Search

Cara Menjadi Content Creator Yang Sukses dan Berpengaruh di Tahun 2023

  • Share this:
Cara Menjadi Content Creator Yang Sukses dan Berpengaruh di Tahun 2023

Di zaman sekarang ini, Content Creator adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari dan diimpikan banyak orang. 


 

Baik itu sebagai Content Creator di suatu perusahaan maupun bekerja sendiri, setiap orang dapat dengan mudah menjadi orang yang berpengaruh di manapun mereka berada.


 

Namun, diperlukan kreativitas yang sangat tinggi dan pemahaman yang baik tentang Content Creator. Karena itu, jenis pekerjaan ini sangat berpengaruh besar dan dibutuhkan dalam dunia marketing.


 

Agar Risers semakin paham, harus tau dulu nih apa itu Content Creator dan kenapa sih pekerjaan ini butuh kreativitas yang sangat tinggi!



 

Apa itu Content Creator?


 

Kamu pernah tidak melihat orang yang membuat konten Youtube, TikTok, Instagram dan sejenisnya? Mereka membuat konten berupa gambar, video atau suara untuk dinikmati oleh kamu sebagai audiens.


 

Nah, itu merupakan pekerjaan seorang Content Creator.


 

Secara sederhana, Content Creator adalah seseorang yang membuat dan menyebarkan konten digital yang berupa informasi, edukasi maupun hiburan. 


 

Apa yang Content Creator sukses lakukan?


 

Seorang Content Creator professional menggunakan platform digital untuk membuat audiens tertarik dan mendapatkan keuntungan dari sana. 


 

Tidak hanya itu, seorang Content Creator professional mampu mempengaruhi orang lain walau sekedar perkataan sederhana dari mereka. 


 

Mereka membuat sebuah video, tulisan atau podcast untuk memberikan informasi, edukasi atau hiburan pada audiens mereka untuk mempengaruhi atau memberikan solusi.


 

Salah satu contoh Creator yang terkenal adalah Nex Carlos, seorang Food Vlogger yang lewat review-nya dapat menggerakkan orang lain untuk membeli makanan di tempat yang ia datangi.


 

[Embed link video Nex Carlos]


 

Selain itu, Content Creator yang sukses juga wajib melakukan hal-hal berikut:


 

  • Membuat strategi konten
  • Mencari ide secara terus-menerus
  • Desain dan mengedit sebuah gambar 
  • Membuat dan mengedit video
  • Menjaga hubungan baik dengan audiens
  • Mendengarkan apa yang ingin mereka mau
  • Memahami dengan baik apa tujuan dan alasan membuat sebuah konten agar dapat update secara terus menerus.


 

Sekarang Risers sudah paham kan seputar profesi seorang Content Creator? Jika sudah, saatnya kamu tahu bagaimana cara menjadi Content Creator yang sukses dan berpengaruh. Simak di bawah ini yaa!



 

Cara Menjadi Content Creator


 

  1. Pahami tipe konten yang kamu suka


 

Seperti yang telah disebutkan di awal, cara menjadi Content Creator yang pertama adalah mengetahui dan memahami dengan baik tipe konten yang kamu suka.


 

Terdapat banyak jenis tipe konten yang dapat dibuat oleh Content Creator, tidak terbatas pada video saja, tapi juga tulisan, foto, suara atau blog.


 

Karena itu, kamu harus mengetahui beberapa jenis tipe konten yang mungkin kamu suka.


 

Content Writer

Sesuai namanya, content writer adalah seorang Content Creator yang membuat sebuah konten berbentuk tulisan.


 

Content Creator jenis ini biasanya dapat membuat konten tulisan untuk berbagai macam keperluan marketing seperti, email marketing, social media marketing, blogging dan sejenisnya.


 

Kebanyakan, content writer menggunakan blog sebagai channel utama mereka.


 

Videographer

Videographer adalah Content Creator yang bertugas membuat konten yang berbentuk video. Mulai dari kegiatan filming sampai editing adalah tanggung jawabnya.


 

Youtube adalah salah satu tempat bagi Content Creator yang memiliki kesukaan membuat format video.


 

Namun, seiring waktu perkembangan konten video membuat beberapa Content Creator membuat video di platform seperti, Instagram Reels, Facebook Video, TikTok dan sejenisnya.


 

Photographer

Photographer juga merupakan Content Creator. Mereka mengambil foto yang indah, berbagi cerita lewat foto dan sebagainya.


 

Photographer bisa dibilang cukup fleksibel karena mereka dapat melakukan berbagai kreativitas terhadap foto yang mereka ambil.


 

Mulai dari foto makanan, keindahan pegunungan, keramaian kota atau foto seorang individu yang dapat memberikan kesan dan pesan.


 

Selain itu, kamu juga dapat bekerja sebagai freelancer untuk perusahaan yang ingin membuat foto produk yang indah dan menarik mulai dari pemotretan sampai editorial.


 

Podcast

Tipe Content Creator selanjutnya adalah seorang podcaster. Jika kamu orang yang malu namun banyak bicara, maka podcaster adalah profesi yang cocok untuk kamu.


 

Kamu tidak harus selalu memiliki kemampuan untuk memberikan pertanyaan pada tamu yang kamu undang ke podcast milikmu. 


 

Bahkan, kamu dapat bicara sendirian untuk menyampaikan informasi.


 

Walau kelihatannya mudah, kamu perlu memperhatikan berbagai macam hal agar audiens tidak bosan mendengarkan. Mulai dari membuat script sampai kejernihan suara merupakan aspek penting dari sebuah podcast.


 

Influencer

Jenis Content Creator yang satu ini mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kamu sampai disebut influencer.


 

Influencer harus memiliki pengikut di social media mereka yang cukup banyak dan setia. Kemudian, menggunakannya untuk mempromosikan produk atau pesan.


 

Terdapat beberapa jenis influencer yang wajib Risers tahu:

  • Nano Influencer, memiliki 1,000 -10,000 pengikut
  • Micro Influencer, memiliki 10,000-50,000 pengikut
  • Macro Influencer, memiliki 500,000- 1 juta pengikut
  • Mega Influencer, memiliki lebih dari 1 juta pengikut


 

Karena memiliki pengikut yang banyak dan setia, terdapat beberapa jenis konten yang dapat dibuat oleh influencer, yaitu:


 

  • Sekedar posting foto
  • Membuat video 
  • Live streaming
  • Podcast
  • Postingan blog
  • Membuat webinar
  • Kursus tertentu


 

Sebenarnya, masih banyak lagi konten yang dapat dibuat oleh influencer, yang penting kamu harus tahu siapa audiens kamu agar konten yang dibuat dapat memberikan engagement yang banyak. 


 

  1. Pilih platform yang tepat


 

Seperti kamu ketahui, terdapat banyak sekali platform yang dapat kamu gunakan untuk menjadi seorang Content Creator.


 

Namun, cara menjadi Content Creator yang sukses disarankan untuk memulai membuat konten pada sosial media. Hal itu karena sosial media memiliki banyak pengguna setia dan dapat diukur.


 

Sebenarnya, tidak apa-apa jika ingin membuat konten di semua sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube dan sejenisnya. Namun, akan lebih baik kamu memilih satu atau dua platform agar lebih fokus.


 

Selain itu, kamu harus tahu bahwa tidak semua sosial media dibuat sama dan memiliki jenis konten yang sama. Youtube sendiri merupakan sosial media yang memiliki konten video, Instagram berpusat pada konten foto dan seterusnya.


 

Karena itu, kamu haru tau platform mana yang tepat untuk jenis konten yang kamu buat agar mendapatkan audiens yang sesuai target market kamu, yaitu:


 

Youtube dan TikTok

Jika kamu tertarik pada konten yang berbentuk video, maka kamu dapat menggunakan Youtube dan TikTok sebagai salah satu platform pembuatan konten.


 

Kamu dapat membuat jenis konten seperti tutorial, video unboxing, review film atau produk dan sebagainya.


 

Youtube sendiri cocok untuk kamu yang ingin membuat konten video panjang agar seluruh pesan yang kamu berikan dapat tersampaikan secara lengkap.


 

Namun, TikTok lebih cocok jika kamu membuat video pendek yang menghibur dan mengedukasi.


 

Karena itu, kamu harus memahami seperti apa video kamu nantinya. Apakah video pendek atau video panjang?


 

“Risers wajib tahu, saat ini format video pendek menjadi sangat disukai karena orang-orang memiliki waktu yang terbatas. Daripada membaca artikel panjang, mereka akan memilih menonton video pendek.”


 

Instagram

Instagram bisa dibilang sebagai sosial media sejuta Content Creator. Hal itu karena hampir semua Content Creator memiliki Instagram dan menjadikannya tempat berhubung dengan audiens.


 

Jika kamu menyukai konten berformat gambar atau foto. Maka, Instagram adalah tempat yang tepat buat kamu membagikan gambar yang menarik dan indah.


 

Selain itu, sebuah bisnis kecil atau besar juga dapat menggunakan Instagram sebagai salah satu alat Digital Marketing yang terbukti sangat efektif.


 

Facebook

Facebook dari dulu hingga sekarang adalah platform Content Creator paling fleksibel dan lengkap.


 

Kamu dapat memposting artikel pendek, video panjang, live streaming, membagikan foto, membuat halaman, masuk ke sebuah komunitas dan masih banyak lagi.


 

Bisa dibilang, kamu dapat hampir melakukan semua hal pada platform ini.


 

Sayangnya, jika kamu memiliki target anak muda, maka Facebook bukanlah pilihan yang tepat karena memiliki pengguna anak muda yang sedikit.


 

Kebanyakan pengguna Facebook saat ini adalah orang tua dan mereka yang sekedar membutuhkan hiburan serta informasi.


 

  1. Ketahui audiens kamu

Mengetahui audiens adalah hal wajib jika kamu ingin menjadi Content Creator yang sukses. Ketika kamu mengetahui dengan baik audiens kamu, maka kamu dapat membuat konten apapun.


 

Apapun format konten yang kamu buat seperti, video, foto, tulisan atau suara. Jika itu sesuai dengan audiens kamu maka mereka akan tetap menikmati konten buatanmu.


 

“Konten adalah raja”


 

Jika kamu membuat konten yang jelek dan tidak orisinil, maka audiens kamu akan pergi meski kamu memahami dengan baik siapa audiens kamu.


 

Oleh karena itu, konten adalah raja. Ketika kamu memahami audiens, kamu juga wajib membuat konten yang berkualitas untuk mereka.


 

  1. Buat rencana membuat konten

Cara menjadi Content Creator selanjutnya adalah selalu buat rencana pembuatan konten. 


 

Ketika kamu membuat perencanaan, kamu tidak perlu kebingungan konten apa yang akan kamu buat hari itu. 


 

Buatlah perencanaan konten selama satu bulan dengan tema yang telah kamu tentukan.


 

Setelah itu, kamu dapat langsung membuat konten yang telah kamu tentukan itu secara terus menerus. 


 

Jangan lupa, jika kamu memiliki ide, langsung saja masukkan dalam perencanaan konten kamu agar dapat di eksekusi di waktu selanjutnya.


 

  1. Buat konten yang menarik dan orisinil

Konten yang menarik mungkin bisa kita buat dengan teknik-teknik tertentu. Namun, kamu mungkin akan kesulitan membuat konten yang orisinil karena semua orang memiliki konten yang mungkin sama.


 

Karena itu, kamu harus memahami konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Dengan konsep ini kamu bisa membuat konten yang berbeda dengan kompetitor.


 

Contoh, jika kamu ingin menulis “cara menjadi Content Creator”, tentu akan sangat banyak konten yang sama di luar sana.


 

Namun, dengan konsep ini, kamu dapat melakukan modifikasi lewat sudut pandang dan angel yang menarik.


 

Jadi, konten yang sama mungkin akan memiliki gaya penyampaian yang berbeda yang bisa saja disukai oleh audiens kamu dan orang lain.


 

  1. Rajin melakukan riset kompetitor dan riset konten

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara menjadi Content Creator harus rajin melakukan riset dengan konsep ATM.


 

Kamu tidak harus membuat konten setelah melakukan riset. Ketika kamu sedang tidak mood misalnya, kamu dapat melakukan riset untuk menciptakan konten menarik selanjutnya.


 

Dengan rajin melakukan riset, kamu dapat mengetahui bagaimana kompetitor kamu membuat konten mereka, apa yang mereka miliki, apa gaya penyampaian mereka dan bagaimana cara mereka terus terhubung dengan audiens.


 

Dengan cara ini, kamu dapat mengembangkan konten buatanmu lewat inspirasi yang telah kamu dapatkan dengan rajin riset kompetitor dan konten.


 

  1. Berani Eksperimen 

Jangan takut kehilangan audiens saat membuat konten.


 

Content Creator yang sukses harus selalu berani dalam membuat konten meskipun itu berbanding terbalik dengan konten yang biasa dibuat.


 

Contoh, jika kamu membuat konten mengenai karir, tidak salah jika kamu membuat konten mengenai review film yang berkaitan dengan karir.


 

Lihat hasil dari eksperimen konten yang berbeda ini, jika audiens kamu malah bertambah dan menyukai konten buatanmu. Artinya, eksperimen kamu berhasil.


 

Namun, jika sebaliknya dan membuat audiens berkurang, maka jangan menyerah dan terus bereksperimen.


 

Eksperimen berguna agar penonton kamu tidak bosan melihat format konten kamu yang sama terus-terusan.


 

  1. Update terus

Cara menjadi Content Creator selanjutnya adalah selalu update dengan perkembangan zaman dan dunia maya.


 

Buatlah sebuah konten yang sangat menarik dan menyesuaikan keadaan zaman sekarang.


 

Selalu update disini tidak hanya update isi konten kamu tapi juga update keadaan pasar tentang apa yang mereka suka.


 

Contoh, dulu orang-orang lebih suka membuka Instagram untuk melihat foto dan gambar. 


 

Namun, sejak kemunculan TikTok orang-orang mulai mengurangi waktu mereka di Instagram dan menonton video di TikTok.


 

Dengan begini, terjadi perubahan bagaimana ketertarikan orang-orang terhadap format konten yang dulunya gambar dan kini menjadi video pendek.


 

Sebagai Content Creator, hal ini menjadi sebuah peluang emas untuk kamu agar exis dan menambah audiens di platform TikTok.


 

  1. Kolaborasi dengan Content Creator lain

Cara menjadi Content Creator adalah dengan melakukan kolaborasi dengan Content Creator lain.


 

Kolaborasi ini dapat bermanfaat untuk menambah audiens dan menciptakan awareness terhadap keberadaan kamu sebagai Content Creator.


 

Selain itu, audiens dari Content Creator lain mungkin juga akan mengikuti kamu sebagai creator.


 

Tentunya, dalam memilih kolaborasi kamu wajib untuk mengetahui beberapa hal:

  1. Pastikan audiens Content Creator tersebut sama seperti target market kamu
  2. Pastikan juga tema yang dibawakan sama dengan tema kamu
  3. Cobalah kolaborasi dengan Content Creator yang sudah memiliki audiens setia
  4. Jika masih awal, jangan kolaborasi dengan Content Creator besar karena mungkin membutuhkan biaya.


 

Setelah mengetahui Content Creator mana yang dapat kamu ajak kolaborasi, lakukan brainstorming konten apa yang cocok agar memberikan manfaat pada kamu.


 

Cobalah bertukar pikiran dengan creator yang kamu ajak kolaborasi agar dapat menciptakan sebuah konten yang berkualitas.


 

  1. Konsisten. Konsisten dan konsisten

Konsisten adalah kunci dari segala keberhasilan.


 

Tidak ada cara menjadi Content Creator jika kamu tidak mau konsisten. Di awal, kamu mungkin akan sangat kesulitan dalam membuat konten atau menemukan ide.


 

Namun, jika kamu terus konsisten dalam membuat konten meskipun tidak berkualitas di awal, seiring waktu kamu akan membuat konten berkualitas pastinya.


 

Kamu akan memahami bagaimana seorang Content Creator sukses membuat konten yang baik dan menarik.


 

Dengan konsisten, kemampuan kamu akan terus terasah dan bukan tidak mungkin selangkah lagi kamu akan menjadi dan mengalahkan Content Creator sukses yang sekarang ada.


 

Apa ada syarat menjadi Content Creator?


 

Cara menjadi Content Creator adalah perkara mudah. Kabar baiknya, kamu tidak perlu memiliki gelar sarjana bisnis untuk menjadi seorang Content Creator.


 

Kamu hanya perlu mempelajari cara-cara dan bagaimana menjadi Content Creator yang sukses dan menarik perhatian orang-orang.


 

Selain itu, kamu dapat mengambil beberapa kursus atau bootcamp untuk menajamkan pemikiranmu tentang dunia Content Creator seperti copywritingcontent strategy, sosial media dan sebagainya.


 

Untuk itu, Harisenin memiliki program untuk kamu calon Content Creator sukses agar dapat bersaing di dunia digital.


 

[link digital marketing bootcamp]


 

Content Creator bisa menghasilkan uang atau tidak?


 

IYA DONG!


 

Kamu tidak mungkin mencari cara menjadi Content Creator yang sukses hanya untuk hobi atau iseng saja mengisi waktu luang bukan? Iya kan?


 

Tentu, kamu ingin menjadi Content Creator karena keuntungan yang didapatkan jika menjadi seorang Content Creator.


 

Terdapat banyak sekali cara menghasilkan uang dari pekerjaan sebagai Content Creator, mulai dari bekerja pada sebuah perusahaan, monetisasi di Youtube, freelancer dan masih banyak lagi.


 

Yang terpenting kamu harus kreatif dalam mencari cara mendapatkan keuntungan dari apa yang kamu bangun selama ini.


 

Sebagai contoh Youtubers di Indonesia yang mendapatkan keuntungan milyaran dari satu video yang telah ditonton jutaan orang.


 

Atau, seorang penulis buku seperti Raditya Dika yang menjadi terkenal dan sukses lewat bukunya yang diangkat menjadi film dan dibaca banyak orang.


 

Bagaimana nasib Content Creator tahun 2023?


 

Di masa depan pekerjaan sebagai Content Creator mungkin menjadi yang paling dicari dan cukup menghasilkan.


 

Tahun 2023 yang telah dibarengi dengan kemajuan teknologi secara tidak langsung memberikan banyak peluang untuk mendapatkan uang.


 

Setidaknya, terdapat beberapa alasan mengapa pekerjaan sebagai Content Creator sangat diminati pada tahun 2023:


 

  • Kemudahan saling terhubung secara online

Pandemi membuat seluruh masyarakat sampai pebisnis melakukan inovasi agar kehidupan dan pekerjaan dapat berjalan. Salah satunya adalah peluang bekerja dari rumah.


 

Karena itu, hal ini menjadi peluang untuk kamu calon Content Creator sukses dalam membuat konten digital dari rumah.


 

Dengan makin banyak orang menggunakan internet dan bekerja dari rumah, makin banyak pula orang yang mencari hiburan dan informasi di internet.


 

Dan, semakin banyak juga audiens yang dapat kamu jangkau.


 

  • Pemanfaatan user experience untuk marketing oleh Content Creator

User experience merupakan strategi marketing yang cukup efektif dalam memasarkan produk saat ini. Banyak perusahaan yang telah menggunakan strategi ini dan menggunakan Content Creator.


 

Lewat Content Creator, audiens akan melihat pengalaman langsung tanpa pemalsuan yang dialami oleh Content Creator dalam menggunakan suatu produk atau jasa.


 

Apalagi, jika Content Creator memiliki audiens setia yang selalu melihat konten mereka. Tentunya perusahaan akan senang karena mendapatkan engagement yang banyak.


 

Oleh karena itu, banyak perusahaan atau brand yang memilih menggunakan Content Creator dalam  untuk memasarkan produk mereka dan rela membayar mahal.


 

  • Revolusi konten

Semakin banyaknya platform media sosial secara tidak langsung juga menciptakan Content Creator baru dan membuat Content Creator lama beradaptasi.


 

Dunia konten akan terus berubah mengikuti selera masyarakat. Salah satu contoh nyata adalah TikTok yang mengubah konten pemasaran dari foto di Instagram menjadi video pendek.


 

Adaptasi cepat ini yang sangat dibutuhkan oleh Content Creator. Mereka yang mampu untuk beradaptasi dengan cepat mengikuti selera masyarakat mampu menjadi Content Creator yang sukses.


 

Content Creator wajib paham Digital Marketing?

Cara menjadi Content Creator sebenarnya tidak wajib untuk menguasai digital marketing. Tetapi, Content Creator sukses wajib memahami digital marketing.


 

Ketika kamu memahami digital marketing, setidaknya kamu mampu membuat sebuah konten baik itu video atau tulisan yang dapat menarik perhatian pembaca dengan copywriting.


 

Selain itu, kamu juga bisa memahami cara menciptakan sebuah brand mulai dari memasarkannya di awal sampai sukses dan menghasil keuntungan.


 

Bukankah tujuan kamu menjadi Content Creator untuk mendapatkan keuntungan?


 

Karena itu, tidak salah jika kamu mengikuti berbagai program digital marketing untuk mengasah keterampilan kamu dalam membuat konten.


 

Harisenin sebagai digital learning school memberikan sebuah program bootcamp atau kursus untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam digital marketing.


 

Tidak hanya itu, jika kamu berhasil lulus dari bootcamp ini, kamu juga akan mendapatkan jaminan untuk bekerja di perusahaan mitra Harisenin.


 

Jangan buang kesempatan kamu menjadi Content Creator sukses ya!


 

Yuk langsung klik link berikut ini!


 

[embed link bootcamp harisenin]


 

Rizki Ali Akbar

Rizki Ali Akbar