Mau Membangun Bisnis Bersama Pasangan? Cek 8 Tips Ini

Membangun bisnis bersama pasangan
4 mn read

Selama ini mungkin Kamu merasa membangun bisnis sendiri kurang maksimal dan belum membuahkan hasil? Atau jangan-jangan Kamu memang belum mampu menjalankannya sendiri. Itu artinya kamu perlu membangun bisnis bersama pasangan.

“Membangun bisis bersama pasangan, emang bisa?”

Tentu bisa dong,

Karena saat membangun bisnis bersama orang lain itu lebih berpeluang sukses dan berhasil, bahkan bisa membantu Kamu dalam berbagai aspek dan kepentingan lainnya, seperti ketika saat membutuhkan tambahan modal, untuk mendapatkan lebih banyak ide bisnis, hingga cara mengatasi masalah dengan mencari solusi bersama-sama.

Baca Juga : 9 Strategi Membangun Bisnis Yang Tepat Untuk Kamu, Mau Tahu?

Pasangan Bisnis Bisa Siapa Saja!

Di dunia ini tidak ada manusia yang bisa melakukan semuanya secara sendirian, sekalipun saat membangun usaha tetap membutuhkan orang lain yang bisa membantu dan memberikan bantuannya.

“Tapi bagaimana dengan saya yang belum punya pasangan?”

Tenang aja mbloo, membangun usaha bersama pasangan yang dimaksud di sini nggak harus pacar kok! Bisa siapa saja…

…entah itu sahabat, saudara kandung sendiri, atau bahkan keluarga dan kenalan lainnya yang Kamu rasa bisa dipercaya dan diajak untuk berkolaborasi.

Sama seperti membangun bisnis sendiri, Kamu juga tidak akan lepas dari yang namanya masalah dan berbagai persoalan. Perlu hati yang besar saat membangun usaha bersama pasangan.

Oleh sebabnya Tips sukses harisenin.com sudah merangkum 8 tips membangun bisnis bersama pasangan yang bisa Kamu coba agar sukses menjalankannya.

Tertarik? Yuk langsung aja cek tipsnya…

Baca Juga : 8 Tahapan Dan Cara Membangun usaha Online Hingga Sukses

1. Menyatukan Visi Dan Misi

Saat Kamu ingin membangun bisnis bersama pasangan atau mengembangkan usaha bersama partner, hal yang lebih dulu harus dilakukan yaitu menyamakan dan menyatukan visi beserta misinya.

Kesamaan pandangan sebuah tim sangat berpengaruh pada kelancaran bisnis yang sedang dibangun. Jika sesama anggota mengetahui tujuan bersama dan menjalankannya dengan satu komando yang sama, maka akan mempermudah jalannya bisnis dan mengurangi berbagai gesekkan yang berarti.

Baca Juga : Menentukan Tujuan Membangun Bisnis, Apa Pentingnya?

2. Saling Percaya Satu Sama Lain

Sebuah tim yang kuat adalah mereka yang bisa menaruh kepercayaan yang tinggi dan keyakinan akan masing-masing anggotanya. Begitupun membangun usaha bersama pasangan, Kamu harus bisa  menunjukan rasa percaya atas kemampuan dari pasangan bisnis yang Kamu pilih sendiri.

Bukan berarti Kamu tidak boleh memberikan masukkan dan saran, tapi setidaknya Kamu bisa menghargai pemikiran hingga tindakkan yang akan diambil demi kemajuan bisnis.

Baca Juga : Cara Membangun Jaringan Bisnis Yang Tepat? Lakukan 6 Tips Ini

3. Intens Dalam Berkomunikasi

Jangan pernah membatasi atau memutuskan sebuah komunikasi. Komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan, bukan hanya hubungan antara sepasang kekasih tapi lebih dari itu, dalam membangun bisnis bersama partner juga demikian.

Selalu membangun komunikasi akan meningkatkan kepercayaan dan bisa terus terhubung satu sama lain. Kesempatan untuk saling mengevaluasi diri dan memberikan masukkan juga semakin baik, yang nantinya akan berdampak positif bagi perkembangan personal maupun bisnis itu sendiri.

4. Melepaskan Ego Pribadi

Ada saatnya juga ketika Kamu membangun bisnis bersama pasangan mengalami perbedaan dan sedikit gesekkan. Hal itu merupakan sesuatu yang biasa dalam berbisnis, apalagi jika terdapat lebih dari satu kepala di dalamnya.

Namun hal tersebut bukan menjadikan Kamu memutuskan hubungan dan berhenti untuk membangun usaha bersama partner bisnismu. Cobalah untuk melepaskan ego masing-masing dan mencari solusi paling terbaik secara bersama-sama.

