Search

10 Tips Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien, Selalu Buat Perencanaan!

  • Share this:
10 Tips Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien, Selalu Buat Perencanaan!

Belajar adalah kewajiban setiap orang. Risers, jika kamu ingin menjadi orang yang pintar dan cerdas, maka belajar adalah jalan keluarnya. 

 

Seseorang tidak akan bisa pintar jika ia tidak mau belajar. Untungnya, belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Bahkan, jika kamu sedang antri di minimarket, kamu mungkin akan belajar caranya sabar.

 

Sayangnya, orang-orang sering bingung bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien. Risers mungkin juga merasakan hal yang sama.

 

Sulitnya belajar yang efektif dan efisien membuat kita malas untuk belajar, bahkan untuk mencoba hal baru sekalipun.

 

Oleh karena itu, Harisenin kali ini akan membagikan tips cara belajar yang efektif dan efisien agar kamu bisa belajar dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan akademismu.

 

  1. Buat Perencanaan 1LBzEvUWFntjDBkH29qMnl6YVtw7Zz6WwrFfXGyOJwU-VQ7bifAqTFug4SFPRYBhI-b-Yp7w_wDrYs09V4hhEjB9_ZQTqxtyvnFQDvbEXSVrBN0XjjDO91o-ji_s2ARg9Vhta3ICD6k8uLBnwMf558p_rf-P4zLfORK7pjAlGVt5pw_4CFbjg-j2-sXg

ilustrasi membuat rencana/unsplash.com

Perencanaan yang dimaksud agar kamu dapat belajar dengan efektif dan efisien adalah jadwal yang teratur. Maksudnya, kamu harus menulis dengan detail setiap harinya apa saja yang ingin kamu lakukan.

 

Contoh, kamu saat ini ingin sekali belajar Digital Marketing. Untuk itu, kamu harus membuat perencanaan hari apa kamu ingin belajar Digital Marketing, jam berapa kamu ingin belajar dan berapa lama waktu yang ingin kamu luangkan untuk belajar Digital Marketing.

 

Selain itu, kamu juga wajib memiliki komitmen terhadap waktu yang telah kamu buat. Jangan sampai setelah kamu membuat perencanaan, kamu justru tidak melaksanakannya. Hal ini justru tidak akan membuatmu belajar dengan baik dan efisien karena jadwalmu menjadi kacau.

 

Jika kamu sudah membuat perencanaan dengan baik dan komitmen yang besar untuk belajar sesuai jadwal. Maka, kamu dapat belajar dengan efektif tanpa mengganggu aktivitas kamu yang lain seperti, sekolah, kuliah atau bekerja.

 

  1. Jangan dengerin musik yang ada liriknya

VSYmZqNv7SKQRLcDDqMA7rVV-eqmwT0HBt9eU5FXTOz4E-U9oYdI4lULNTATLh5TJ9dkdbvv3fhD8s0ySLEKPA6G-NikDMsQ7Xld-OY1sPKMMt2xsnMqcC5Xo8qGBrq1Si-9yrNK1mS3KWUmShVqtSwmslG7XW1rqlwwhtyy1Ya9EjXYRrrzwcgiqACq

ilustrasi musik tanpa lirik/unsplash.com

Agar cara belajar efektif dan efisien, kamu disarankan untuk jangan mendengarkan musik yang ada liriknya. Musik yang mengandung lirik terkadang bisa mengganggu fokus kamu saat belajar.

 

Musik memang terbukti bisa membantu konsentrasi seseorang saat sedang belajar atau melakukan kegiatan yang lain. Musik yang dimaksud disini adalah musik klasik yang hanya berbentuk instrumental.

 

Namun, tips cara belajar efektif dan efisien ini tentu tidak semua orang merasakannya. Bisa saja kamu justru dapat belajar dengan baik jika mendengarkan musik chill seperti Joji.

 

  1. Belajar dimana saja yang penting nyaman

uKqdhHBFQLuhQFYcmzKPN5lS47mlDSspqVsLYbFlmJ5MAswlvRgxbtjYD24nqVQX71LkTbe7oFxg0l0xRhdsbR1_kRTOwujSB_xGjFi2JIbay7-1JMTHdXOGXemm1gjR62clgviUjENVT9AS3CTslH1MYRox9JerVaWSoGrG0YGeXkOcP7e4ygJYQHOg

ilustrasi belajar dimana saja/unsplash.com

Keadaan buruk terbukti dan merubah mood seseorang dalam belajar dan melakukan sesuatu. Karena itu, agar cara belajar kamu dapat efektif dan efisien, usahakan belajar di tempat yang nyaman bagi kamu.

 

Buat suasana belajar seenak dan sebaik mungkin sehingga mempengaruhi mood kamu dengan baik dalam belajar.

 

Coba lakukan makeover terhadap ruang belajarmu. Terkadang, cara ini dapat efektif dan bisa membuat kamu belajar lebih efektif.

 

Kamu juga bisa berkunjung ke tempat-tempat yang cocok untuk belajar seperti, cafe, perpustakaan, taman dan sejenisnya. Hal ini guna mencari atmosfer baru agar belajar kamu dapat efektif dan efisien.

 

 

  1. Buat ringkasan

hEi5MzKv4HjAMtRINy8suGvALk3ywIBcIJ9DY7_pz4Ooivvb-e9WC2X6tStwywXVBgZhWMdrY3T3OB--DcJmUUhKSW8QugAzmImLXefBo2lStJvINEfSWEoL0U1lbBMzSdOrFpmykOyTef0Ed0WM3fIgsNVZMUyA6hRLRGwlDKjvC2DFOAr2Iu50Ap6u

ilustrasi membuat ringkasan/unsplash.com

Saat mempelajari sesuatu, ada baiknya jika kamu membuat ringkasan agar dapat memahami dengan baik apa yang kamu pelajari.

 

Cara belajar efektif dan efisien ini terbukti membantu kamu untuk mengingat dengan baik pokok-pokok penting tentang hal yang kamu pelajari. Kamu cukup menulis berupa poin-poin penting pada selembar kertas dan membacanya lagi.

 

Saat membuat ringkasan, kamu secara tidak langsung sedang mengulang apa saja hal yang kamu pelajari. Nah, pengulangan ini yang akan membuat belajar kamu semakin efektif.

 

Jangan lupa untuk membuat ringkasan dengan bahasa kamu sendiri. Jangan terlalu mengikuti tulisan formal pada buku, coba untuk menulis dengan cara bicara atau bahasa yang kamu gunakan sehari-hari.

 

Dengan menulis ringkasan, kamu dapat mengingat dengan mudah hal penting apa saja yang kamu pelajari selama ini.

 

 

  1. Jangan menghafal

Tfx4fc7ysN0QUFSC0-BLK4wqw68JC-cl9YDaE5quluPufVNfatvFtCRTX5Zkg_8cnvXqE0LkhWYitpMBHX7ejL4IK7wL0zSKLUiQdzO0tBbuF4L5n56r69sCdN01OnVov_KOJREdZg6ZINeB8coOgsz6Z_v2ki5K1AmV7wCkO_bB8TxkYo3C5bb_mgky

ilustrasi jangan menghafal tapi memahami/unsplash.com

Menghafal dalam belajar terbukti tidak baik untuk jangka panjang. Jika kamu lebih sering menghafal maka kamu akan pelan-pelan akan melupakan hal-hal yang kamu pelajari di kemudian hari.

 

Menghafal lebih cocok jika kamu akan menghadapi ujian besok dan harus belajar dengan cepat. Namun, jika kamu ingin mengingat terus materi suatu pelajaran hingga nanti, usahakan untuk memahami materi itu.

 

Contoh, jika kamu belajar digital marketing, usahakan memahami alasan kenapa diperlukannya sebuah awareness, cara mendapatkan awareness dan seterusnya.

 

Dengan memahami sebuah materi, kamu akan mendapatkan insight yang baru dan terkadang menemukan cara baru yang lebih baik.

 

Memahami suatu materi adalah cara belajar yang paling efektif dan efisien dibandingkan menghafal materi kata per kata.

 

 

  1. Bersikap kritis

Ih0QxeqmW0iyAPRKR77uTBrXSeqiGH53EKvBBtCuZ38tjXpDIngSAbxL_MwaojR96GzXP7AZi8CldR3hwKs9r-l8zFVPlLRswWiCh_ql8Sq-NqnEv9jQBVIONVIMUj9yw9FoQ2iZzSUVUl6hyysOCkR7Vxj1BKYn_UiGMmm_aTViarZhGVky0xvefMFb

giphy.com

 

Anggaplah saat ini kamu sudah belajar dan menulis ringkasan hal yang telah kamu pelajari. Namun, hal itu tidak cukup jika kamu ingin mengetahui lebih dalam dan memahami dengan baik materi yang kamu pelajari.

 

Coba cari informasi lebih lanjut tentang materi yang kamu pelajari, cari kebenaran dari materi tersebut di internet dan bandingkan dengan ringkasanmu.

 

Apakah sudah sama atau justru ada yang kurang? Dengan melakukan ini, otak kamu akan ditantang untuk lebih kritis dan membuat perspektif kamu terhadap suatu materi menjadi lebih luas.

 

Dengan cara ini, belajar kamu tidak hanya semakin efektif, tapi juga akan semakin efisien.

 

 

  1. Acting jadi pengajar

x4DRhX70P6zpA6qxAtbWOprhnnKovxtBLzr9PWnS23Kf2IO6SnBQVW9ZXQaUd3__W4IcMFXE8kayJOQ1m2cYn1cVTx8hbeoUjm-re6sRQ15NEvTmdO-9YwAQsQSlB5jq6b6Bw9MBlo0lVlKbi32j_V0qaOJJLc0tR7SG6-NS3zdSRB0snlhuj9JKwIlu

giphy.com

Kemampuan mengajari kembali sebuah materi yang telah kita pelajari ke diri kita sendiri disebut sebagai metakognitif. Kemampuan ini dapat membantu kamu untuk memahami pelajaran dengan baik setelah kamu selesai belajar.

 

Ulangi pelajaran dengan bahasa kamu sendiri, bicara pada dirimu tentang apa saja yang kamu pelajari.

 

Para psikolog meyakini bahwa mengulang kembali materi dengan cara terbukti membuat belajar lebih efektif dan efisien. Ketika kamu mencoba menjelaskan kembali, mungkin banyak materi yang akan terlewat. Namun, hal ini yang menjadi alasan kenapa kamu harus membuka kembali ringkasan atau materi yang telah kamu pelajari.

 

 

  1. Istirahat

Jjr4tjGExOzyqWhie_-bgCmaBaxPfLyLJ3CB5kNTLbBzi09R0EyWg6kGVjhtUOjvYYi8XuUKDg3Ey7pGTuILYZvTRCw1W28RtZs_cpLHP2uaKlKZ7ATFz1r0gbmv9Of63nk50yBp4YVep0oYEpFEd-6v2VRMWCI6aI5IPP_S4SjVesEpRNPChycmRIUa

Ilustrasi istirahat/unsplash.com

Meskipun belajar adalah hal yang sangat seru, kamu juga harus ingat untuk terus istirahat guna memulihkan tenaga yang kamu miliki. Jangan paksakan dirimu untuk terus belajar karena tidak baik untuk kesehatan.

 

Usahakan melakukan jeda sekitar beberapa menit sebelum akhirnya belajar lagi. Dengan begini, otak akan kembali segar dan fresh sehingga belajar akan semakin efisien.

 

Selain itu, tidurlah yang cukup agar badan kamu tetap sehat. Risers yang suka begadang usahakan untuk tidur sekitar 7-8 jam satu hari.

 

Hal itu tidak hanya untuk meningkatkan kinerja otak, tapi juga berguna untuk menjaga kesehatan dan menjauhi dari penyakit.

 

 

  1. Learning before sleeping

vV-JLXACdKBQOvxqhSvgazC0lpNL949d_VUcU3fFh7_1z9VjnwwRvBANy9XcWiybMNm_qvusB4E7nkdmZhwb0b3DOe6r3ANnVQ5K25Ed52vnsUnzg4QVclxT4W4162YDeYz2KYkgRuk_FDl2w3qC4eXhhrx0T9on8dsYeI-1oMGKwVAziJYB2LJVS3so

giphy.com

Penelitian membuktikan bahwa tidur adalah salah satu cara belajar efektif dan efisien untuk membantu proses mengingat.

 

Cobalah untuk membaca kembali materi yang sudah kamu ringkas di kertas atau buku tulis sebelum tidur. Daripada bermain gadget, kamu dapat belajar sebentar untuk sekedar menajamkan ingat tentang materi yang telah kamu pelajari.

 

Usahakan jangan terlalu lama untuk membaca sebelum tidur. Jika kamu sudah ngantuk, maka tidurlah dan istirahatkan tubuhmu agar dapat melakukan kegiatan di esok hari.

 

 

  1. Never give up

4HONyteEk3BR0XZAXCiDu-cb2DHubBnPpfNGkwDSVRK8sssReS83sfRlkTnNV86aKHjaoUaHuG-YQSHaZEGzmZQZdBNfQX7GD13ubK7jjiqZv4JLfuuqQcj1ZvrXPP6bzxzgmZ1NsXlpqhAI-oet3ZAYp5bwLag197uxtgLSbYMsNOJvfnj465jVbhIF

giphy.com

Tips belajar efektif dan efisien yang terakhir adalah jangan menyerah. Mungkin ini menjadi kata-kata bijak paling klasik yang sering kamu baca.

 

Namun, kata-kata ini justru adalah yang paling penting dalam hidup setiap orang. Jika kamu mudah menyerah, maka kesuksesan tidak akan mendatangimu.

 

Kesuksesan hanya akan datang bagi mereka yang bekerja keras.

 

Karena itu, jangan pernah menyerah saat belajar. Meskipun materi itu sangat sulit, coba untuk berusaha lebih keras dengan meminta bantuan kepada teman atau orang terdekat.

Dengan begini, kamu akan terus termotivasi untuk belajar dan menemukan serunya belajar meskipun menghadapi banyak rintangan.

 

Risers, jika kamu ingin belajar efektif dan efisien. Usahakan untuk komitmen dan pertahankan itu hingga proses belajarmu selesai.

 

Tadi adalah tips cara belajar efektif dan efisien yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan proses belajar kamu menjadi lebih baik. Jika kamu berhasil melakukan beberapa tips diatas, maka dipastikan kamu akan memahami dengan baik materi yang telah kamu pelajari.

 

Ingat, jangan pernah menyerah jika kamu belajar hal baru meskipun itu tidak sesuai dengan hal-hal yang kamu pelajari di sekolah atau di kampus.

 

Semangat!!! 

Rizki Ali Akbar

Rizki Ali Akbar