Cara Membangun Jaringan Bisnis Yang Tepat? Lakukan 6 Tips Ini

Membangun Jaringan Bisnis
3 mn read

Memiliki jaringan bisnis yang luas akan sangat berguna bagi setiap orang yang punya kepentingan, khususnya kepentingan bisnis. Kamu bisa membangun jaringan usaha yang luas dan memperoleh manfaat darinya.

Dengan membangun jaringan bisnis Kamu bisa terhubung dengan banyak orang yang bisa membantu Kamu mengembangkan bisnis sendiri.

Bantuan-bantuan tersebut bisa berupa banyak hal seperti, ilmu dan pengalaman, menjadi partner bisnis, atau bahkan bertemu dengan para investor yang siap mengalokasikan dana mereka pada bisnis Kamu.

Bukan itu saja,

Membangun jaringan bisnis juga dapat meningkatkan penjualan serta membantu mendapatkan solusi dari banyak masalah bisnis yang dihadapi. Kamu juga bisa mendapatkan banyak insight ketika membangun bisnis online ataupun offline.

Sampai sini Kamu sudah punya gambaran mengenai betapa pentingnya membangun jaringan bisnis?

Baca Juga : Sini Merapat! Yang Masih Bingung Cara Membangun Bisnis Hingga Sukses

Sebuah bisnis tidak boleh mengabaikan jaringan atau networking.

Ada banyak sekali manfaat membangun jaringan usaha atau bisnis yang bisa Kamu peroleh, namun perlu disadari bahwa dalam membangun networking bisnis juga terdapat yang namanya symbiosis mutualis, artinya Kamu juga harus bisa bermanfaat bagi mereka untuk bisa mendapatkan manfaatnya balik.

Tips sukses harisenin.com akan mengulas bagaimana cara membangun jaringan bisnis. Dalam artikel ini ada 6 tips yang perlu Kamu ketahui agar jaringan bisnis yang ingin Kamu dapatkan bisa lebih optimal.

Baca Juga : Menentukan Tujuan Membangun Bisnis, Apa Pentingnya?

1. Perbanyak Teman Dan Kenalan Baru Setiap Hari

Mungkin terkesan berlebihan tapi memiliki lebih banyak teman dan kenalan baru setiap hari memungkinkan Kamu untuk membangun jaringan bisnis dengan lebih banyak orang di luar sana.

Teman atau kenalan baru yang Kamu temui pasti juga memiliki jaringan sendiri dan akan membantu Kamu membangun jaringan usaha yang lebih besar.

3 cara untuk bisa memperoleh lebih banyak kenalan :

Tukar Kartu Nama

Walaupun tukar kartu nama merupakan cara lama, namun ternyata masih efektif sampai sekarang ini. Dalam kartu nama tersebut Kamu bisa meletakan informasi secara lengkap dengan kontak person yang bisa dihubungi.

Memanfaatkan Media Sosial

Jangan ragu untuk menerima banyak permintaan pertemanan di media sosial, media sosial adalah platform yang juga bisa membantu Kamu saat membangun jaringan bisnis.

Berbagai platform media sosial seperti, Facebook, Instagram, Twitter, hingga yang lebih profesional Linkedin. Sembari membangun personal branding supaya lebih dikenal, Kamu juga bisa memperluas jaringan bisnis dengan banyak orang.

Hadir Di Event-event Tertentu

Ada banyak sekali event sperti, seminar, pelatihan-pelatihan, hingga workshop yang bisa Kamu hadiri untuk bisa berkenalan dengan orang baru setiap saat.

Berbagai orang dengan latar belakang berbeda akan sangat menarik dan membangun jaringan usaha yang semakin variatif.

2. Jangan membatasi Pertemanan

Seperti apapun latar belakang orang yang Kamu temui, jangan pernah membatasi hubungan pertemanan dengan mereka.

Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang nantinya akan sangat membantu Kamu. Bisa jadi mereka yang dipandang sebelah mata malah lebih berperan dalam kemajuan bisnis yang sedang Kamu bangun.