Jangan mencampur adukan juga urusan pribadi dengan urusan bisnis sebab hal itu dapat mengganggu stabilitas. Jika ada yang melakukan kesalahan kemudian perlu untuk meminta maaf dan memperbaikinya, maka lakukanlah.

Tidak perlu gengsi atau merasa benar sendiri. Begitu pula jika harus memberikan sebuah apresiasi atas capaian tertentu sebagai bentuk dukungan.

5. Inisiatif Untuk Pengembangan

Kurangnya inisiatif menjadi salah satu faktor kegagalan saat membangun bisnis bersama pasangan. Inisiatif merupakan gambaran dari keseriusan tim dan kepedulian terhadap bisnis yang sedang dijalani.

Apapun posisi Kamu saat menjalankan bisnis, bukan artinya Kamu tidak ikut bertanggung jawab pada hal lainnya. Selalu mengkomunikasikan peluang dan kemungkinan resiko untuk dicarikan solusi juga bagian dari bentuk inisiatif.

Adanya partner bisnis itu karena diharap mampu memberikan masukan dari pemikiran yang berbeda, yang mungkin tidak bisa dilihat oleh satu orang saja.

Baca Juga : Sukses Membangun Usaha Kecil Dengan 7 Tips Ini!

6. Bertanggung jawab Pada Tugas Sendiri

Kamu harus bisa memegang peranan dan bertanggung jawab terhadap semua jobdesk yang ditugaskan. Melaksanakan dengan baik dan tepat atas tugas yang sudah diberikan akan sangat membantu proses dan perkembangan bisnis kedepan nanti.

Selain bertanggung jawab pada tugas, Kamu juga harus memastikan hasil dari pekerjaan tersebut sesuai dengan pencapaian dan target yang diharapkan. Oleh karenanya jangan ragu untuk mencari tahu kekurangan dan kelebihan Kamu sendiri.

Misalnya jika Kamu bertugas untuk melakukan pemasaran bisnis, tapi di satu sisi belum memiliki kemampuan yang mumpuni. Mulai mempelajari dan memperdalam skill pemasaran adalah langkah dan bagian dari bentuk tanggung jawab pada tugas dan kewajiban.

7. Membuat Surat Perjanjian Sah

Tips membangun usaha bersama pasangan yang selanjutnya adalah melakukan kesepakatan dan membuat surat perjanjian yang sah.

Kenapa harus membuat surat perjanjian?

Hal ini adalah bentuk antisipasi dan penjagaan dari berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi dikemudian hari. Perjanjian tersebut berupa perjanjian bagi hasil, kontrak, dan berbagai kesepakatan hak dan kewajiban lainnya yang dapat memicu pertikaian.

Surat perjanjian juga dapat menaungi dan melindungi Kamu dan pasangan bisnis secara legal di mata hukum negara.

8. Dilakukan Dengan Sepenuh Hati

Dimanapun Kamu membangun usaha, bersama siapapun ketika mengembangkan bisnis, dan apapun tujuan yang ingin dicapai, membangun bisnis hingga sukses harus didasari keseriusan dan sepenuh hati menjalankannya.

Jangan pernah setengah-setengah karena membangun bisnis sendiri berbeda dengan bersama orang lain. Membangun bisnis sendiri resikonya ditanggung sendiri,

sementara membangun bisnis bersama pasangan berarti membagi resiko karena mereka juga ikut menyerahkan dirinya dan segala kemampuannya untuk menyukseskan bisnis tersebut.

Apabila Kamu malah tidak benar-benar serius membangun usaha tersebut bersama pasangan dan terkesan mengabaikannya, itu akan menunjukkan betapa tidak profesionalnya diri kamu dan tentunya akan kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Sekalipun membangun bisnis bersama keluarga atau sahabat sendiri, jangan pernah menganggap remeh dan merasa tidak terbebani untuk mengejar hasil yang maksimal.

Bisa jadi tidak ada lagi yang mau menggarap sebuah bisnis bersama kamu, orang terdekat saja bisa dicampakkan apalagi orang lain.

Baca Juga : Memulai Bisnis Dari Nol, Siapa Takut!

Kesimpulan

Itulah penjelasan sederhana tentang bagaimana membangun bisnis yang sukses bersama pasangan. Intinya membangun usaha bersama orang lain itu diperlukan kolaborasi dan hubungan yang kuat satu sama lain untuk mendapatkan kesuksesan.

Jika artikel ini bermanfaat Kamu bisa share kebanyak teman dan orang lain yang membutuhkan.

Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar