Search

Ini 7 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Simak Ya!

  • Share this:
Ini 7 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Simak Ya!

Ini 7 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Simak Ya!

Bahasa Inggris hari ini telah menjadi kemampuan yang wajib dikuasai siapapun, baik untuk pekerjaan ataupun pendidikan. Untuk bisa berbicara maupun menulis dengan bahasa Inggris, ada cara yang bisa dilakukan. Dari mengikuti kursus, hingga belajar secara otodidak. 

Untuk cara pertama, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris online yang banyak ragamnya, dan mudah untuk ditemukan. Atau kamu juga bisa mengikuti kursus offline, misalnya, dengan datang langsung ke kampung Inggris di Pare. 

Namun, seringkali belajar dengan cara kursus memiliki biaya yang tidak murah. Kamu perlu merogoh kantongmu dengan agak mahal.

Tapi tenang saja, ada cara lain kok buat kamu yang kepengin belajar bahasa Inggris tanpa harus merogoh kocek yang mahal, yaitu, dengan mempelajarinya secara otodidak. 

Di artikel ini, harisenin akan menjelaskan pada kamu apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Yuk, simak daftarnya.

1. Mendengarkan Musik  

3oo0_QTO_dkQBXBNK14fCJCPonhS1lYDVRzGLcII7Qz1qEqIeKGbJJM5cK9ByLYhhhQ1cVDDyOXZ2Qbs4poWj-QcwVO9E0zgeKa6uv9tQf88EnZ4PD_1iAiTA5BNjiiMhU3LW7cYraJTIxvOd33Pfm3YkGudlPsEFYxwQLVUbFIu00Q1FNI-pARyeg

Cara yang pertama adalah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik merupakan cara yang efektif untuk belajar bahasa Inggris, sebab, ini merupakan cara yang mudah dan menyenangkan.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyetel lagu berbahasa Inggris, bisa favoritmu atau yang lain, dengarkan baik-baik dan coba pahami liriknya. Apa sih lirik yang diucapkan oleh sang penyanyi? Bagaimana ia melafalkannya? Dan juga, apa sih arti dari lirik yang sedang aku dengarkan?

Cobalah kamu jawab pertanyaan tersebut, sambil mendengarkan lagu.

2. Mendengarkan Podcast 

Z2FuwGxaRQ9Mk86AvoX_u32sXZ9vHhBk9oAMRRhxyAZJHTSeCwoufsaOXxcxEBDVYtNAuKR5pMQT4fRqRTMUrtwxUwV3gXAwcnrjXC31FQOT9UNHmcJfkjnrhpIkEvmLc1gw3qbR7_-lInqiAyszIBsSDiO6oSFgQzxaci-dYQJgu-vOwnm4Ft7H0w

Cara kedua adalah dengan mendegarkan podcast. Saat ini ada banyak podcast yang menawarkan materi belajar bahasa Inggris dengan gratis. 

Beberapa podcast yang bisa kamu dengarkan adalah all ears english podcast, 6 minute english by BBC radio, serta Voice of Amerika. Beragam podcast tersebut bisa kamu temukan di spotify. Kamu bisa mendegarkannya secara gratis.

Baca juga : 4 Cara Mudah Berlatih Bahasa Inggris untuk Beginner

3. Membaca Artikel  

TYrp3PDpB9CCBKrqA5a63-9jyNDDz-vbL1OWuCZ2KkrS-GLbW6n1hD-gZml4YQBbZ6ywNMHIl_DNojKnWLccz8wjqB6Djdv-KzMAF2M29sx-mIYdj4ppuF4UWLk_4eg1C7s1PCqKV8RBSVDXWsMZB-Jg76Qx1qpuVPLTVltZ3i59taDUsL7sIXzi7A

Selain mendengarkan musik podcast, kamu juga bisa membaca artikel ringan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu secara otodidak. Membaca artikel dalam bahasa Inggris punya banyak manfaat, diantaranya adalah memperbanyak kosa kata, serta menambah pengetahuanmu.

Ada beberapa situs yang menyediakan artikel ringan yang mudah dibaca dan dipahami awam. Jika kamu menyukai bisnis dan technologi, kamu bisa membaca artikel-artikel di inc.com. 

Atau, jika kamu gemar dengan hal berbau self-development, kamu bisa membuka blog milik James Clear di jamesclear.com. Untuk kamu yang suka dengan berita, kamu bisa membuka bbc.co.uk.

4. Menonton Film 

c3coAPj2bTet0Z0GLhepRN8S51zCcOYZfxaCf5RQXijFVmEEYvUNS886ceew8mnSIiGvy1r5aGF3YRkyj2014cnwaqcxVtYq_QXbRbnXsvLeSRr3GrCKViJZDqxWCgUqzspJh-yHLCXBBzYBvwKg2nWN-vfkyL5YYTpE_bozb7Z3WGib1VXBnbEAyg 

Siapa disini yang suka nonton film? Tahu gak, bagi kamu yang doyan nonton film, aktivitas ini juga bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa Inggris, lho.

Yap, menonton film juga bisa menjadi salah satu tips bagi kalian yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak. Syaratnya, film yang kalian tonton menggunakan pengantar dan ber subtittle bahasa Inggris.

Untuk awalan, kamu bisa menonton film-film keluaran Disney terlebih dahulu, Sebab, umumnya film-film kartun disney memiliki dialog yang ringan dan mudah dipahami. Lakukan aktivitas ini dengan konsisten, sekitar 30 menit hingga 1 jam per hari.

5. Membaca Buku Ringan 

oS5lVS5r1zddgmEzH-A7s4kOzfDr9hfv10rpM9cH6Hn21tjwXmNP24oH9s2iB5wYbdO7g4BpCHiuKpeLIQtIf6nuN4r7zNNYBXF-NM5YRKIs1aPmRHEUDKpb-Dz_xNnug2Wvqs0N98Gkmbq8i2dsJ58EpaUhU_b667P-NgeQT_vk0Am2OCA_9laySA

Cara kelima belajar bahasa Inggri secara otodidak adalah dengan membaca buku. Bagi kamu yang gemar membaca buku, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan membaca Buku ringan. 

Buku ringan yang dimaksud adalah buku yang ditulis dengan bahasa yang cukup bisa dipahami dengan mudah oleh awam.

Misalnya, novel-novel ringan seperti Harry Potter, cerita pendek, atau buku-buku self-development. Untuk yang terakhir, kamu bisa membaca buku Atomic Habits yang ditulis oleh James Clear, misalnya, atau Start With Why nya Simon Sinek.

Bagi yang belum terbiasa, awal-awal mungkin akan terasa susah. Tapi cobalah lakukan ini dengan konsisten, 20-30 menit perhari. Selain kosa katamu akan bertambah, kemampuan memahami bacaan ( reading comprehension ) mu juga akan meningkat.

6. Ikut Course Gratis 

WiyBSyrvw4c6LJQ86I6DyiOcqANZ0rmwy28vRGX_4jkimVi_ZPoRpGQG70ESzYjMQDbudKfDA5VV9VlZVOdaALpIjZZZpugMjh84EZS6YIzyJpLePlxDhOljA_Qs1b-XLE5amVWYqEel7J67mqpqYA40B8G8eNqf48WTQmkJ9t191RnT1VEunY4fOA

Cara berikutnya adalah ikut kursus gratis. Kursus gratis ini umumnya memiliki metode satu arah, dengan vidio yang bisa kamu tonton secara mandiri kapan saja. Topiknya beragam, mulai dari cara presentasi yang baik, hingga tata bahasa ( grammar ).

Kamu bisa mencari kursus bahasa Inggris yang cocok dengan mu di situs-situs kursus online masif, seperti Coursera, Udemy dan Ed Ex.  

Baca juga : 3 Rekomendasi Kelas Bahasa Inggris untuk Profesional Terbaik

7. Praktik 

4xuirR68DaD1eDLfgw2vX3jgTlVSj48oXYnZ6FBF3chMYNLG8uKREtnYo0UwIcgm1OaTLSeZIqiD8ssq4VbU9CFT3--9ugMUbex_H59j6ggkg4k-3juNnmpAwZWQmvDRBlCk-XJVuVuTIWT2w8xLxdyvOpCXNq64OJ-Dk89GzvokzZFvgRDKgKNmpA

Bisa dibilang, ini adalah cara yang paling efektif jika kamu ingin bisa lancar berbahasa Inggris secara otodidak. Layaknya hal lain, sesuatu harus dipraktikan agar memperoleh hasil maksimal.

Pun dengan belajar bahasa, kamu perlu untuk berbicara langsung kata-kata atau kalimat yang kamu tahu dalam bahasa Inggris dan praktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Memang, akan lebih maksimal apabila kamu punya teman yang bisa diajak berbicara. Namun, tak semua orang mempunyai kawan yang bisa diajak mengobrol dengan bahasa Inggris.

Salah satu triknya adalah dengan berbicara pada dirimu sendiri di depan kaca. Cobalah mengobrol dengan dirimu sendiri, seperti bertanya kabar, suasana hati, atau mengobrol suatu topik.

Lakukanlah hal itu dengan konsisten, dan sedikit demi sedikit kemampuan bahasa Inggris akan semakin baik.

Jadi, Riser, itulah tadi 7 cara belajar bahasa Inggris secara otodidak. Ketujuh cara di atas bisa kamu lakukan semua, atau kamu pilih beberapa yang menurutmu cocok untukmu.

Tapi ingat, lakukanlah cara-cara di atas dengan konsisten jika kamu ingin menuai hasilnya. Semoga membantu yah.


 


Putra Pertama

Putra Pertama