Search

Yuk, Intip Gaji Social Media Specialist! Profesi Paling Dibutuhkan

  • Share this:
Yuk, Intip Gaji Social Media Specialist! Profesi Paling Dibutuhkan

Hai Risers! berbicara mengenai gaji Social Media Specialist, kini menjadi peluang besar untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai Social Media Specialist. Kini, profesi ini sangat dibutuhkan di beberapa perusahaan termasuk perusahaan startup. Telah banyak pelamar yang ingin menempati posisi tersebut.

Mengapa profesi ini begitu banyak diminati oleh banyak pelamar? Lalu, bagaimana prospek gaji untuk profesi Social Media Specialist? Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai profesi ini hingga prospek gaji yang menjamin!

Definisi Social Media Specialist 

Definisi Social Media Specialist
Source: Unsplash

Social Media Specialist adalah bidang pekerjaan yang bertugas memproduksi dan membagikan konten digital secara kreatif di berbagai media sosial dan bertujuan untuk membangun brand awareness atau kedekatan suatu brand di tengah audiens. Biasanya, profesi ini bekerja sama dengan tim Digital Marketing, Content Creator, dan Graphic Designer dalam memasarkan, mempromosikan, dan mendesain suatu konten yang berkualitas dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens.

Perannya begitu penting dalam meningkatkan engagement suatu perusahaan dan sangat diminati oleh berbagai kalangan dengan adanya kemajuan teknologi digital yang dapat dilakukan dengan work from home. Sehingga, profesi ini dapat menjadi peluang yang besar dengan didukung oleh sistem kerja yang fleksibel dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun sesuai kebutuhan perusahaan.

Peran 

Peran Social Media Specialist
Source: Unsplash


Pentingnya profesi Social Media Specialist sangat berhubungan dengan perkembangan era digital saat ini. Tentunya, peran ini dapat membawa pengaruh yang positif dan mendukung masyarakat sebagai pengguna media sosial di kehidupan sehari-hari. Dengan mempunyai kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi, profesi ini mampu menciptakan keteraturan dan kelancaran dalam proses kerja.

Peran tersebut meliputi:

1. Merencanakan strategi pemasaran yang kreatif dan tepat 

Dengan strategi yang kreatif dan tepat, konten yang diproduksi dapat lebih mudah diterima oleh target konsumen dan mudah diingat oleh banyak orang lain.

2. Memproduksi konten sesuai dengan target yang direncanakan 

Target konten yang direncanakan biasanya telah disusun berdasarkan strategi yang diterapkan dan target selalu disusun dalam setiap harinya untuk mempertahankan traffic yang dimiliki oleh perusahaan.

3. Berperan sebagai Copywriting dan Content Writing dalam penulisan konten dan caption 

Mempunyai kemampuan menulis yang baik, akan menjadi poin plus dan konten yang diproduksi dapat dikomunikasikan dengan baik dan efektif.

4. Mengelola konten dan seluruh akun media sosial perusahaan 

Pengelolaan dibutuhkan agar seluruh media sosial dapat aktif, mudah diakses, dan selalu konsisten dalam mempertahankan traffic perusahaan.

5. Aktif berinteraksi dan membantu pengguna media sosial sebagai target konsumen 

Pentingnya berkomunikasi baik dengan audiens agar perusahaan dapat membangun citra baik dan dapat mendekatkan diri dengan audiens.

6. Mengatur dan mengelola jadwal unggahan konten di berbagai jenis media sosial 

Jadwal unggahan konten perlu diatur agar seluruh konten yang diproduksi dapat disebarkan dengan tepat waktu dan tidak kehilangan momentum.

7. Menganalisis keberhasilan dan performa strategi konten di media sosial 

Mampu berpikir kritis secara analis dalam melihat perkembangan strategi konten yang akan dijalankan melalui media sosial.

Gaji Profesi Social Media Specialist 

Gaji Social Media Specialist
Source: Pexels

Gaji Social Media Specialist mempunyai variasi gaji yang beragam. Dikutip dari Suara.com, untuk menjadi seorang Social Media Specialist dan masih berada di tahap awal karir atau pemula, gaji disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) di setiap daerah tempat tinggal masing-masing. Untuk pemula, gaji berada pada rentang gaji sekitar 3 Juta Rupiah. Lalu, yang sudah memiliki banyak pengalaman dan telah mahir dalam bidang profesi ini, rentang gaji yang didapat mulai dari 7 Juta Rupiah atau lebih yang disesuaikan dengan kualifikasi yang diminta setiap perusahaan.

Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin kompetitif, tidak menutup kemungkinan suatu perusahaan menawarkan gaji yang lebih besar untuk profesi ini yang memiliki potensi dan pengalaman yang lebih. Maka, posisi ini pasti akan terus dibutuhkan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital khususnya bagi generasi milenial yang mampu memajukan suatu perusahaan melalui pemanfaatan media sosial yang mumpuni.

Baca juga: Mengenal Social Media Marketing dan Tools yang Digunakan