Bukan berarti Kamu harus bergaul dengan setiap orang, tapi cobalah untuk tidak menolak mereka yang ingin bisa berteman dengan Kamu, apalagi dalam urusan berbisnis.

3. Gabung Di sebuah Komunitas Dan Aktif Dalam Setiap Kegiatannya

Komunitas adalah wadah untuk membangun hubungan dengan banyak orang yang baru kita kenal.

Jika target Kamu adalah membangun jaringan bisnis, berusahalah untuk tergabung dibanyak komunitas. Komunitas tersebut bisa jadi ajang yang baik untuk bisa mendekatkan diri dengan orang lain.

Selain itu, aktif dalam setiap kegiatan juga bisa membuat kamu mendapatkan lebih banyak perhatian dari mereka dan bisa memperlebar jalur koneksi.

4. Banyak Interaksi Dan Sharing

Jika Kamu sudah memiliki banyak kenalan dari berbagai tempat dan media, selanjutnya adalah melakukan banyak interaksi dan sharing hal-hal bermanfaat.

Kenapa demikan?

Karena jika Kamu hanya memperbanyak kenalan tapi tidak membangun hubungan dengan interaksi dan berbagi hal-hal penting, maka semua itu hanya akan sia-sia saja. Tujuan Kamu dalam membangun jaringan bisnis juga tidak akan maksimal.

Kamu bisa mengajak orang lain berdiskusi tentang suatu topik kemudian mengembangkannya menjadi pembicaraan yang hangat,

…atau jika Kamu memiliki keahlian disatu bidang tertentu, Kamu bisa membagikannya melalui media online seperti, youtube dan melaksanakan webinar.

5. Percaya Diri

Jangan ragu untuk memulai interaksi dengan siapapun. Bangunlah komunikasi dan tunjukkanlah kepercayan diri agar terlihat meyakinkan.

Saat kamu dipercaya seseorang, maka membangun networking bisnis yang lebih potensial juga lebih besar.  Kebanyakan orang yang gagal membangun jaringan bisnis karena kurangnya rasa kepercayaan diri sehingga tidak berani untuk berinteraksi dengan orang lain.

6. Saling Mendukung Rekan Bisnis

Jika Kamu tidak bisa menunjukan sikap peduli dan terkesan cuek, maka untuk membangun jaringan bisnis yang baik akan lebih sulit.

Untuk memperkuat jaringan bisnis yang sudah Kamu bangun, salah satu cara adalah dengan menunjukan sikap saling mendukung dengan sesama rekan bisnis.

Setiap bisnis tidak akan lepas dari berbagai masalah, Kamu dan rekan bisnis juga akan mengalami hal yang sama. Oleh karenanya, Kamu bisa membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi rekan bisnis, dan begitupun sebaliknya.

Sikap positif ini mampu menjalin hubungan yang lebih persuasif dan berdampak pada urusan bisnis yang lebih baik.

Kesimpulan

Jika 7 hal dalam membangun jaringan bisnis di atas sudah Kamu terapkan, selanjutnya adalah melakukan konsultasi dengan pakar dan ahlinya terkait bisnis yang sedang Kamu garap. Mentor bisnis yang tepat bisa membantu Kamu dalam membangun bisnis secara maksimal dan terarah.

Temukan mentor bisnis terbaikmu di Harisenin.com dan lihat seberapa cepat bisnis Kamu bertumbuh dan sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reading is essential for those who seek to rise above the ordinary.

Discover Gorgo

Welcome to Gorgo, an author oriented theme.
A place where words matter. Discover without further ado our countless community stories.

Build great relations

Explore all the content form Gorgo community network. Forums, Groups, Members, Posts, Social Wall and many more. You can never get tired of it!

Become a member

Get unlimited access to the best articles on Gorgo and support our  lovely authors. Upgrade Now

© 2021, Tips Sukses
Skip to toolbar