Career Growth vs Career Development, Apa perbedaan nya?

2 mn read

Risers, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah career growth dan career development. Keduanya penting untuk berkontribusi pada karir kamu. Meskipun keduanya terdengar serupa akan tetapi keduanya memiliki pengertian yang berbeda loh, Risers. 

Kali ini Harisenin.com akan menjelaskan perbedaan antara career growth and career development. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Risers…

Apa itu Career Growth?

Istilah dari Career Growth atau pertumbuhan karir adalah bergerak dari titik A ke titik B untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab dan membentuk dasar dari banyak tujuan untuk karir jangka panjang. 

Contoh paling umum dari Career Growth di dunia kerja adalah promosi jabatan yaitu tindakan maju dari jabatan kamu saat ini ke posisi jabatan yang lebih tinggi, mungkin bagi sebagian orang kenaikan jabatan adalah tujuan utama mereka di tempat kerja. Misalnya, kamu memulai kehidupan kerja sebagai Junior Auditor lalu tiga tahun kemudian kamu menjadi Auditor

Apa itu Career Development?

Istilah Career Development atau pengembangan karir ini merupakan proses pengetahuan diri, eksplorasi, dan pengambilan keputusan yang membentuk karir seseorang. 

Berbeda dengan Career Growth, tak hanya soal peningkatan pada jabatan atau suatu posisi akan tetapi Career Development ini lebih menekankan peningkatan kemampuan kekuatan serta keterampilan karyawan. 

Ketika kamu melakukan pengembangan pada karir, kamu akan meluangkan waktu kamu untuk berubah untuk meningkatkan kualitas diri kamu, kamu bekerja menjadi ahli di bidangnya. 

Apa perbedaan antara Career Growth dan Career Development?

Career Growth dan Career Development selalu berjalan beriringan tidak bisa dipilih satu diantaranya akan tetapi yang sudah disebutkan bahwa mereka serupa tapi tidak sama. Kali ini Harisenin.com akan memberikan penjelasan perbedaan antara Career Growth dan Career Development dibawah ini:

Career GrowthCareer Development
Berusaha untuk status yang lebih tinggi dari jabatan atau posisi saat iniMeningkatkan keterampilan dalam peran kamu
Fokus sama tujuan kamu      2. Fokus pada bagaimana kamu mencapai tujuan 
Strategis      3. Transformatif

Nah yang membedakan antara Career Growth itu lebih bersifat kuantitatif karena sedikit banyaknya terkait dan fokus pada tujuan – tujuan kamu dan mau ke arah mana karir kamu kedepan nya. Sementara Career Development itu lebih condong kepada proses, proses yang dimaksud adalah bagaimana cara kamu untuk mencapai tujuan kamu dan bagaimana kamu belajar serta menggunakan ilmu keterampilan yang kamu peroleh untuk mencapai tujuan kamu

KESIMPULAN

Kamu tidak bisa berfokus pada salah satunya, cara terbaik adalah dengan juga mengembangkan keterampilan yang kamu butuhkan untuk peran kamu sambil menentukan akan kemana arah tujuannya. Dengan begitu, kamu akan memiliki karir dan kualitas diri yang lebih baik.

Semoga artikel ini memberi kamu pemahaman apa perbedaan antara Career Growth dan Career Development

Nah buat kamu yang ingin mengembangkan skill nya, kamu dapat bergabung di program kelasnya Harisenin.com. Yuk tunggu apalagi!

Baca Artikel Lainnya Disini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Power comes not from knowledge kept but from knowledge shared - Bill Gates

Social Media