sangat cepat dan menyia-nyiakan waktu berarti membuang banyak kesempatan.

Manfaatkanlah sebaik mungkin waktu yang Kamu punya untuk bisa melakukan lebih banyak hal produktif lainnya.

5. Menawarkan Solusi Bukan Sekedar Produk

Mereka yang setia pada suatu bisnis adalah mereka yang sudah merasakan manfaat dan keuntungannya. Jadi, ketika Kamu membangun usaha kecil,

…perhatikan juga seberapa bisa Kamu memberikan solusi kepada konsumen dengan produk yang akan ditawarkan.

Semua orang bisa menjual produk, tapi hanya sedikit yang mampu mengatasi permasalahan konsumen mereka. Maka temukanlah itu, dan siap-siap bisnismu akan sangat sibuk dengan banyaknya konsumen yang merasa terbantu.

Baca Juga : Masih Bingung Mau bisnis Apa? Ini 3 Kategori Bisnis Potensial

6. Terus Berinovasi Dan Jadilah Kreatif

Selalu menanamkan dalam pikiran bahwa bisnis Kamu selalu memiliki kekurangan dan membutuhkan berbagai pengembangan. Jangan merasa puas saat bisnis Kamu sudah bisa berjalan dengan baik.

Diluar sana selalu ada orang lain yang akan mengamati dan meniru usaha tersebut. Melakukan inovasi dengan kreatifitas akan membuat Kamu tetap berbeda dan menjadi alasan dipilih oleh konsumen.

7. Melihat Peluang Dan Resiko

Yang terakhir adalah mampu melihat peluang dan mempertimbangkan kehadiran resiko.

Dalam menjalankan bisnis pasti tidak akan ketemu dengan peluang dan resiko, itulah konsekwensi dari berbisnis.

Maka dari itu Kamu harus jeli. Contohnya,

Kamu tidak boleh menutup diri dengan kemajuan zaman dan teknologi. Saat ini pemasaran bisnis sudah dilakukan secara online dan melalui media digital.

Kamu harus melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang dan menggunakannya untuk membantu memasarkan bisnis secara lebih luas dan tertarget. Sebaliknya,

Saat ada resiko di depan mata dan sangat berpengaruh fatal pada bisnis, maka jangan menjadi idealis dan teruslah mencari solusi untuk mengatasinya. Bahkan jika Kamu harus mengubah haluan bisnis itu sendiri, maka itu bukanlah masalah yang penting bisnis Kamu tetap bisa bertahan.

Baca Juga : Menentukan Tujuan Membangun Bisnis, Apa Pentingnya?

Kesimpulan

Membangun usaha kecil adalah langkah awal untuk bisa sukses dengan bisnis yang besar. Jika Kamu bisa belajar membangun bisnis kecil dan berhasil, seharusnya peluang untuk berkembang ke bisnis yang besar juga bukanlah hal yang mustahil.

Yang penting teruslah maju dan buktikan bahwa Kamu juga bisa.

Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar