Search

Arti SEO Copywriting bagi Copywriter

  • Share this:
Arti SEO Copywriting bagi Copywriter

Halo Risers! Apakah saat ini sedang memikirkan untuk memulai karir sebagai seorang copywriter? Apa itu copywriter? Apa yang dikerjakan sebagai seorang copywriter? Bagaimana aku harus memulai untuk menjadi seorang copywriter? Apakah jenjang karir sebagai copywriter bagus? Keahlian apa yang harus dimiliki oleh seorang copywriter? Mungkin saat ini itu adalah pertanyaan yang sedang Risers pikirkan. 
 

Jangan khawatir, sebelumnya apakah Risers tahu kalau perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dan banyak pengguna internet, khususnya di Indonesia? Ya, berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) data pengguna internet di Indonesia pada tahun 2022 telah mencapai 210 juta. Lalu kenapa harus copywriter? 
 

Tentu karena menurut data Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), sampai akhir 2021 ada 1.190 perusahaan rintisan atau startup di dalam negeri, hal tersebut tentu dapat menjadi peluang untuk memulai karir dibidang digital, khususnya sebagai seorang copywriter. 

 

Copywriter merupakan seseorang yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan untuk membuat tulisan yang berkaitan dengan pemasaran produk, jasa dan sebuah merek. Jadi copywriter bergerak dibidang digital marketing, dan setiap perusahaan tentu membutuhkan seorang  copywriter untuk meningkatkan penjualan. 

 

Siapapun Risers dengan berbagai latar belakang, tentu dapat memulai untuk menjadi seorang copywriter. Saat kamu sangat senang menulis dan mengikuti tren yang sedang terjadi di masyarakat kamu dapat menjadi seorang copywriter karena tujuan utama dari seorang copywriter adalah menjual suatu produk atau jasa melalui tulisan kreatif. 

 

Baca Juga : 5 Tempat Belajar Digital marketing Gratis Untuk Pemula

Lalu bagaimana agar kamu dapat menjadi seorang copywriter? 

Tentu saja, keahlian terkait yang harus dimiliki oleh seorang copywriter adalah SEO (Search Engine Optimization) Copywriting. SEO Copywriting menjadi sangat penting karena dengan memahami tekniknya, Risers akan dapat meningkatkan konten dan menjawab pertanyaan publik dengan tepat sasaran. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengoptimalan SEO Copywriting? 
 

Terdapat beberapa hal yang perlu Risers perhatikan, diantaranya: 

 

1. Memperhatikan penggunaan kata kunci, Risers dapat menggunakan tools atau alat bantuan untuk menampilkan kata kunci yang akan digunakan 

 

2. Mengerti apa yang menjadi pokok pertanyaan publik, Risers dapat menggunakan fitur question melalui media sosial untuk mengetahui apa yang publik inginkan dari perusahaan tempat Risers bekerja 
 

3. Melakukan analisis terhadap kompetitor, menggunakan tools juga Risers dapat mengetahui kompetitor tempat Risers bekerja sehingga dapat membuat strategi dan analisis konten terutama terkait penggunaan kata kunci 
 

4. Mengumpulkan data – data, sebagai seorang copywriter tentunya konten yang Risers buat harus berdasarkan fakta dengan data penunjang yang jelas untuk dapat meyakinkan publik 

 

5. Menyajikan dalam bentuk konten yang mudah dimengerti oleh publik, disini Risers dapat membuat konten sekreatif mungkin melalui tulisan dan rangkaian kata. Tentunya harus asli dan tidak mengandung SARA. Buat semenarik mungkin sehingga orang – orang tertarik dan sesuai dengan menetapkan target terlebih dahulu. 
 

6. Sebagai seorang copywriter jangan lupa untuk mengajak publik untuk menikmati fitur sesuai dengan topik yang Risers buat, misalkan mengenai promosi produk jangan lupa kalimat ajakan untuk menarik publik membeli produk. 

 

Baca Juga : Yuk, Intip Gaji Social Media Specialist! Profesi Paling Dibutuhkan

 

Mudah bukan? Tentu tidak ada yang mudah dalam memulai dan mengerjakan suatu hal. Tapi apakah Risers tahu gaji seorang copywriter berkisar antara 3 – 6 juta disesuaikan dengan jabatannya. Yuk mulai karirmu sebagai seorang copywriter! Tentu segala hal perlu dipelajari, setidaknya kamu memahami titik awal untuk memulai dan harisenin.com punya jawabannya. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, dan tidak ada kata berhasil tanpa usaha. Banyak sekali pelatihan atau bootcamp digital marketing yang dapat Risers ikuti di Harisenin.com

 


Farrel Baihaqi

Farrel Baihaqi